Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
33Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan PSG di PT. PETROKIMIA GRESIK BAB_II_PENJELASAN_UMUM_MENGENAI_PT[1]._PETROKIMIA_GRESIK

Laporan PSG di PT. PETROKIMIA GRESIK BAB_II_PENJELASAN_UMUM_MENGENAI_PT[1]._PETROKIMIA_GRESIK

Ratings: (0)|Views: 5,316|Likes:
Published by Much_Salafudin

More info:

Published by: Much_Salafudin on Mar 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/26/2013

pdf

text

original

 
 Laporan Praktek Kerja Industri di Biro Tekinfo PT. Petrokimia Gresik Tahun 2009
BAB IIPENJELASAN UMUM MENGENAIPT. PETROKIMIA GRESIK 
2.1SEJARAH SINGKAT MENGENAI PERUSAHAAN
Dimulainya pada tahun 1960, proyek ini berdasarkan pada :1.TAP MPRS No. II / MPRS /19602.KEPRES No. 260 /1960Proyek ini merupakan proyek prioritas, nama proyek ini mula-mulaadalah proyek PETROKIMIA SURABAYA. Pada tahun 1964 dilaksanakan pembangunan berdasarkan pada Instruksi Presiden (INPRES) No. I tahun1963. sabagai kontraktor utam ditunjuk Cosindit Spa dari Italia dan baru padatahun 1964 dapat dilaksanakan kegiatan fisiknya. Pada tahun 1968 pembangunan proyek ini berhenti, karena Indonesia mengalami krisisekonomi.Pada tanggal 10 Juli 1972 PROYEK PETROKIMIA diresmikan olehPresiden Soeharto. Kemudian badan usahanya diubah dari Perum menjadiPersero pada tahun 1975 dan namanya berubah menjadi PT. PETROKIMIAGRESIK ( PERSERO ). Kemudian tahun 1997 Persero hilang menjadianggota holding PT. PUSRI. Badan usaha meliputi:Industri kimiaIndustri pupuk Industri pestisidaIndustri peralatan pabrik dan jasa rancang bangun dan perekayasaan jasalain.
2.2 LOKASI INDUSTRI
Kawasan Industri PT.PETROKIMIA GRESIK akan menempati arealtanah kira-kira seluas 450 hektar, sementara pada saat ini areal tanah yangsudah ditangani adalah sekitar 400 hektar. Areal tanah yang ditempati tersebutmeliputi desa-desa yaitu :
SMK Negeri 4 Bojonegoro
4
 
 Laporan Praktek Kerja Industri di Biro Tekinfo PT. Petrokimia Gresik Tahun 2009
1.Desa Ngipi2.Desa Telogo Pojo3.Desa Sukorame4.Desa Kebomas5.Desa Pojok Pesisir 6.Desa Romo Meduran7.Desa Randu Agung8.Desa Tepen9.Desa Telogo Patut10.Desa Karang TuriKesepuluh desa tersebut tercakup di Kecamatan :1.Kecamatan Gresik 2.Kecamatan Kebomas3.Kecamatan Manyar Dasar pemilihan lokasi industri PT.PETROKIMIA GRESIK (LokasiIndustri) antara lain :1.Memilih daerah tandus, PT.PETROKIMIA GRESIK menempati daerahyang kurang subur untuk pertanian sehingga tidak mengurangi lahan pertanian yang subur.2.Memilih daerah dekat konsumen, dimaksudkan pemasaran hasil industrimudah dipasarkan.3.Memilih daerah dekat pelabuhan dimaksudkan supaya penyaluran hasil produksi menjadi mudah.4.Memilih daerah dekat kota sehingga tenaga kerja terampil dan terlatihmudah didapat.5.Memilih daerah dekat sumber daya listrik, memilih daerah dekat dengan bahan baku, bahan-bahan konstruksi dan bengkel yang menunjang perbaikan peralatan.Dengan letak industri yang strategis maka hasil produksi mudahdisalurkan baik melalui darat maupun laut. Proyek pembangunan pabrik  pupuk pertama Gresik telah berhasil diselesaikan dan peresmiannyadilaksanakan tanggal 10 Juli 1972. Dalam perjalanannya PT. Petrokimia
SMK Negeri 4 Bojonegoro
5
 
 Laporan Praktek Kerja Industri di Biro Tekinfo PT. Petrokimia Gresik Tahun 2009
Gresik telah mengalami enam kali perluasan, lima perluasan pertamadiresmikan oleh Presiden Soeharto, dan perluasan terakhir diresmikan olehPresiden Abdurrachman Wachid. Bentuk badan usaha sebelumnya PERUM berubah menjadi PERSERO sesuai dengan peraturan pemerintah No. 14Tahun 1975.
2.3 PERLUASAN PERUSAHAAN
1.Perluasan pertama, adalah pembangunan pabrik pupuk TSP 1, dengankontraktor utama Spie Batignolless dari Perancis. Pembangunan dimulaitahun 1976 meliputi pembangunan: Prasana pelabuhan dan penjernihan air di Gunung Sari serta Booster Pump di Kandangan sehingga kapasitasnyadari 100 m/jam. Diresmikan pada tanggal 30 Juni 1979.2.Perluasan kedua, adalah penambahan satu TSP lagi dengan kontraktor yang sama. Mencakup juga perluasan pelabuhan dan unit penjernihan air di Babat dengan kapasitas 1500m/jam. Diresmikan pada tanggal 30 Juni1983.3.Perluasan ketiga, adalah pembangunan pabrik asam fosfat danketerkaitannya antara industri hulu dan hilir. Proyek ini mencakup 6 pabrik sekaligus yaitu :a.Pabrik Asam Fosfat b.Pabrik Asam Sulfatc.Pabrik Cement Retarded.Pabrik Aluminium Fluoridae.Pabrik Amonium Sulfatf.Unit Utilitas4.Perluasan keempat, adalah pembangunan pabrik pupuk ZA III, yang pembangunannya dilaksanakan sendiri oleh tenaga-tenaga PT. PetrokimiaGresik. Mulai dari study kelayakan sampai pengoperasiannya, yangmenunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah mampu mandiri dalam bidangrancang bangun perekayasaan industri. Diresmikan pada tanggal 2 Mei1984.
SMK Negeri 4 Bojonegoro
6

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->