Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERSPEKTIF SEORANG AKUNTAN

PERSPEKTIF SEORANG AKUNTAN

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 478 |Likes:
Published by yanti_ib

More info:

Published by: yanti_ib on Mar 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
BAB ISISTEM INFORMASI : PERSPEKTIF SEORANG AKUNTAN
Untuk mencapai Sistem Informasi dalam perspektif seorang akuntan, maka pembahasanini dibagi 4 bagian utama, yang tiap-tiap bagian berkaitan dengan aspek yang berbedadari Sistem Informasi Akuntansi.Bagian-bagian tersebut terdiri dari :1.Membahas tentang lingkungan informasi2.Membahas tentang pengaruh struktur organisasi pada Sistem Informasi Akuntansi3.Membahas Evolusi model-model sistem informasi4.Membahas peran para akuntan sebagai pemakai sistem, designer sistem, auditor sistem
LINGKUNGAN INFORMASI
Informasi adalah salah satu sumber daya bisnis, sehingga informasi merupakan sumber daya vital bagi kelangsungan hidup organisasi bisnis kontemporer. Setiap hari dalam bisnis, arus informasi dalam jumlah yang sangat besar mengalir ke pengambil keputusandan pemakai lainnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan internal, selain itu, informasimengalir ke luar organisasi ke pemakai eksternal seperti pelanggan, pemasok dan parastakeholders yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.
SISTEM
Sebuah sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interelated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuanyang sama (common purpose).Jika definisi sistem diterapkan pada sistem informasi dan bisnis, maka ada 4karakteristik :1.Komponen ganda, sebuah sistem harus lebih dari satu bagian.2.Keterkaitan (interelated), mempunyai suatu tujuan bersama menghubungkansemua bagian dalam suatu sistem.3.Sistem versus subsistem, suatu sistem disebut subsistem jika berkaitan dengansistem yang lebih besar dimana dia menjadi bagiannya, sebaliknya suatu subsistemdisebut sistem ketika menjadi fokus perhatian.4.Tujuan, sebuah sistem harus melayani setidaknya satu tujuan, tetapi dapatmelayani beberapa tujuan
SUATU KERANGKA KERJA BAGI SISTEM INFORMASI
Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan,diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada para pemakai.Perbedaan antara subsistem SIM dan SIA terletak pada konsep sebuah transaksi, sepertigambar transaksi yang diproses oleh sistem informasi.
 
Keterangan :Sistem informasi menerima input, disebut sebuah transaksi, yang kemudiandikonversikan melalui berbagai proses menjadi output informasi yang akandidistribusikan kepada para pemakai informasi. Transaksi dibagi dalam 2 kelas, yaitu :transaksi keuangan dan transaksi non keuangan.Transaksi adalah sebuah peristiwa yang mempengaruhi atau penting bagi organisasi dandiproses oleh sistem informasinya sebagai sebuah unit kerja.Transaksi keuangan adalah sebuah peristiwa ekonomi yang mempengaruhi aktiva danekuitas organisasi, direfleksikan dalam akun-akunnya, dan diukur dalam satuan moneter.Transaksi non keuangan termasuk dalam semua peristiwa yang diproses oleh sisteminformasi organisasi yang tidak memenuhi definisi sempit dari transaksi keuangan.
Sistem Informasi Akuntansi
SIA terdiri dari 3 subsistem utama, yaitu :1.Sistem pemroses transaksi, sistem ini mendukung operasi bisnis setiap haridengan jumlah dokumen dan pesan-pesan untuk para pemakai seluruh organisasi.2.Sistem pelaporan buku besar/keuangan, sistem ini menghasilkan laporankeuangan tradisional seperti laba rugi, neraca, dll.3.Sistem pelaporan manajemen, sistem ini menyediakan manajemen internal denganlaporan keuangan dengan tujuan-tujuan khusus dan informasi yang diperlukan untuk  pengambilan keputusan seperti anggaran, laporan harian, dll.
Sistem Informasi Manajemen
SIM memproses transaksi non keuangan yang biasanya tidak diproses oleh SIAtradisional.
Sistem Pemroses Transaksi (SPT)
Sistem pemroses transaksi merupakan pusat dari seluruh fungsi sistem dengan :1.mengonversi peristiwa ekonomi ke transaksi keuangan2.mencatat transaksi keuangan ke dalam record akuntansi (jurnal dan buku besar)3.mendistribusikan informasi keuangan yang utama ke personel operasi untumendukung kegiatan operasi harian.
Sistem Pelaporan Buku Besar/Keuangan
Sistem Buku Besar dan Sistem Pelaporan Keuangan dalah 2 subsistem yang saling eratterkait, karena interdependensi operasional keduanya dipandang sebagai suatu sistemtunggal yang integratif.Sistem Pelaporan Keuangan mengukur dan melaporkan status sumber daya keuangan dan perubahan dalam sumber daya terebut dan diinformasikan kepada pemakai informasieksternal.
Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem pelaporan manajemen menyediakan informasi keuangan internal yang diperlukanuntuk memanajemen sebuah bisnis.
SistemInformasiKeputusan-KeputusanPemakaiTransaksi KeuanganTransaksi Non KeuanganInformasi
 
MODEL UMUM SIAPemakai Akhir
Ada 2 kelompok umum pemakai akhir, yaitu : eksternal dan internal.
Data versus Informasi
Data adalah fakta yang dapat atau tidak dapat diproses (diedit) dan tidak berpengaruhsecara langsung kepada pemakai, sedangkan informasi menyebabkan pemakai melakukansuatu tindakan yang dapat ia lakukan atau tidak dilakukan.Informasi bagi seseorang dapat merupakan data bagi orang lain. Informasi bukan sekedar fakta yang diproses dalam suatu laporan formal, tetapi memungkinkan para pemakaiuntuk melakukan tindakan yang menyelesaikan konflik, mengurangi ketiakpastian danmelakukan tindakan pengambilan keputusan.
Sumber Data
Sumber data adalah transaksi keuangan yang memasuki sistem informasi dari sumber internal dan eksternal.Transaksi keuangan eksternal merupakan sumber data yang umum bagi kebanyakanorganisasi, termasuk didalamnya pertukaran ekonomis dengan entitas bisnis lainnya danindividu dari luar perusahaan, contoh penjualan barang dan jasa.
Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan tahap operasional perusahaan dalam sistem informasi dantujuannya adalah untuk memastikan bahwa data-data peristiwa yang memasuki sistem itusah (valid), lengkap dan bebas dari kesalahan material.
Pemrosesan Data
Pemrosesan data yaitu proses data secara terprogram yang digunakan dalam aplikasiakuntansi.
Manajemen Database
Database organisasi merupakan tempat penyimpanan fisik data keuangan dan nokeuangan atau bisa juga disebut pengaturan data-data secara spesifik.
ManajemenDatabasePemrosesanDataPenghasilInformasiPengumpulanData
Sumber DataInternalPemakai Akhir Informasi
Pemakai Akhir EksternalSumber DataEksternal
Lingkungan EksternalSistem InformasiUmpan Balik 
Organisasi Bisnis
Umpan Balik 

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lelly Asnawi Mahulae added this note
oalahhhhhhhhhhhhhhhhh..................
rizkyArief liked this
Faisal Alif liked this
Shoffie Chikipie liked this
Shoffie Chikipie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->