Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Manager

Peran Manager

Ratings: (0)|Views: 13,761|Likes:
Published by tika kika

More info:

Published by: tika kika on Mar 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2013

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM PERANYANG DIMILIKI OLEH PEMIMPIN
Disusun Oleh:Ayuning Mustika Ati08402241036Pendidikan Administrasi Perkantoran RegulerFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMIUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2010
 
I.PENGERTIAN PERAN
 Pertama,
 
suatu penjelasan historis menyebutkan, konsep peran semula dipinjam dari keluargadrama atau teater yang hidup subur pada jaman Yunani Kuno (Romawi). Dalam arti ini, peranmenunjuk pada karakteristik yang disandang untuk dibawakan oleh seseorang aktor dalamsebuah pentas drama.
 Kedua,
suatu penjelasan yang menunjuk pada konotasi ilmu sosial, yang mengartikan peransebagai suatu fungsi yang dibawakan seseorang ketika menduduki suatu karakteristik (posisi)dalam struktur sosial.
 Ketiga,
suatu penjelasan yang lebih bersifat operasional, menyebutkan bahwa peran seorangaktor adalah suatu batasan yang dirancang oleh aktor lain, yang kebetulan sama-sama beradadalam satu “penampilan/unjuk peran
(role performance).”
Jadi suatu peranan dirumuskan sebagai suatu rangkaian perilaku yang teratur, yang ditimbulkankarena suatu jabatan tertentu, atau karena adanya suatu kantor yang mudah dikenal. Peranantimbul karena seorang pemimpin memahami bahwa ia bekerja tidak sendirian. Dia mempunyailingkungan, yang setiap saat ia perlukan untuk berinteraksi. Lingkungan itu luas dan beranekamacam, dan masing-masing pemimpin akan mempunyai lingkungan yang berlainan. Tetapi peranan yang harus dimainkan pada hakikatnya tidak ada perbedaan. Baik pemimpin tingkatatas, tangah maupun bawah akan mempunyai jenis peranan yang sama, hanya berbedalingkungan yang akhirnya membuat bobot peranan itu sedikit berbeda.
II.PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Apakah arti kepemimpinan? Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa pengertian kepemimpinan, antara lain:1.Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsungmelalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu(Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).
 
2.Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7).3.Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).4.Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompoatau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.5.Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) padakerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan(Jacobs & Jacques, 1990, 281).Banyak definisi kepemimpinan yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinandihubungkan dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Dalamkasus ini, dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalam susunan aktivitasnyadan hubungan dalam kelompok atau organisasi. John C. Maxwell mengatakan bahwa intikepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkan pengikut.
III.PENGERTIAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jikaada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuanmempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana,mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama (Panji Anogara, Page 23).
IV.TUGAS DAN PERAN PEMIMPIN
Para penganut
behaviorisme,
berdasarkan pada penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa peran pemimpin adalah :1.Menetapkan tujuan dan menegaskan arah untuk mencapai tujuan.2.Melengkapi sarana untuk mencapai tujuan.

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jaya Muda liked this
tika kika added this note
terima kasih :)
Abdur Rahim liked this
Nur Afifah liked this
'Tha Chie liked this
Wawan Ridwan liked this
Bhiaa Amattorpdweduszz added this note
ok
Sidik Ldp added this note
jozzz

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->