Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ipit Kir (Susu Kedelai)

Ipit Kir (Susu Kedelai)

Ratings: (0)|Views: 6,411|Likes:
Published by intan Puspita Rani

More info:

Published by: intan Puspita Rani on Mar 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Kedelai merupakan komoditas hasil pertanian yang mengandung kadar gizi cukuptinggi. Selain itu kedelai bersifat serbaguna, dapat dimakan langsung maupun dapatdiolah dengan berbagai jenis makanan tradisional yang terkenal, yaitu tempe, tahu,tauco, keripik , susu kedelai , kecap, dan oncom. Jenis-jenis makanan tersebut biasanyadisediakan hampir setiap rumah tangga baik di pedesaan maupun di perkotaan.Susu kedelai merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karenamengandung kadar protein tinggi yang sangat baik bagi pertumbuhan dan kecerdasananak-anak. Kedelai basah kadar proteinnya 30,2% dan kedelai kering mengandungkadar protein kurang lebih 34%. Susu kedelai dapat diminum oleh semua kalanganmulai dari anak-anak sampai nenek/kekek Pembuatan susu kedelai sangat mudah karena susu kedelai diolah secarasederhana dan tidak memerlukan modal yang besar. Bahan baku susu kedelai punsangat mudah didapat. Karena susu kedelai sangat bermanfaat bagi semua kalangan danmudahnya dalam pembuatan susu kedelai kiranya sangat baik jika kegiatan pembuatansusu kedelai digalakkan bagi masyarakat. Oleh karena itu, penulis membuat KaryaIlmiah Remaja (KIR) yang berjudul ”
Budidaya Susu Kedelai Segar
”.
2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari pembuatan KIR adalah bagaimana langkah-langkah budidaya susu kedelai segar.
3. Tujuan
Tujuan dari pembuatan KIR ini adalah mensosialisasikan langkah-langkah budidaya susu kedelai segar kepada masyarakat.
4. Manfaat
Manfaat dari KIR ini adalah masayarakat dapat mengetahui bagaimana budidayasusu kedelai segar.
1
 
BAB IIKEDELAI, TANAMAN YANG PERTAMA KALIDIBUDIDAYAKAN MANUSIA
Bila manusia untuk pertama kali mengenal cara mengecor logam secara sederhanasebagai sarana menciptakan senjata pada tahun 4000 sebelum masehi maka tanamanyang pertama kali dibudidayakan berdasarkan tulisan Sheng Nung tahun 1838 sebelummasehi (dalam buku Materi Medica) adalah kedelai. Kedelai liar Glycine ururiencisdiperkirakan telah menurunkan bermacam-macam jenis kedelai yang dikenal hinggasekarang ini.
1.Berasal dari Cina
Di Indonesia, kedelai mulai dilaporkan pada zaman Rumphius atau pada abadXVII. Saat itu kedelai telah mulai dicoba untuk dibudidayakn sebagai tanaman untuk  bahan makanan dan keperluaan pupuk hijau. Namun, menurut para ahli tanaman,kedelai yang hidup subur di dataran tropis ini sudah bukan lagi tanaman asli, melainkantanaman yang berasal dari daerah Monshukou di negeri Cina. Selanjutnya menyebar keMansyuria dan Jepang lalu keseluruh daerah Asia sebelum akhirnya ke Benua Amerikadan Afrika.Dengan dibantu teknologi modern di Negara maju, kini telah bermunculan beraneka jenis tanaman kedelai yang lebih produktif dikenal dengan nama Edamame.Hal inilah yang kemudian membuka pola pikir petani-petani Indoesia bahwa bertani itutidak hanya sekedar bertanam, memanen , lalu menjual segera hasil panennya. Namun, perlu juga melihat peluang pasar, memilih bibit yang bermutu, dan memilih komoditasyang bernilai ekonomi tinggi.Kebutuhan akan kedelai di Indonesia dan dunia setiap saat selalu meningkat tajammengigat manfaatnya yang sangat beragm di sector teknologi pangan, farmasi, dan bidang industri yang lainnya. Oleh karena itu, masih terbuka lebar bagi siapa saja yangingin beraktivitas di bidang penanaman kedelai dan produk olahannya.
2
 
2.Mengenal Jenis Kedelai
Di Indoesia ada beragam jenis kedelai yang di kenal dan telah dibudidayakan baik dengan cara tradisional maupun semimodern. Jenis kedelai yang beragam tersebut dapatdibedakan berdasarkan umur, warna biji, dan tipe batang. Di lihat dari warnanya, bijikedelai dapat dibedakan antara biji yang berwarna putih dan hitam.
A.Kedelai putih
Kedelai putih atau terkadang berwarna kekuning-kuningan membutuhkan syarattumbuh lebih spesifik dibandingkan dengan kedelai hitam.Di Indonesia kedelai putih sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan,terutama di bidang makanan seperti untuk bahan pembuatan tahu, tempe, dan susukedelai. Namun, kedelai putih kurang baik untuk dibuat kecap dan taoco. Hal inidisebabkan kulit arinya tidak mudah lepas. Selain itu, kecap yang dibuat dari kedelai putih ternyata mempunyai cita rasa yang kurang lezat. Beberapa jenis kedelai putih diantaranya Clark 63, T.K.5 , Taichung, Davros, Economic Garden, Sumbing, danEdamame.
B.Kedelai hitam
Kedelai hitam yang terkadang berwarna hijau tua harga jualnya lebih murah.Meskipun demikian, pada umumnya kedelai hitam lebih diminati petan karena teknis penanamannya lebih mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus.Para perajin atau produsen kecap atau tauco selalu menggunakan jenis kedelai inisebagai bahan baku utamanya. Varites Otan 27 termasuk ke dalam jenis kedelai hitam.Ada pula jenis kedelai yang berwarna lurik, tetapi jenis ini kurang di sukai konsumen.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->