Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sentra Kerajinan Indonesia (SKI) Jakarta

Sentra Kerajinan Indonesia (SKI) Jakarta

Ratings: (0)|Views: 1,552 |Likes:
Published by ardianpadang
Yayasan Sentra Kerajinan Indonesia atau Yayasan SKI berlokasi di lantai 1 Pusat Perbelanjaan terbesar kedua di Jakarta Pusat yaitu Jakarta City Center (Thamrin City). Anda Ingin mengenal lebih jauh SKI ? Silahkan simak Profil kami dan kunjungi gerai kami. Temukan keragaman Indonesia lewat aneka kerajinan nusantara.
Yayasan Sentra Kerajinan Indonesia atau Yayasan SKI berlokasi di lantai 1 Pusat Perbelanjaan terbesar kedua di Jakarta Pusat yaitu Jakarta City Center (Thamrin City). Anda Ingin mengenal lebih jauh SKI ? Silahkan simak Profil kami dan kunjungi gerai kami. Temukan keragaman Indonesia lewat aneka kerajinan nusantara.

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: ardianpadang on Mar 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/06/2013

pdf

text

original

 
Profil 
Alamat Showroom:
Sentra Kerajinan Indonesia - SKIThamrin City/JaCC, Jl. Kebon Kacang Raya,Lantai 1, Blok-H2, No.3, Jakarta Pusat.
Sekretariat Representatif:
BPPT Building, 14 Floor, Jl. MH. Thamrin Kav. 8,Jakarta 10340 - Indonesia. Telp/Fax: 021-3926713.e-mail:
senkeidiys483@gmail.com 
Kontak Person: Jati Eko Waluyo, HP: 0818354531
Sentra Kerajinan Indonesia
(SKI) adalah sebuah organisasi nir-laba,berkhidmat pada pengembangan SDM Pengrajin Kerajinan Rakyat.Khidmat ini berdasarkan bahwa penduduk Indonesia yang sebagianbesar hidup di daerah pedesaan dengan menempati ribuan pulauNusantara, sudah mengenal adanya usaha kerajinan semenjaksebelum kemerdekaan.
Pada saat tersebut usaha kerajinan dapat mendukung kehidupanmereka, seperti antara lain kerajinan keris, kapak, panah,tombak, tenun, batik, dan anyaman. Pada satu sisi, Industrikerajinan berkembang sesuai dengan corak, dan ciri-khasmasing-masing suku bangsa yang pada umumnya mencerminkanciri budaya dan tingkat peradaban masing-masing daerah,sehingga memberikan warna yang khas pada khasanah kerajinandi tanah air. Namun pada sisi lain, keberadaan para pengrajintetap saja bersahaja, baik dalam segi keterampilan,pengetahuan, terlebih tingkat kesejahteraan para Pelakunya.
Kerajinan Rakyat, adalah bentuk perpaduan antara keterampilantangan dengan nilai-nilai seni dan keindahan, merupakan bagianyang tidak terpisahkan dari kebudayaan Indonesia. Telah sejaklama, para perajin kita, menggali, mengembangkan, danmelestarikan warisan budaya dalam berbagai corak dan cirikhasnya masing-masing. Keragaman Industri kerajinan di tanahair, sangat potensial untuk ditingkatkan menjadi komoditasperdagangan yang memiliki daya saing yang tinggi, tidak kalahdibandingkan dengan produksi kerajinan negara-negara lain.
Dari jumlah tenaga kerja yang ada, sekitar 2,5 juta orangbekerja di berbagai sentra kerajinan. Jika masing-masing sentrakerajinan tumbuh, berkembang dan kemudian bisa menampungsatu, dua tenaga kerja baru, maka akan terserap sekitar 3-5 jutatenaga kerja.
Hal ini menjadikan usaha kerajinan rakyat sebagai tulangpunggung ekonomi kerakyatan, usaha kecil dan menengah yangbisa memiliki jaringan kerjasama dengan usaha besar.
Sentra Kerajinan Indonesia
 
 
PROFIL SENTRA KERAJINAN INDONESIA
2 / 
11
Para pelaku kerajinan rakyat menghasilkan beragam senikerajinan, mulai dari anyaman daun dan bambu, ukiran kayu,kain tenun dan kain ikat tradisional, batik, keramik, hinggakerajinan perak dan emas. Di samping mereka yang benar-benarbekerja sebagai pengrajin, kegiatan ini dapat pula dilakukansebagai pekerjaan sambilan untuk menambah penghasilan.
Dengan demikian Kerajinan Rakyat, merupakan satu diantarasarana dari peningkatan perekonomian yang berakar padamasyarakat. Selain itu, kemajuan industri kerajinan di suatudaerah pedesaan juga akan mengurangi urbanisasi danpengangguran serta meningkatkan pemerataan pendapatan.Dampaknya adalah berkurangnya kesenjangan sosial danmengurangi jumlah penduduk miskin.
Dalam kerangka industri dan perdagangan global, kerajinanrakyat memerlukan fasilitasi agar dapat memenuhi standarkualitas serta tuntutan pasar, baik pasar domestik maupun pasarinternasional. Se-indah apapun, se-baik apapun, se-banyakapapun, kalau tidak dapat dipasarkan, tidak dapat dijual, tentutidak mendatangkan keuntungan bagi pengrajin.
Strategi yang perlu dibangun untuk bersaing di pasar global itu,antara lain dilakukan melalui pengembangan design, produkinovasi terbaru dan berkualitas, serta standarisasi harga yangadil dan dapat diminati pasar perdagangan kerajinan di negaralain.
Visi:
Yayasan Sentra Kerajinan Indonesia menjadi wadah yangmampu memfasilitasi pengembangan usaha kerajinan rakyatuntuk mampu bersaing pada skala internasional.
Misi:
Lebih meningkatkan kualitas kerajinan rakyat sehinggamampu memenuhi permintaan konsumen, baik pada tingkatlokal, nasional maupun internasional.
Lebih memfasilitasi usaha kerajinan rakyat melalui bentukkemitraan yang adil dengan berbagai pihak sehingga dapatterpenuhi kebutuhan para pelaku kerajinan, yaitu promosi,teknologi, pelatihan dan permodalan
(ECO FAIR TRADE).
 
Strategi:
1. Melakukan identifikasi terhadap kendala-kendala dalampengembangan usaha kerajinan rakyat dan faktor-faktor yangmempengaruhi harga jual.2. Melakukan studi struktur biaya harga pokok produksi danmargin keuntungan yang diperoleh usaha kerajinan rakyat.3. Mempersiapkan action plan pengembangan usaha kerajinanrakyat sebagai bahan untuk kemitraan dengan pihak yangmemiliki kepedulian pada usaha kerajinan rakyat.4. Melakukan pendampingan secara sistematis dan terorganisasiuntuk pengembangan usaha kerajinan rakyat yang bertumpupada potensi lokal.
 
 
PROFIL SENTRA KERAJINAN INDONESIA
3 / 
11
Pelayanan:
Fasilitasi kemitraan dalam pengembangan usaha kerajinan rakyatmelalui peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan manajemenusaha kerajinan rakyat.
Fasilitasi kemitraan dalam pelaksanaan promosi, marketing dansales hasil kerajinan rakyat, baik pada tingkat lokal, nasionalmaupun internasional.
Fasilitasi kemitraan untuk penyiapan program kerja pengembanganusaha kerajinan rakyat.
Komponen Fasilitasi Kemitraan Untuk Pengembangan Usaha Kerajinan RakyatMelalui Yayasan Sentra Kerajinan Indonesia
Sentra Kerajinan Indonesia, 2009
Jasa Pelayanan SKI:
Pelayanan 6 BulanPaketUji-Layak
 
3 Bulan I 3 Bulan II
Durasi 5-7 Hari75 Hari 75 HariTargetIdentifikasiPotensi & MinatPenguasaanTeknik Dasar PenguasaanTeknik Lanjutan &KemandirianJumlahPeserta
 
Maksimal20 OrangMaksimal50 Orang
(Peserta yang sama sebelumnya)
Biaya (Rp) 8 Juta60 Juta 115 Juta 
Biaya hanya untuk Jasa Pelatihan, Dampingan ManajemenProduksi, Dampingan Manajemen Marketing & Sales.(Tidak termasuk: Transport antar kota, Penginapan, Bahan-baku pelatihan, Peralatan kerja dengan total diatas harga Rp.500.000,-).
Assesment
PemantapanManajemen UsahaFasilitasiPermodalan
Assessment:
Quick survey
Analysis Potensi.
Penetapan skalaprioritas pesertaprogram.
Strategic Planning.
Expose Program.
Pemantapan ManajemenUsaha:
Training & SupervisiManajemen Perenca-naan Usaha.
Training & SupervisiManajemen Produksi.
Training & SupervisiManajemen Pema-saran.Fasilitasi Permodalan:
Training & SupervisiManajemen Keuangan.
Training & SupervisiPencatatan KeuanganUsaha.
Training & SupervisiPenyiapan KelayakanUsaha.
Fasilitasi Permodalan.
ECO FAIRTRADE

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
erryfebs liked this
Ijal Creax added this note
adakah program pelatihan untuk pengrajin rotan? kami di Kota Langsa Prov. Aceh membutuhkan instruktur pelatihan seni kerajinan rotan
Aventina Hunyang liked this
Ricko Yuwanda liked this
David Fahmi liked this
haris liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->