Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
159Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tutorial Recorder

Tutorial Recorder

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 16,043 |Likes:
Published by mynamerahmat

More info:

Categories:Comics
Published by: mynamerahmat on Mar 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
Belajar Bermain Recorder
 Beberapa hari lalu ada seorang juragan nanya cara main recorder. biar sekalian bisa dinikmati bersama, sekalian saya buatkan thread belajar bermain recorder, mohon maaf kalo repsol.salah kaprahnya recorder adalah disamakan dengan suling. jadi yang ingin dibahas di siniadalah recorder, bukan suling. itu 2 alat yg berbeda. buat yg belum tau recorder beginigambarnya:di kurikulum pelajaran seni musik di sekolah2 Indonesia, recorder termasuk salah satu alat ygwajib dipelajari selain pianika dan gitar. ketiga alat musik ini dianggap sebagai alat musik yang paling mudah dipelajari. di kebanyakan SMP alat musik ini dipakai untuk mengambilnilai praktek seni musik.recorder termasuk alat musik tiup yang nadanya dihasilkan dengan membuka tutuplubang2nya. ada 8 lubang yang bisa dibuka tutup, 7 lubang di atas dan 1 lubang di bawah. posisi jari adalah sebagai berikut:-lubang di bawah untuk jari jempol kiri-lubang pertama dekat mulut (yg bulet) dengan jari telunjuk kiri-lubang kedua dengan jari tengah kiri-lubang ketiga dengan jari manis kiri-lubang keempat dengan jari telunjuk kanan-lubang kelima dengan jari tengah kanan-lubang keenam dengan jari manis kanan
 
-dan lubang ketujuh dengan jari kelingking kanancara meniup perlu dilatih dengan baik, supaya suara yg dihasilkan lebih baik. kalau meniupterlalu keras, suara yg dihasilkan akan pecah.recorder yang umum dipakai anak2 sekolah adalah recorder soprano. selain soprano ada jugarecorder sopranino, alto, tenor dan bas. masing2 recorder ini memiliki ambitus (rentang nada)yang berbeda-beda. recorder soprano berbasis nada C, jadi nada terendah adalah c'.sedangkan sopranino dan alto berbasis nada F. hanya saja antara sopranino dan alto tone-nya berbeda 1 oktaf.masing2 recorder memiliki rentang nada rata 2 oktaf lebih sedikit. tapi di kurikulum sekolahhanya diajarkan sampai 1,5 oktaf. di sinipun saya hanya mencoba menjelaskan sampai 1,5oktaf saja . biar gak susah.recorder soprano yg diurai di sini memiliki nada terendah C' jadi recorder ini tidak bisamemainkan melodi lagu yg memiliki nada lebih rendah dari C'. seperti alat musik lain,recorder juga bisa memainkan nada2 semitone/kromatis. untuk langkah awal kita lihat dulu bagaimana posisi jari dan nada2 yg dihasilkan seperti gambar berikut: penjelasan:-lingkaran paling atas (yg jarinya jempol kiri) adalah lubang yg di bawah-lingkaran hitam adalah menutup penuh dengan jari-lingkaran putih adalah membuka penuh-lingkaran abu2 adalah menutup setengah saja.
 
coba
l
ah du
l
u dengan mema
i
nkan nada c'-d'-e'-f'-g'-a'-b'-c"-d"-e"-f"-g"
l
a
ti
h
l
ah
 j
uga cara men
i
upnya supaya
t
erdenger ba
i
k sebe
l
um mu
l
a
i
mema
i
nkan
l
agu.
Teor
iusiks
r: Tangga Nada
 
M
au shar 
i
ng sed
i
it
n
i
h
t
eman2... berhubung gw be
l
a
 j
ar mus
i
k secara o
t
od
i
dak,
 j
ad
i
ka
l
o adayg sa
l
ah dengan
t
u
li
san d
i
bawah
i
n
i
, mohon pencerahannya. n mudah2an ga
it
a mu
l
a
i
a
 j
a...Jad
i
 
t
angga nada d
it
u
li
s dengan ab
 j
ad "A" sampa
i
"G", se
l
a
i
n ab
 j
ad
it
u ga
t
au deh
t
anggayang mana. Ada yang d
i
sebu
t
dengan "Tangga nada dasar" danada yang d
i
sebu
t
dengan"
t
angga nada # (baca
:
kru
i
s
/
kres) a
t
au
b
(baca
:
mo
l
).
M
o
l
 
i
n
i
kayak huruf 'b' rada-rada m
i
i
ngd
i
it
. Nan
ti
nya ba
i
t
angga nada kres a
t
au mo
l
mu
l
a
i
dar 
i
1 kres
/
mo
l
sampa
i
7 kres
/
mo
l
. 
it
a mu
l
a
i
dar 
i
 
t
angga nada dasar.Tangga nada dasar ada
l
ah
t
angga nada dengan nada dasar 1 (baca
:
do) =
C
. Kenapa
t
angganada
i
n
i
d
i
sebu
t
dasar, karena pada
t
angga nada
i
n
i
 
ti
dak ada kres
/
mo
l
. Dan dar 
i
 
t
angga nada
i
n
il
ah semua perh
it
ungan kres
/
mo
l
d
i
mu
l
a
i
.Tangga nada 1=
C
b
il
a d
it
u
li
s men
 j
ad
i
 
:
 
C
-D-E-F-G-A-
B
-ke
C
 
l
ag
i
(kayak 
l
agunya Kuburan).Dengan menu
li
s
t
angga nada yg d
it
u
li
s "do sama dengan" b
i
sa d
i
ar 
ti
kan sebaga
i
 
t
angga nadamayor. Ka
l
au
t
angga nada m
i
nor d
it
u
li
s bukan dengan "do sama dengan", me
l
a
i
nkanumumnya "
l
a sama dengan".D
i
se
ti
ap
t
angga nada mayor ber 
l
aku sebuh hukum yang namanya hukum
 j
arak ya
it
u
:
 
t
u-
t
u-nga-
t
u-
t
u-
t
u-nga (
i
n
i
ka
t
a guru gw wak 
t
u smp) ar 
ti
nya
:
sa
t
u-sa
t
u-se
t
engah-sa
t
u-sa
t
u-sa
t
u-se
t
engah. Dar 
i
mana
 j
arak sa
t
u a
t
au se
t
engah
i
n
i
.
Bil
a d
ij
abarkan yang
t
u
t
unga
t
u
t
u
t
unga
t
ad
i
 men
 j
ad
i
 
:
 
 j
arak 
C
ke D = 1, D ke E = 1, E ke F = 1
/
2, F ke G = 1, G ke A = 1, A ke
B
= 1, dan
B
ke
C
 
l
ag
i
= 1
/
2.
 j
ad
i
yang ber 
 j
arak se
t
engah d
i
 
t
angga nada
i
n
i
ada
l
ah dar 
i
E ke F dan
B
ke
C
.Ka
l
au
t
angga nada mayor rumusnya
t
u-
t
u-nga-
t
u-
t
u-
t
u-nga, ka
l
au yang m
i
nor rumusnya
:
 
t
u-nga-
t
u-
t
u-nga-
t
u-
t
u. Seh
i
ngga d
i
 
t
angga nada dasar m
i
nornya ada
l
ah
:
A-
B
-
C
-D-E-F-G-AG
i
mana penerapan soa
l
 
 j
arak d
i
a
l
a
t
mus
i
k? Ka
l
au d
i
g
it
ar 
 j
arak dar 
i
sa
t
u fre
t
ke fre
t
  ber 
i
ku
t
nya ada
l
ah se
t
engah. Jad
i
ka
l
au mau na
i
i
n sa
t
u nada
ti
ngga
l
d
i
geser a
 j
a 2 fre
t
. Ka
l
aud
i
orgen, keyboard, a
t
au p
i
ano
 j
arak se
t
engah ada
l
ah
 j
arak dar 
i
 
t
u
t
s pu
ti
h ke
t
u
t
s h
it
amsesudah
/
sebe
l
umnya, namun b
il
a d
i
an
t
ara 2
t
u
t
s pu
ti
h
ti
dak ada
t
u
t
s h
it
am (
B
ke
C
dan E keF) maka d
i
h
it
ung sebaga
i
sa
t
u
 j
arak.Sekarang
t
angga nada kres
/
mo
l
 

Activity (159)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ida Ayuni liked this
phoebe chong liked this
Muflich Kamil liked this
Hasan Ismail liked this
Tetra Chimera liked this
junaidahbb liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->