Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Akuntansi - Tinjauan Atas Standar Akuntansi Keuangan & Standar Auditing

Makalah Akuntansi - Tinjauan Atas Standar Akuntansi Keuangan & Standar Auditing

Ratings: (0)|Views: 2,039 |Likes:
Published by Yoga Nurzaman
Makalah akuntansi
Makalah akuntansi

More info:

Published by: Yoga Nurzaman on Mar 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
TINJAUAN ATAS STANDAR AKUNTANSI KEUANGANDAN STANDAR AUDITING
Oleh : Drs. Theodarus Tuanakotta1. PENGANTAR2. TINJAUAN ATAS PSAK 
PENGANTAR
Laporan auditor independen menggunakan istilah “prinsip akuntansi yangberlaku umum (PABU) sebagai acuan untuk penyajian laporan keuangan secarawajar. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) merupakan salah satu unsur PABU disamping ketentuan Bapepam dan standar akuntansi keuangan internasional(seperti IAS dan FASB untuk hal-hal yang belum diatur SAK).Di lain pihak, untuk standar yang diterapkan oleh akuntan publik, laporanauditor independen dengan tegas menyatakan “kami melaksanakan auditberdasarkan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia.Kalau kita membandingkan kedua alinia di atas, tersirat :a. SAK belum cukup mengatur PABU, karenanya masih ada sumber acuan lainyang perlu diperhatikan. Ini tentunya tidak mengherankan karena PABUberkembang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Karena dunia usahabergerak secara dinamis, SAK akan tertinggal. Implikasi dari hal ini adalahadanya tuntutan untuk :
-
menambah, memperbaharui dan meninjau kembali SAK yang ada. Inimerupakan tantangan bagi IAI.
-
Mencari sumber-sumber lain selagi SAK belum mengatur suatu prinsipakuntansi atau jika SAK belum dimutakhirkan untuk mengikuti dinamisnyadunia usaha. Ini merupakan tantangan bagi dunia usaha dan akuntanpubliknya.b. Sebaliknya, standar auditing dianggap cukup memadai untuk kebutuhanakuntan publik sampai sekurang-kurangnya kongres IAI yang akan datang(tahun 1998).SAK dan Pernyataan Standar Profesional akuntan publik (dimanapernyataan standar auditing atau PSA, merupakan salah satu standarnyadisahkan dalam kongres IAI tahun 1994.
 
Tinjauan ini merupakan pengamatan dari segi praktik sejak disahkannyaSAK dan SPAP sampai hari ini. Seperti terlihat dari judulnya, hanya PSAK danPSA (jadi tidak seluruh SPAP) yang akan ditijau.
TINJAUAN ATAS PSAK
PSAK # 4 – Laporan Keuangan Konsolidasi
alinea 14“Kerugian yang menjadi bagian dari pemegang saham minoritas padasuatu anak perusahaan dapat melebihi bagiannya dalam modal disetor.Kelebihan tersebut dan kerugian lebih lanjut yang menjadi bagianpemegang saham minoritas, harus dibebankan pada pemegang sahammayoritas, kecuali terdapat kewajiban yang mengikat pemegang sahamminoritas mampu memenuhi kewajibannya. apabila pada periodeselanjutnya, anak perusahaan melaporkan laba, maka laba tersebut harusterlebih dahulu dialokasikan kepada pemegang saham mayoritas sampaiseluruh bagian kerugian pemegang saham minoritas yang dibebankanpada pemegang saham mayoritas dapat ditutup”.
Komentar :
Pelaksanaan alinea ini masih bervariasi antara penyajian kerugian inisebagai goodwill (asset) atau sebagai ekuitas negatif.Alinea 23“Untuk tujuan konsolidasi, tanggal pelaporan keuangan anak perusahaanpada dasarnya harus sama dengan tanggal pelaporan keuangan perusahaaninduk. Apabila tanggal pelaporan tersebut berbeda maka laporan keuangananak perusahaan dengan tanggal pelaporan yang berbeda tersebut dapatdigunakan untuk tujuan konsolidasi panjang :(a) Perbedaan tanggal pelaporan tersebut tidak lebih dari 3 (tiga) bulan.(b) Peristiwa atau transaksi material yang terjadi diantara tanggal pelaporantersebut diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan kon solidasi”.
Komentar :
Tinjauan terhadap alinea ini, khususnya untuk huruf b: dalam praktik,masih ada yang menanyakan peristiwa atau transaksi material mana yang harusdiungkapkan apakah :
-
Semua peristiwa atau transaksi material yang terjadi di anak perusahaan,atau
 
-
Hanya peristiwa atau transaksi material antara anak dan indukperusahaan.Yang belum diatur dalam PSAK ini adalah penerbitan saham baru olehanak perusahaan kepada pihak lain dengan agio. Contoh : perusahaan anakmempunyai modal disetor Rp 100 juta, tanpa agio, yang dimiliki 100 % olehperusahaan induk. Perusahaan anak kemudian mengeluarkan saham dengannilai nominal Rp 25 juta dan menjualnya kepada pihak luar dengan harga Rp 50 juta (agio Rp 25 juta) yang mewakili 20 % saham dalam perusahaan anak. Agio“milik perusahaan induk” sebesar 80 % dari Rp 25 juta, atau Rp 20 juta, harusdisajikan sebagai apa dalam parent interest : sebagai “income” atau disajikanterpisah dalam equitas.
PSAK # 11 – Penjabaran Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Asing
Alinea 32 (b)“Dalam menjabarkan laporan keuangan suatu entitas asing untuk disatukan / diinkorporasi dengan laporan keuangan perusahaan pelapor, digunakanprosedur sebagai berikut :(a) ….(b) Pendapatan dan beban entitas asing dijabarkan dengan menggunakankurs berlaku pada tanggal transaksi.(c) …”apabila perusahaan menerapkan aturan ini, biaya penerapannya akan tinggi.Alternatif yang lebih baik dapat dilihat dalam PSAK # 31 ( Akuntansi Perbankan)alinea 23sayangnya PSAK #31 alinea 23 (“Laporan Keuangan dalam mata uang asingterlebih dahulu harus disajikan sesuai dengan SAK”) justru mengacu kembalikepada SAK.
PSAK # 22 – Akuntansi Penggabungan Usaha
Alinea 86“Suatu penyatuan kepemilikan (uniting of interest) harus dibukukan denganmenggunakan metode penyatuan kepemilikan (pooling of interest method), yangakan dijelaskan pada paragraf 87,88,dan 89”.PSAK ini memberikan alternatif akuntansi untuk penggabungan usaha,diantarannya metode penyatuan kepemilikan (pooling of interest). Namun, PSAKnya sendiri tidak memberikan petunjuk mengenai kapan metode penyatuankepemilikan dapat diterapkan. Lihat misalnya 12 kreteria yang diberikan olehAccounting Principles Board (terlampir).Alinea 92 (b)“Laporan keuangan harus mengungkapkan :(a)…..

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Novia Ayu liked this
Gilbert Ciputra liked this
Gilbert Ciputra liked this
monduth29 liked this
IrmaSetyoRini liked this
siti_octavia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->