Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Stratejik

Manajemen Stratejik

Ratings: (0)|Views: 1,317 |Likes:
Published by tahu telor

More info:

Published by: tahu telor on Mar 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
Manajemen Stratejik
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang Masalah
Hari ini harus lebih baik daripada kemarin dan besok harus lebih baik daripada hari ini, adalah ungkapan yang tepat untuk memotivasi diri baik bagiindividu maupun organisasi yang mempunyai cita-cita ingin terus maju.Perubahan untuk menjadi lebih baik tidak akan terlepas dari sejumlah tantanganyang akan terus menghadang. Apalagi di era yang penuh dengan persaingan danketidakpastian. Berdasarkan konsep persaingan berbasis waktu maka siapa yangcepat dia yang menang, baik lebih cepat dalam menawarkan produk baru dari pesaingnya (fast to market) maupun kecepatan merespon permintaan pelangganterhadap produk yang telah ada (fast to product). Oleh karena itu organisasi yangingin terus berkembang harus merespon dengan cepat tantangan-tantangan yangada.Restrukturisasi dan reengineering telah menjadi yang umum dalam duniakorporasi di Amerika Serikat dan Eropa. Restrukturisasi disebut juga pengurangan penghilangan lapisan adalah mengurangi ukuran perusahaan dalam artian jumlahkaryawan, jumlah divisi atau unit, dan tingkat hirarki dalam struktur organisasi perusahaan. Pengurangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi danefektivitas. Restrukturisasi berpihak pada kepentingan pemegang saham daripadakepentingan karyawan.Sebaliknya, reeginering lebih memihak kepentingan karyawan dankonsumen dibanding pemegang saham.
 Reengineering 
disebut juga manajemen proses, inovasi proses, dan desain ulang proses, meliputi konfigurasi ulang ataudesain ulang pekerjaan, tugas dan proses-proses untuk tujuan meningkatkan biaya,kualitas, layanan, dan kecepatan.
 Reengineering 
ditandai dengan banyaknyakeputusan taktis (jangka pendek, memengaruhi fungsi bisnis yang spesifik),sementara restrukturisasi ditandai oleh keputusan strategis (jangka panjang,memengaruhi semua fungsi bisnis).
IMPLEMENTASI MENGELOLA PERUBAHAN,RESTRUKTURISASI, DAN REENGINEERING
1
 
1.2Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang, bagaimana implementasimengelola perubahan, restrukturisasi, dan reengineering dalam organisasi, makadalam makalah ini penulis akan membatasi masalah-masalah yang akan dianalisis,yang meliputi :1.Bagaimana implementasi mengelola perubahan dalam organisasi ?2.Bagaimana implementasi restrukturisasi dalam organisasi ?3.Bagaimana implementasi reengineering dalam organisasi ?
1.3Tujuan Penulisan Makalah
Merujuk kepada permasalahan yang telah dikemukakan di atas, makalahini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Implementasi mengelola perubahan,restrukturisasi, dan reengineering dalam organisasi.
 
Manajemen Stratejik
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Implementasi Mengelola Perubahan Organisasi
Tidak ada organisasi atau individu yang dapat lari dari perubahan, namunkesulitan yang dihadapi perubahan terjadi karena orang takut terjadi kerugiansecara ekonomis, ketidaknyamanan, ketidakpastian dan rusaknya pola social yangnormal. Hampir semua perubahan struktur, teknologi, orang atau strategi memiliki potensi untuk merusak kenyamanan pola hubungan, untuk alasan inilah orangmenolak perubahan.
Penolakan terhadap perubahan (
resistance to change
)
dapat dilihatsebagai ancaman tunggal terbesar bagi keberhasilan implementasi strategi. Orangsering kali menolak implementasi strategi karena mereka tidak mengerti apa yangsedang terjadi atau mengapa perubahan perlu terjadi. Pada kasus ini, karyawanharus membutuhkan informasi yang akurat. Implementasi strategi yang berhasil bergantung pada kemampuan manajer menciptakan iklim yang kondusif bagi perusahaan. Perubahan harus dilihat sebagai peluang daripada suatu ancaman olehmanajer dan karyawan.Terdapat beberapa pendekatan bagi mengimplementasikan perubahan, tigastrategi yang bisa dipakai adalah strategi memaksakan perubahan, strategimengajarkan perubahan dan strategi menimbulkan keterkaitan dan merasionalkan perubahan.1.Strategi memaksakan perubahan (
 force change strategy
) adalahmemberikan perintah dan mendorong perintah tersebut agar dilaksanakan, strategi ini memiliki kelebihan berupa kecepatan,namun menimbulkan rendahnya komitmen dan penolakan yangkuat.
IMPLEMENTASI MENGELOLA PERUBAHAN,RESTRUKTURISASI, DAN REENGINEERING
3

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ari Wiyanto liked this
Budi Khairannoor liked this
Akhlise Cupliss liked this
Khe Qe Thek'z liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->