Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan PSG DI TELKOM BOJONEGORO (EDY) WIS JADI

Laporan PSG DI TELKOM BOJONEGORO (EDY) WIS JADI

Ratings: (0)|Views: 1,686 |Likes:
Published by EDy
LAPORAN
LAPORAN

More info:

Published by: EDy on Mar 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

 
Laporan PRAKERIN di PT. TELKOM BOJONEGORO Tahun 2009
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Perkembangan perluasan telekomunikasi di Indonesia sangat di perlukan,karena memang peranan penting dalam mewujudkan Pembangunan sejalandengan pertumbuhan ekonomi jasa telekomunikasi meningkat dengan cepat untuk itu PT. TELKOM dituntut harus meningkatkan kualitas pelayanan.Memasuki Era globalisasi yang semakin meningkat menuntut adanya perkembangan di segala bidang di iringi meningkatnya kebutuhan masyarakatdalam kehidupan sehari-hari, termasuk kebutuhan yang berhubungan dengantelekomunikasi.Di awali dengan perkembangan telegraf pada abad lalu yangmenimbulkan bentuk-bentuk awal tranmisi digital hingga muncul pengkodeanmultiplex tranmisi melalui kabel dan regenerasi yang merupakan aspekterpenting bagi telegraf, KiniPerkembangan teknologi telekomunikasi telah mengarah kepada pemakaian jaringan serta tiber optic yang tidak hanya berfungsi sebagai media tranmisi antar sentral tapi juga pengimplementasian sampai pada dengan sisi pelanggan.Dan kini tekhnologi semakin canggih dan perkembangan nya sangat cepatmisalnya internet . Telkom juga tak mau kalah Telkom juga mengeluarkan produk internet ,misalnya Telkom NET INSTAN yang Kini berubah menjadi TELKOMSPEEDY yang kecepatannya mencapai 3 MB per Second.
B.TUJUAN PSG
Tujuan PSG
Tujuan dari pelaksanaan PSG adalah sebagai berikut :a,Bagi SiswaUntuk menerapkan teori-teori yang di peroleh selama di bangku sekolahdalam Pendidikan Sistem Ganda yang dilakukan. b.Bagi LembagaAgar peserta didik biasa merasakan suasana kerja yang sebenarnya,sebagai pengalaman.Sehingga diharapkan siswa memperoleh wawasan yang lebih luasdalam dunia kerja yang akan dihadapi nanti.c.Bagi Perusahaan.Untuk membantu dan memupuk rasa tanggung jawab serta disiplin pada dirisiswa dalam dunia kerja yang dihadapinya .
C.SEJARAH TELKOMEra kolonial
Pada tahun1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan posdantelegraf . Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda kedalam jawatan
 Post Telegraaf Telefoon
(PTT). Sebelumnya, pada tanggal23 Oktober  1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yangmenghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg).
Pada tahun 2009momen bersejarah tersebut dijadikan sebagai patokan hari lahir Telkom.
Perusahaan Negara
Pada tahun1961, status jawatan diubah menjadi
Perusahaan Negara Pos danTelekomunikasi
(PN Postel). Kemudian pada tahun1965, PN Postel dipecah menjadi
Perusahaan Negara Pos dan Giro
(PN Pos & Giro) dan
Perusahaan NegaraTelekomunikasi
(PN Telekomunikasi).
SMK NEGERI 4 BOJONEGORO
1
 
Laporan PRAKERIN di PT. TELKOM BOJONEGORO Tahun 2009
Perumtel
Pada tahun1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi
Perusahaan UmumTelekomunikasi
(Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasionalmaupun internasional. Tahun1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat
 
) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara(BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dariPerumtel. Pada tahun1989,ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraantelekomunikasi.
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Pada tahun1991Perumtel berubah bentuk menjadi
Perusahaan Perseroan (Persero)Telekomunikasi Indonesia
berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk 
Pada tanggal 14 November  1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), BursaEfek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE).Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.Tahun 1999ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, PemerintahIndonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.Tahun 2001Telkom membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandaidengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom danIndosat. Sejak bulan Agustus 2002terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal. Pada23 Oktober  2009, Telkom meluncurkan "
 New Telkom
" ("Telkom baru") yangditandai dengan penggantian identitas perusahaan. Ini adalah untuk menandaitransformasi Telkom dari infocomm company untuk menjadi T.I.M.E(Telecommunication, Information, Media & Edutainment).
D. TUJUAN DAN LAPANGAN USAHA
Berdasarkan anggaran dasar, TELKOM bertujuan untuk mewujudkan peningkatan penyelenggaraan dan mutu pelayanan jasa telekomunikasi padaumumnya dan khususnya jasa telekomunikasi dalam negeri dalam arti yang seluas-luasnya, serta peningkatan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki TELKOM.Untuk mencapai tujuan tersebut diatas,TELKOM menjalankan kegiatan-kegiatan yang antara lain meliputi:
Merencanakan, membangun, menyediakan, memiliki,Mengembangkan, dan selanjutnya mengoperasikan serta memelihara saranaatau fasilitas telekomunikasi untuk mendukung terselenggaranya jasatelekomunikasi yang dimaksud.
Meningkatkan kemampuan sarana atau fasilitasTelekomunikasi dalam rangka peningkatan jasa telekomunikasi padamasyarakat luas.
Menjalankan kegiatan- kegiatan lain yang diperlukan sesuai dengan lapanganusahanya.TELKOM juga dapat bekerja sama dengan pihak lain, mendirikan ataumenjalankan perusahaan, ikut serta dalam perusahaan atau badan usaha lainnyayang mempunyai hubungan dengan bidang usaha tersebut diatas, baik secarasendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan badan lain atau pihak lain. Kerjasamaini mencangkup kerjasama Internasional, selama tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
SMK NEGERI 4 BOJONEGORO
2
 
Laporan PRAKERIN di PT. TELKOM BOJONEGORO Tahun 2009
BAB II
SEPUTAR TELKOM
A. PERILAKU PELAYANAN
Dalam hal ini PT TELKOM Kancatel Bojonegoro mempunyai program yaitu“Melayani Dengan CINTA”kunci sukses “Melayani Dengan Cinta” ini adalah :”5S:SENYUM, SAPA, SANTUN, SOLUSI, SUKSES yang mempunyai maknasebagai berikut:
SENYUM : Tulus dari dasar hati yang paling dalam bukan senyum yang di buat-buat,Wajah cerah dan akrab.
SAPA: Mengucapkan salam / greting / menyebutkan nama pelanggan /rekan / antar kerja dalam komunikasi.
SANTUN : Tingkah laku sopan sesuai dengan tata karma.
SOLUSI : Menggali permasalahan dan mencari solusi.
SUKSES : Keputusan pelanggan merupakan tujuan sukses bagi kita semua
B.VISI DAN MISIVisi
To become a leading InfoCom player in the region
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan
 InfoCom
terkemuka dikawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi
Telkom mempunyai misi memberikan layanan "
One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed  Indonesian Corporation
" dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layananterbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik denganmengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yangkompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan salingmendukung secara sinergis.
VISI KARYAWAN TELKOM BOJONEGORO1.Visi Jangka Panjang“Mati Masuk Surga”2.Visi Jangka Menengah“To Become A Leading Infocom Company In TheRegion”3.Visi Jangka Pendek “Mencapai Target Sesuai RKAP”Dan TELKOM Bojonegoro juga Memiliki 7 TAM:1.Berikan yang terbaik bagi pelanggan2.Sapu bersih FRAUD3.Perkuat Internal Control4.Tingkatkan Kompetensi SDM5.Raih pendapatan setinggi-tingginya6.Lakukan Efesinsi biaya semaksimal mungkin7.Berikan penghargaan bagi yang berprestasi dan terapkan hukumyang menyimpang
SMK NEGERI 4 BOJONEGORO
3

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adi Khajil liked this
septi_youichi liked this
Saha Nami Kuringnya added this note
bayar segala.. astabajim mau dapet laporan juga susah
hadi_336905225 liked this
Yoga Gapaiasa liked this
Add AjHee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->