Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
237Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

Ratings: (0)|Views: 59,348 |Likes:
Published by zakky

More info:

Published by: zakky on Mar 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2014

 
Daftar Isi
Daftar isi………………………………………………………. 1Novel Sastra Indonesia
o
Siti Nurbaya…………………………………………….. 2
o
Salah Asuhan…………………………………………….4Novel Hikayat
o
Hikayat 1001 Malam…………………………………....6Novel Populer atau Bebas
o
Rumah PondokIndah…………………………………...... 8Novel Terjemahan
o
Harry Potter and The Chamber of Secrets……………... 10
1
 
Siti Nurbaya
Oleh Marah Rusli
Sinopsis :
Ibunya Siti Nurbaya meninggal saat ia masih kecil, maka bisadikatakan itulah awal penderitaan hidupnya. Sejak saat itu hinggadewasa ia hanya hidup bersama Baginda Sulaiman, ayah yang sangatdisayanginya. Ayahnya adalah seorang pedagang yang terkemuka dikota Padang. Sebagian modal usahanya merupakan uang pinjamandari seorang rentenir bernama Datuk Maringgih.Awalnya usaha Baginda Sulaiman mangalami kemajuan pesat. Tetapi Datuk Maringgih tidak menyukai keadaan itu, maka untukmelampiaskan keserakahannya, Datuk Maringgih menyuruh kakitangannya membakar semua kios milik Baginda Sulaiman. Akhirnyasemua usaha Baginda Sulaiman hancur. Ia jatuh miskin dan taksanggup membayar hutang-hutangnya pada Datuk Maringgih. Daninilah kesempatan Datuk Maringgih mendesak Baginda Sulaiman yangsudah tak berdaya agar melunasi semua hutangnya. Hutang tersebutdapat dianggap lunas, asalkan Baginda Sulaiman mau menyerahkanSiti Nurbaya, puterinya, kepada Datuk Maringgih.Menghadapi kenyataan seperti itu, Baginda Sulaiman yangsudah tak sanggup lagi membayar hutangnya tidak menemukanpilihan lain selain menyerahkan Siti Nurbaya kepada Datuk Maringgih.Samsulbahri, kekasih Siti Nurbaya yang berada di Jakata mengetahuiperistiwa yang terjadi di desanya, karena Siti Nurbaya mengirimkansurat yang menceritakan tentang nasib yang dialami keluarganya.
 
Suatu hari, ketika Samsulbahri dalam liburan ke Padang, iabertemu dengan Siti Nurbaya yang telah menjadi istri Datuk Maringgih.Pertemuan itu diketahui oleh Datuk Maringgih sehingga terjadikeributan. Karena kaget dan takut Siti Nurbaya pun berteriak. TeriakanSiti Nurbaya terdengar oleh ayahnya di rumah, yang tengah terbaringsakit karena penderitaannya begitu berat. Baginda Sulaiman berusahabangkit, tetapi ia terjatuh dan menghembuskan nafas terakhir. Karenakejadian itu, Datuk Maringgih pun mengusir Siti Nurbaya.Siti Nurbaya yang mendengar bahwa kekasihnya diusir orangtuanya, ia ingin menyusul Samsulbahri ke Jakarta. Tetapi hal itudiketahui oleh kaki tangan Datuk Maringih. Karena itu, dengan siasatdan fitnahnya, Datuk Maringgih dengan bantuan kaki tangannya dapatmemaksa Siti Nurbaya kembali dengan perantara polisi.
2
 
 Tak lama kemudian Siti Nurbaya meninggal dunia karenamemakan lemang beracun yang sengaja diberikan oleh kaki tanganDatuk Maringgih. Kematian Siti Nurbaya itu terdengar olehSamsulbahri sehingga ia menjadi putus asa dan mencoba melakukanbunuh diri, tetapi untung saja ia tidak meninggal. Sejak saat ituSamsulbahri tidak meneruskan sekolahnya dan memasuki dinasmiliter.Sepuluh tahun kemudian, di kota Padang sering terjadi huru-haradan tindak kejahatan akibat ulah Datuk Maringgih dan orang-orangnya.Samsulbahri yang telah berpangkat Letnan dikirim untuk melakukanpengamanan. Samsulbahri yang mengubah namanya menjadi LetnanMas segera menyerbu kota Padang.Ketika bertemu dengan Datuk Maringgih dalam suatu keributan,tanpa berpikir panjang lagi Samsulbahri menembaknya. DatukMaringgih jatuh , namun sebelum tewas ia sempat melukai kepalaSamsulbahri dengan parangnya.
 
Samsulbahri segera dilarikan kerumah sakit. Pada saat-saat terakhir menjelang ajalnya, ia memintadipertemukan dengan ayahnya, dan meminta untuk di kuburkan disebelah kuburan Siti Nurbaya.
Unsur Intrinsik :
1. Tema:Kawin paksa (kasih tak sampai)2. Alur:Alur majuSepuluh tahun kemudian, di kota Padangsering terjadi huru-hara dan tindak kejahatanakibat ulah Datuk Maringgih dan orang-orangnya.3. Setting:Tempat : kios, Padang, Jakarta, rumah, kantorpolisi, rumah sakitWaktu : siang, malam4. Suasana:Mengharukan : saat Siti Nurbaya dankeluarganya jatuh miskin5. Perwatakan: - Datuk Maringgih, licik : ia menagih hutangkepada Baginda Sulaiman, saat Bagindabangkrut- Siti Nurbaya, wanita lemah : ia tidak bisaberbuat apa-apa saat Datuk Maringgih inginmenikahinya- Samsul Bahri, tak pantang menyerah : ia tetapmempertahankan cintanya kepada SitiNurbaya walaupun akhirnya tak berhasil
3

Activity (237)

You've already reviewed this. Edit your review.
Fauzan Haniff liked this
1 thousand reads
1 hundred thousand reads
1 hundred reads
Rizal Tri Susilo added this note
mantap
madeendra liked this
Winda Bambang added this note
kok ggk jlaz

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->