Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
282Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERTUMBUHAN FISIK REMAJA

PERTUMBUHAN FISIK REMAJA

Ratings: (0)|Views: 35,328 |Likes:
Published by Rizky Waesul Qurni
Pertumbuhan Fisik mempengaruhi perkembangan remaja.
Pertumbuhan Fisik mempengaruhi perkembangan remaja.

More info:

Published by: Rizky Waesul Qurni on Mar 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
PERTUMBUHAN FISIK REMAJABAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan pada setiap individu manusia berlangsung terus menerus dantidak dapat diulang kembali. Masa remaja merupakan masa yang rentan terhadap perbuatan-perbuatan yang kurang baik diakibatkan sikap mereka yang sukamencoba-coba pada hal yang baru. Pada masa remaja terjadi perubahan-perubahanfisik baik bersifat struktural maupun fungsinya, yang berbeda antara remaja laki-laki dan remaja perempuan. Gejala-gejala perubahan fisik remaja, mulai nampak ketika anak mulai memasuki masa awal remaja sebagai bagian pertama dalammasa remaja secara keseluruhan. Perubahan fisik pada remaja hampir selaludisertai dengan perubahan-perubahan dalam sikap dan perilaku.Tidak sedikit banyaknya terjadi ketidakseimbangan pada diri remajadisebabkan karena perubahan tersebut merupakan pengalaman yang belum pernahdirasakannya, sebelum datangnya masa remaja tersebut. Dengan adanya perubahan-perubahan fisik remaja sering menampilkan sikap dan perilaku yangsulit dimengerti oleh orang dewasa. Keadaan ini sering bertambah parah, karenasikap orang tua yang kurang memahami tentang keadaan yang terjadi pada remaja.Ketidakseimbangan yang dialami remaja terhadap perubahan fisik, ditambahdengan kekurangpahaman orang tua, menyebabkan kesulitan bagi remaja untuk melakukan penyesuaian diri dengan perubahan-perubahan yang mereka alami.Dengan melalui pemahaman yang mendalam terhadap perubahan-perubahanyang terjadi pada masa remaja, diharapkan remaja dapat mengalami perubahan- perubahan tersebut dengan baik. Bimbingan orang tua dan guru terhadap anak  pada usia remaja sangatlah dibutuhkan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Agar orang tua dan ataudapat memberikan bimbingan kepada putra-putrinya hendaknya mengetahui perkembangan fisik remaja.
- 1 -
 
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan “PertumbuhanFisik Remaja” dapat dirumuskan sebagai berikut:1.Apa pengertian pertumbuhan fisik?2.Bagaimana bentuk-bentuk pertumbuhan fisik remaja?3.Apa pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku remaja?4.Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan fisik remaja?5.Apa perbedaan individu dalam pertumbuhan fisik?6.Bagaimana upaya pertumbuhan fisik remaja dan implikasinya bagi pendidikan?C.
Tujuan Pemakalah
1.Untuk mengetahui pengertian pertumbuhan fisik.2.Untuk mengetahui bentuk-bentuk pertumbuhan fisik remaja.3.Untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah lakuremaja.4.Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhanfisik remaja.5.Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan individu dalam pertumbuhanfisik.6.Untuk mengetahui upaya pada pertumbuhan fisik remaja danimplikasinya bagi pendidikan.
D.Metode Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah yaitu langkah-langkah yang ditempuh dalammenyelesaikan permasalahan yang dituangkan dalam rumusan masalah,sedangkan langkah-langkah yang dilakukan dalam menjawab permasalahan dalammakalah ini adalah:1.Metode
library research
(kepustakaan) yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas.2.Melakukan diskusi kelompok untuk menjawab permasalahan dari prosedur tersebut kemudian dibagi, didiskripsikan, diuraikan dan akhirnyadilakukan penyimpulan-penyimpulan sesuai dengan permasalahan yangdikemukakan.
- 2 -
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.Pengertian Pertumbuhan Fisi
Pertumbuhan fisik remaja merupakan pertumbuhan yang paling pesat. Remajatidak hanya tumbuh dari segi ukuran (semakin tinggi atau semakin besar), tetapi jugamengalami kemajuan secara fungsional, terutama organ seksual atau “pubertas”. hal iniditandai dengan datangnya menstruasi pada perempuan dan mimpi basah pada laki-laki.Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan fisiologis yang bersifat progresif dankontinyu dan berlangsung dalam periode tertentu. Perubahan ini berkisar hanya padaaspek-aspek fisik individu. Pertumbuhan itu meliputi perubahan yang bersifat internalmaupun eksternal. Pertumbuhan internal meliputi perubahan ukuran alat pencernaanmakanan, bertambahnya ukuran besar dan berat jantung dan paru-paru, bertambahsempurna sistem kelenjar kelamin, dan berbagai jaringan tubuh. Adapun perubahaneksternal meliputi bertambahnya tinggi badan, bertambahnya lingkar tubuh, perbandingan ukuran panjang dan lebar tubuh, ukuran besarnya organ seks, danmunculnya atau tumbuhnya tanda-tanda kelamin sekunder.Sebenarnya tanpa ada tambahan kata “
 fisik 
” pun itu tidak menjadi persoalan,karena istilah “pertumbuhansaja, sudah bermakna perubahan pada aspek-aspek fisiologis. Jadi, dapat dikatakan bahwa pertumbuhan fisik adalah perubahan-perubahanfisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan- perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnyaciri-ciri kelamin yang utama (primer) dan ciri kelamin kedua (sekunder).
B.Pertumbuhan Fisik Remaja
1)Karakteristik Pertumbuhan FisiPesatnya pertumbuhan fisik pada masa remaja seringkali menimbulkan kejutan pada diri remaja. Pakaian yang dimilikinya seringkali menjadi cepat tidak muat dan harusmembeli lagi. Terkadang remaja dikejutkan dengan perasaan bahwa tangan dan kakinyaterlalu panjang sehingga tidak seimbang dengan besar tubuhnya. Pada remaja putri ada perasaan seolah bahwa tanpa dibayangkan sebelumnya kini buah dadanya membesar.Oleh karena itu, seringkali gerak-gerik remaja menjadi canggung dan tidak bebas.
- 3 -

Activity (282)

You've already reviewed this. Edit your review.
AA'Sobar Al-Azis liked this
Thini Jehadu liked this
Nadia Khafia liked this
Alwin Brobley liked this
Gema Seferagic liked this
Fika Awalia R liked this
Yodia Pertiwi liked this
Alan Gusti Utama liked this
Marcelinus Kituk Sogen added this note
wahh siipp materix

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->