Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Berkah Dari Langit

Berkah Dari Langit

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 10,667|Likes:
Published by Khaerul Umam Noer
its about islamic traditional tradition in Bekasi, also religious rites
its about islamic traditional tradition in Bekasi, also religious rites

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Khaerul Umam Noer on May 03, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
BERKAH DARI LANGIT:
Tradisi Malam Nisfu Sya'ban di Desa Bahagia,Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Diajukan sebagai makalah diskusi terbatas mataajaran AntropologiAgama, Jurusan Antropologi, FISIP Universitas Airlangga
Khaerul Umam Noer 
Surabaya - 2006
Berkah dari Langit 1
 
ABSTRAK
Tulisan ini mencoba melihat tradisi malam nisfu sya'ban di desaUjungharapan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.Tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal 14 Syaban setiap tahunnya. Tradisiini dapat dilihat baik melalui konsepsi Durkheim bahwa agama merupakandimensi sosial, Geertz bahwa agama merupakan bagian dari sistemkebudayaan, ataupun Stark dan Glock bahwa agama adalah proyeksiindividu. Tradisi ini sedikit-banyak menggunakan berbagai simbol dalampelaksanaannya. Dimulai dengan digunakannya air, keyakinan akandibukanya pintu-pintu langit dan turunnya barakah, hingga legitimasi ataskekuasaan para kiai.Tradisi ini merupakan suatu kegiatan yang tidak saja memilikidimensi transendental yang dimaksudkan untuk beribadah kepada Allah,dan tentunya pengharapan atas barakah dan pahala yang berlimpah, lebihdari itu, tradisi ini – setidaknya menjadi suatu ritus yang berdimensi sosial.dimensi-dimensi di mana barakah tidak hanya bersifat spiritual, namun juga dalam bentuk material.Kata kunci: agama dan barakah.
Pendahuluan
Indonesia, suatu negara yang terletak di antara dua samudra telahmenjadi salah satu tujuan dalam dunia perdagangan sejak masa lalu.Penyebaran agama Islam di Indonesia secara umum berlangsung melalui jalur perdagangan yang dilakukan oleh para pedagang yang datang dariArab, Persia, Cina dan Gujarat. Adalah penting untuk mengetahui bahwakedatangan mereka tidak hanya untuk berdagang, namun jugamengandung misi penyebaran agama. Lebih jauh lagi, mereka jugamemperkenalkan bentuk-bentuk kebudayaan yang mereka miliki padapara penduduk asli yang mereka datangi. Berkembangnya tradisi sufismedi Indonesia merupakan perkembangan selanjutnya dari adanya kontakdagang dengan para pedagang dari Timur Tengah.
Berkah dari Langit 2
 
Berkembangnya tradisi tasawuf di Indonesia tidak dapat dilepaskandari konteks budaya yang ada pada saat itu. Adanya kontak yang intensdari para pedagang dan penduduk pribumi lambat laun menyebabkanterjadinya suatu proses akulturasi kebudayaan. Adapun yang akan dibahas adalah tradisi malam nisfu sya'ban yang dilakukan oleh masyarakatDesa Ujungharapan. Tradisi ini diadakan setiap tanggal 14 sya'ban, dandilakukan oleh hampir seluruh masyarakat desa mengambil tempat diMasjid Jamik Attaqwa dan masih dilaksanakan hingga saat ini. Tradisi initelah menjadi suatu sunnah bagi masyarakat desa Ujungharapan, hal initentunya tidak lepas dari tradisi sufisme dan kondisi historis masyarakatdesa ini.
Ujungharapan: Sejarah dan Struktur Sosial
Desa Ujungharapan terletak di Kecamatan Babelan, merupakansuatu perkampungan kecil seluas lebih kurang 80 ha, termasuk dalamKabupaten Bekasi, membujur antara 106 48'-79 LU dan 107 77'-29 BT.Daerah ini dahulu lebih di kenal dengan nama Ujungmalang, yang padaakhirnya atas saran dari Adam Malik nama desa ini berubah menjadiUjungharapan.Struktur formal di pegang oleh Kepala Desa yang di perbantukanoleh staff dari kantor desa. Struktur sosial tempat ini dikuasai oleh parakiai yang memegang kendali atas berbagai kegiatan keagamaan. Secaraformal, di desa ini terdapat suatu yayasan yang di dirikan oleh pendiridesa ini, yakni Yayasan Attaqwa yang didirikan oleh KH. Noer Alie (alm.).Yayasan Attaqwa membawahi berbagai cabang, seperti Dewan MasjidAttaqwa, Perguruan Attaqwa, dan Badan Wakaf. Pemimpin YayasanAttaqwa secara otomatis menjadi pimpinan Dewan Masjid yangmengepalai berbagai mushalla yang ada di lingkungan Dewan Masjid.Adanya hirarki ini menjadi sangat terlihat ketika di adakannya berbagaikegiatan keagamaan di lingkungan masyarakat desa Ujungharapan.Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Dewan Masjid bertugas dalamsyiar agama Islam, Perguruan bertugas dalam masalah pendidikan, danBadan Wakaf bertugas dalam masalah wakaf dan hibah.
Berkah dari Langit 3

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kenchana Desa liked this
arigani liked this
Eros Rosnida liked this
Adjie Saka liked this
Rayyan Halim liked this
Dariman Iman liked this
Elang Tuo liked this
Rose Angela liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->