Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bahan sosiologi

bahan sosiologi

Ratings: (0)|Views: 598 |Likes:
Published by ega_varuna

More info:

Published by: ega_varuna on Mar 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2011

pdf

text

original

 
1)Bentuk - Bentuk Interaksi Sosial
 Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002), interaksi sosial dikategorikan ke dalam duabentuk, yaitu (p. 49) :1. Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi(hubungan atau gabungan) seperti :a. Kerja samaAdalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.b. AkomodasiAdalah suatu proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok - kelompokmanusia untuk meredakan pertentangan.c. AsimilasiAdalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yangberbeda, saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun kebudayaan aslimereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran.d. AkulturasiAdalah proses sosial yang timbul, apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatukebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur - unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupasehingga lambat laun unsur - unsur kebudayaan asing itu diterima dan diolah ke dalam kebudayaansendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian darikebudayaan itu sendiri.2. Interaksi sosial yang bersifat disosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk pertentanganatau konflik, seperti :a. PersainganAdalah suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu, agar memperolehkemenangan atau hasil secara kompetitif, tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik di pihaklawannya.b. KontravensiAdalah bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan atau konflik. Wujudkontravensi antara lain sikap tidak senang, baik secara tersembunyi maupun secara terang - teranganyang ditujukan terhadap perorangan atau kelompok atau terhadap unsur - unsur kebudayaan golongantertentu. Sikap tersebut dapat berubah menjadi kebencian akan tetapi tidak sampai menjadipertentangan atau konflik.c. KonflikAdalah proses sosial antar perorangan atau kelompok masyarakat tertentu, akibat adanya perbedaanpaham dan kepentingan yang sangat mendasar, sehingga menimbulkan adanya semacam gap atau jurang pemisah yang mengganjal interaksi sosial di antara mereka yang bertikai tersebut.
 
C
iri -
C
iri Interaksi Sosial
 Menurut Tim Sosiologi (2002), ada empat ciri - ciri interaksi sosial, antara lain (p. 23) :a. Jumlah pelakunya lebih dari satu orangb. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosialc. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelasd. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
Syarat - Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
 Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002), interaksi sosial dapat berlangsung jika memenuhidua syarat di bawah ini, yaitu (p. 26) :a. Kontak sosialAdalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial,dan masing - masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhansecara fisik.b. KomunikasiArtinya berhubungan atau bergaul dengan orang lain.Faktor
 
INTERAKSI SOSIAL
Faktor ± Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosialInteraksi sosial terbentuk oleh factor ± factor berikut ini :1.
 
T
indakan Sosial2.
 
Kontak Sosial3.
 
Komunikasi Sosial
1.
 
Tindakan Sosial 
T
idak semua tindakan manusia dinyatakan sebagai tindakan sosial misalnya : Seorang pemudayang sedang mengkhayalkan gadis impiannya secara diam ± diam . Menurut MAX WEBER ,tindakan sosial adalah tindakan seorang individu yang dapat mempengaruhi individu ± individulainnya dalam masyarakat .
T
indakan sosial dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :1.
 
T
indakan Rasional Instrumental :
T
indakan yang dilakukan dengan memperhitungkankesesuaian antara cara dan tujuan . Contoh : Bekerja Keras untuk mendapatkan nafkahyang cukup .2.
 
T
indakan Rasional Berorientasi nilai :
T
indakan ± 
T
indakan yang berkaitan dengan nilai ± nilai dasar dalam masyarakat . Contoh :
T
indakan ± 
T
indakan yang bersifat Religio ± magis .3.
 
T
indakan
T
radisional ;
T
indakan yang tidak memperhitungkan pertimbangan Rasional .Contoh : Berbagai macam upacara \ tradisi yang dimaksudkan untuk melestarikankebudayaan leluhur .4.
 
T
indakan Ofektif :
T
indakan ± 
T
indakan yang dilakukan oleh seorang \ kelompok orang berdasarkan perasaan \ emosi
2
.
 
 Kontak Sosial 
Dalam kehidupan sehari-hari kontak sosial dapat dilakukan dengan cara :A.
 
Kontak Sosial yang dilakukan menurut cara pihak ± pihak yang berkomunikasi . Carakontak sosial itu ada 2 macam yaitu :1.
 
Kontak Langsung : Pihak komunikator menyampaikan pesannya secara langsungkepada pihak komunikan .2.
 
Kontak 
T
idak Langsung : Pihak komunikator menyampaikan pesannya kepada pihak komunikan melalui perantara pihak ketiga .

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fx Tenau liked this
ade268 liked this
bbg2000 liked this
ade268 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->