Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
173Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Dan Fungsi Komunikasi

Definisi Dan Fungsi Komunikasi

Ratings: (0)|Views: 11,342 |Likes:
Published by angga_locker

More info:

Published by: angga_locker on Mar 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

 
Definisi dan Fungsi Komunikasi
1. Definisi dan Fungsi Komunikasi
Sampaikanlah walau hanya satu ayat
Jangan khawatir, meskipun hanya dengan satu topik kebenaran, komunikasi selalu dapat dimulai untuk menjadi kebersamaan yang lebih mendalam, lebihrinci, melebar, maupun berlama-lama.
Kata atau istilah “komunikasi” (Bahasa Inggris
“communication” 
) berasal dariBahasa Latin
“communicatus” 
yang berarti “berbagiatau “menjadi milikbersama”.Dengan demikian, kata komunikasi menurut kamus bahasa mengacupada
suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.
Menurut
Webster New Collogiate Dictionary 
dijelaskan bahwa komunikasi adalah
“suatuproses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku”.
 Definisi komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan,penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diriseseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Definisitersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatuproses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahanpesan.Setiap pelaku komunikasi dengan demikian akan melakukan empat tindakan:
membentuk, menyampaikan, menerima, dan mengolah pesan
. Ke-empattindakan tersebut lazimnya terjadi secara berurutan.Membentuk pesan artinya menciptakan sesuatu ide atau gagasan. Ini terjadidalam benak kepala seseorang melalui proses kerja sistem syaraf.Pesan yang telah terbentuk ini kemudian disampaikan kepada orang lain. Baiksecara langsung ataupun tidak langsung. Bentuk dan mengirim pesan,seseorang akan menerima pesan yang disampaikan oleh orang lain.Deddy KPA, Program Studi Manajemen Informatika
 
hal
1
 
Definisi dan Fungsi KomunikasiPesan yang diterimanya ini kemudian akan diolah melalui sistem syaraf dandiinterpretasikan. Setelah diinterpretasikan, pesan tersebut dapat menimbulkantanggapan atau reaksi dari orang tersebut. Apabila ini terjadi, maka si orangtersebut kembali akan membentuk dan menyampaikan pesan baru.Demikianlah ke –empat tindakan ini akan terus-menerus terjadi secara berulang-ulang.Pesan adalah produk utama komunikasi. Pesan berupa lambang-lambang yangmenjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik atau tindakan. Bisaberbentuk kata-kata tertulis, lisan, gambar-gambar, angka-angka, benda, gerak-gerik atau tingkah laku dan berbagai bentuk tanda-tanda lainnya.Komunikasi dapat terjadi dalam diri seseorang, antara dua orang, di antarabeberapa orang atau banyak orang. Komunikasi mempunyai tujuan tertentu.Artinya komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan kepentinganpara pelakunya.
Menurut lexicographer 
(ahli kamus bahasa), komunikasi adalah upaya yangbertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasimaka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalahtujuan yang diinginkan oleh keduanya. Webster’s New Collegiate Dictionary edisitahun 1977 antara lain menjelaskan bahwa komunikasi adalah suatu prosespertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.Ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisipliner,tidak bisa menghindari perspektif dari beberapa ahli yang tertarik pada kajiankomunikasi, sehingga definisi dan pengertian komunikasi menjadi semakinbanyak dan beragam. Masing-masing mempunyai penekanan arti, cakupan,konteks yang berbeda satu sama lain, tetapi pada dasarnya saling melengkapidan menyempurnakan makna komunikasi sejalan dengan perkembangan ilmukomunikasi.Deddy KPA, Program Studi Manajemen Informatika
 
hal
2
 
Definisi dan Fungsi KomunikasiAda lebih dari 126 buah definisi tentang komunikasi yang diberikan olehbeberapa ahli tetapi ada tujuh buah definisi yang dapat mewakili sudut pandangdan konteks pengertian komunikasi, yang diantaranya adalah :
Harold Lasswell 
 
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yangmenjelaskan “siapa” “mengatakan “apa” “dengan saluran apa”, “kepada siapa” ,dan “dengan akibat apaatau “hasil apa”.(
who says what in which channel towhom and with what effect).
Barnlund 
 
Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untukmengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan ataumemperkuat ego.
Weaver 
Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorangdapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.
Gode
Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari semula yangdimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orangatau lebih.
 
Hovland, Janis & Kelle
Komunikasi adalah suatu proses melalui manaseseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya(khalayak).
Berelson dan Stainer 
, Komunikasi adalah proses penyampaian informasi,gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbolseperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
Lasswell 
, Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yangmenjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa?Deddy KPA, Program Studi Manajemen Informatika
 
hal
3

Activity (173)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ciknur Rusli liked this
Keong Crew liked this
Lisha Labels liked this
azdi_w liked this
Alhym Mufassir liked this
Surya Dhinata liked this
Wi Muntha Wong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->