Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Ilmu Sosial Budaya Dasar : Geostrategi Pertahanan Wilayah

Makalah Ilmu Sosial Budaya Dasar : Geostrategi Pertahanan Wilayah

Ratings: (0)|Views: 1,675|Likes:
Published by Gabriela Insani Y.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Gabriela Insani Y. on Mar 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See More
See less

06/30/2013

pdf

 
Published by NCISLAM4EVER under on Rabu, Mei 27, 2009
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Permasalahan
17.506 pulau yang Indonesia miliki, ratusan Gunung Vulaknik yang tertancapdibumi Indonesia, laut dan samudra yang luas juga ada, tanah yang subur belumterjamah semuanya, sumber daya manusia yang banyak walaupun baru hanya sebataskuantitas saja, sistem ketatanegaraan yang telah begitu komplek, peraturan yangsemuanya telah ada, cendikiawan-cendikiawan yang sangat banyak, hasil tambang danyang belum terkelola masih sangat banyak, wilayah yang berada digaris khatulistiwa,sinar matahari dan curah hujan rata-rata pertahun yang mencukupi sangat luas, areahutan yang menjadi paru-paru dunia, ragam hewani yang berhabitat ditanah air kita, berjenis tumbuhan, pepohonan, buah-buahan dan sayuran yang sangat bermacam-macamkekayaan laut (ikan, terumbukarang, barang tambang dll) yang belum terambilmanfaatnya oleh negara secara maksimal, lalu usia pasca pembebasan diri dari kekangan penjajah dengan proklamasi kemerdekaan yang sudah menginjak usia 63 Tahun 9 Bulan10 Hari sejak berakhirnya cengkraman penjajah dinegeri ini tepatnya sejak Indonesiamenyatakan kemerdekaannya pada Tanggal 17 agustus 1945, sampai waktu kamimenulis dalam makalah ini atau telah 100 Tahun lebih Indonesia berada dalam masasetelah ikrar Kebangkitan Nasional Tahun 1908 yang telah silam. Kita tentu masih ingattelah 6 kali berganti kepala negara dengan slogan dan kebijakan-kebijakannya bahkan beberapa hari lagi kita memilih dan mengangkat kepala Negara Indonesia dan pemilihanPresiden yang ke-7 pada Bulan Juni mendatang.Lantas apakah cita-cita, harapan, keinginan, dan dambaan seluruh rakyatindonesia dari Sabang sampai Meraoke dengan jumlah kurang lebih 230 juta jiwa yangkesemuaannya menginginkan terwujudnya negara Kesatuan Republik Indonesia yang
 
aman, nyaman, adil sejahtera beradab dan berbudaya dengan daya saing global yang bisadiadu, telah tercapai?
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan pemaparan yang tertuang dalam latar belakang diatas, beberapa identitasmasalah yang berhasil kami rangkum diantaranya sebagai berikut:1.
 
Sistem politik Indonesia telah mengalami banyak peruabahan, yang kesemuaanya itu belum pernah menunjukan keberhasilannya dalam menyatupadukan rakyat Indonesiadengan kehegemoniannya, yang terjadi malah terciptanya kubu pemenang dan kubu yangkalah yang saling menghujat, menjatuhkan dan itu semua tidak menunjukankebersamaannya sedikitpun juga.2.
 
Sistem ekonomi negara yang semakin bokrok, awut-awutan, dan tidak menentu sehinggatidak mempunyai karakter yang jelas, mengenai sistem ekonomi apa yang diterapkan olehIndoensia, kemundurannya itu diukur dengan parameter semakin menumpuknya utangnegara keluar negeri, dan semakin banyaknya kemiskinan, pengangguran dikalanganmasyrakat.3.
 
Hubungan sosial yang terjadi dalam setiap pribadi rakyatnya telah banyak terkontaminasi,terdegradasi sehingga karakter ketimurannya solah hilang dan berganti dengan adatkebiasaan barat, baik dari cara hidup, pola hubungan dengan masyarakatnya danhubungan dengan negaranya, sudah semakin mengikis habis arti gotong royong dankebersamaan yang mana lebih cenderung menerapkan pola hidup individualistis,deharmonisasi, diskriminatif terhadap suatu etnis atau kelompok masyarakat tertentu,ekslusivisme, rasialis, lebih mementingkan superioritas diri, terutama dikalanganmasyarakat perkotaan dan menurut Ridwan Efendi hal ini merupakan dampak negatif darimodernisasi.4.
 
Budaya yang dulu sangat kental dan asli kedaerahannya, kini telah mengalami yangdimaksud guncangan budaya, ketimpangan budaya, dan pergeseran nilai-nilai budayayang menimbulkan anomie (Ridwan Efendi, 2007). Dan hal ini merupakan dampak dariglobalisasi. Yang sangat perlu disikapi, dan dikritisi.
 
5.
 
Pertahanan keamanan negara yang sepertinya sedikit mengalami penurunan, terutama padaaktor-aktornya, hal ini terbukti dengan melemahnya semangat kepatriotismean, terjadinya penurunan moral dikalangan petugas-petugas Negara.Barangkali hal-hal diatas adalah permasalahan yang berkenaan dengan geostrategi indonesiadalam rangka merombak, membangun, memperbaiki segala sistem demi ketahanan nasional bangsa yang berdiri tegak secara utuh.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan dalam penyusunan makalah ini, kami hanya ingin mengupashal-hal sebagai berikut:1.
 
Permasalahan dan upaya apa untuk menciptakan suasana perpolitikan ditanah air sehinggaakan tercipta pola hubungan sistem politik yang harmonis?2.
 
Permasalahan dan upaya apa untuk membangun perekonomian bangsa yang membangundan mensejahterakan negara dan rakyatnya?3.
 
Hal apa yang perlu dikedepankan demi menciptakan pola hubungan sosial yang terjalinharmonis saling membantu untuk maju bersama?4.
 
Lantas upaya apa yang perlu dilakukan guna mempertahankan dan membuat merek budayaindonesia yang khas, sehingga mempunyai daya nilai yang tinggi dimata dunia?5.
 
Pertahanan keamanan yang seperti apa yang perlu diperbaiki, ditingkatkan dan diterapkandemi terwujudnya Indonesia yang satu kekuatan?
1.4 Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut
:
1.
 
Dalam rangka memenuhi salah satu tugas kelompok dari dosen mata Kuliah Pendidikankewarganegaraan.2.
 
Belajar mengutarakan pemikiran, pendapat, saran kritik dan arahan serta harapan sebagaiwarga Negara Indonesia yang berloyalitas tinggi.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Felisya Efendi liked this
vamoet liked this
achi_12 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->