Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalh TID sumber irigasi

makalh TID sumber irigasi

Ratings: (0)|Views: 984 |Likes:
Published by reni rahmawati
maaf agak kurang di daous
maaf agak kurang di daous

More info:

Published by: reni rahmawati on Mar 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Penyelamatan tanah, air dan hutan akhir-akhir ini menjadi topik utama di semua belahandunia. Kekhawatiran akan menurunnya daya dukung lingkungan hidup serta timbulnya bencana akibat dari rusaknya hutan sebagai salah satu unit pengkonservasi tanah dan hutanmenjadi momok yang sangat menakutkan di sebagian besar negara.Kerusakan hutan sebagai salah satu unit konservasi air perlu ditindaklanjuti, mengingatair adalah kebutuhan primer bagi setiap makhluk hidup. Sumber air yang terdapat di bumiharus kita jaga, mengingat peran penting dari air. Terdapat berbagai macam sumber air yangtersedia di permukaan bumi, namun tidak semua dari sumber itu dapat digunakan dandieksploitasi untuk kebutuhan makhluk hidup dan juga untuk irigasi. Mengetahui sumber air untuk irigasi sangat diperlukan untuk meminimalisasi terjadinya bencana alam akibatkesalahan pemilihan sumber air unutuk irigasi.Irigasi adalah suatu seni yang sudah tua, teknik sudah digunkan berabad-abad lalu sebagaisalah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Hingga saat ini irigasi masihdigunakan sebagai salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup (dalamhal ini yang paling utama adalah pertanian)Berdasarkan data yang kami temukan ternyata pertanian adalah salah satu sektor yang paling bergantung pada air irigasi. Sekitar 70% areal persawahan untuk menghasilkan luaranyang optimum menggunakan irigasi sebagai sumber pengairannya.
B.Tujuan
Dengan mengetahui sumber air yang digunakan untuk irigasi kami berharap dapatmemilih dan memilah jenis sumber air yang layak untuk irigasi sehingga tidak mengganggukestabilan alam serta untuk menambha pengetahuan penyusun mengenai sumber air untuk irigasi.
C.Tinjauan Pustaka
1
 
Irigasi secara umum didefinisikan sebagi penggunaan air pada tanah untuk keperluan penyediaan cairan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman (Vaughn E. Hanson dkk.Dasar-Dasar dan Praktik Irigasi, 1984).Irigasi adalah penyaluran air yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman ke tanah yangdiolah dan mendistribusikannya secara sistematis. Perancangan irigasi disusun terutama berdasarkan kondisi meteorologi di daerah yang bersangkutan dan kadr air yang diperlukanuntuk pertumbuhan tanaman (Suyono Sosrodarsono. Hidrologi untuk Pengairan. 1977).Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan dan pembuatan bangunan air untumenunjang usaha pertanian, termasuk didalamnya tanaman pangan, hortikultura, perkebunandan peternakan (Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, 2009).Irigasi merupakan suatu sistem yang tidak bersifat mandiri, melainkan saling bekaitandengan sistem lainnya yang lebih luas. Sebagai contoh irigasi sebagai unit produksimerupakan subsistem dari pertanian dan merupakan unit hidrologis dari subsistem DaerahAliran Sungai (DAS). (Efendi Pasandaran dan Donald C. Taylor, 1982).Sedangkan irigasi berdasarkan keputusan menteri no. 32 tahun 2007 irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnyameliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasitambak.
 
Pembahasan mengenai irigasi tidaklah terlepas dari air, berdasarkan peraturan mentrino.32 tahun 2007 disebutkan bahwa air adalah semua air yang terdapat pada, di atas, di atasataupun di bawah permukaan air termasuk dala pengertian ini air permukaan, air tanah air hujan, dan air laut yang berada di darat.Terdapat berbagai macam sumber air di permukaan bumi yaitu:1.Presipitasi, air yang berasal dari awan karena kondisi sudah jenuh.2.Air atmosfer selain presipitasi pada beberapa negara memilki kontribusi yang pentingdalam sumber air sebagai penyokong hidup tanaman, sebagai contoh di padang pasir najib embun berperan sangat penting dalam pertumbuhan anggur pada musim panas.3.Air banjir (air tadah hujan) dalam keadaan tertentu air tadah hujan befungsi sepertisemacam irigasi yang tidak disalurkan manusia. Ketika menggenangi tanah air tersebut diserpa oleh tanah dan ditampung untuk selanjutnya digunakan oleh tanaman.4.Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah yang disimpan dalamrongga tanah.pergerakan air tanah ke permukaan terjadi karena adanya kapilarisasidari permukaan tanah.5.Irigasi
2
 
Kegagalan dalam memperhitungkan kelima sumber diatas dan proporsi untuk masing-masing tanaman akan menyebabkan gagalnya suatu rancangan irigasi.Pengertian sumber air secara khusus adalah sebagai tempat atau wadah air alami ataupun buatan yang terdapat pada, di atas ataupun di bawah permukaan tanah (Direktorat JenderalPengelolaan Lahan dan Air, 2009).Sedangkan pengertian sumber air irigasi adalah tempat atau wadah air alami maupun buatan yang terdapat pada, di atas ataupun di bawah permukaan tanah yang digunakan untuk irigasi (Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, 2006).
D.Pembatasan Masalah
a.Apa yang dimaksud dengan irigasi? b.Sumber-sumber air untuk irigasi
E.
Metodologi
Dalam penyusunan makalah ini penyusun melakukan study literatur dengan membaca buku yang sesuai dengan tema makalah kami dan melakukan pencarian melalui internetuntuk mendukung issue yang kami angkat dalam makalah ini.
BAB IIPEMBAHASANA. Pengertian Irigasi
3

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Khoiriya Latifa liked this
Rina Sri Buana liked this
Anggita Permata liked this
Yoga Adhitya liked this
Nina Nurliani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->