Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
92Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kartun Dan Seni Ilustrasi

Kartun Dan Seni Ilustrasi

Ratings: (0)|Views: 15,404 |Likes:
Published by Roikan Soekartun

More info:

Published by: Roikan Soekartun on Mar 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

 
Kartun dan Seni Ilustrasi
Kartun jika ditinjau dari seni rupa berasal dariseni ilustrasi.
1
Secara Etimologikata Ilustrasi (
illustration
) berasal dari bahasa Latin,
Illustrare
yang artinya menjelaskanatau menerangkan sesuatu, yakni cerita atau artikel dengan gambar. Keefektifan sebuahilustrasi dalam penyampaian suatu pesan terhadap pembaca, harus memenuhi beberapakriteria sebagai berikut:a)Mempunyai daya tarib)Jelasc)Sederhanad)Mudah dimengertie)Representatif (mewakili isi cerita yang terkandung di dalam gambar).Seni ilustrasi dapat diklasifikasikan ke dalam lima bagian, yakni ilustrasi cerita,ilustrasi artikel, ilustrasi sampul, karikatur dan vignet (Tim MGMP,1996: 27-29).Berdasarkan pembagian tersebut kartun masuk ke dalam ilustrasi cerita, satu kelompok dengan komik dan ilustrasi cerpen. Adapun penjelasan dari klasifikasi seni ilustrasiadalah sebagai berikut:1. Ilustrasi cerita, terdiri dari:a. Ilustrasi cerita bergambar (komik)
1
Pengurutan seni (rupa) versi Perancis terdiri dari: arsitektural, seni lukis, seni pahat dan ukir,senifotografi dan seni yang menyangkut waktu, musik, tari, sinema televisi dan komik (Hidayat, 2001:215).Versi lain dalam klasifikasi seni rupa adalah seni lukis, seni patung, dekorasi, ilustrasi, reklame, kaligrafi,bangunan dan grafis (Tim MGMP, 1996:19).
 
Cerita bergambar yang terdiri dari sekuen yang saling berhubungan dalam bentuk narasi yang panjang dan divisualisasikan dalam bentuk frame yang lebih dari satu namunmerupakan satu kesatuan cerita.b. Ilustrasi cerpen/ novel / romanIlustrasi jenis ini biasanya digabungkan dengan judul dan penulis cerita, tujuanpembuatan gambar ilustrasi ini adalah selain untuk mempercantik perwajahancerpen/novel/roman, penggunaan ilustrasi juga dapat menggambarkan cerita pada cerpen/ novel/roman.c. Ilustrasi kartunSebuah gambar yang lebih menekankan pada suatu momen yang memuat ceritaatau pesan dalam wujud humor.2. Ilustrasi artikelGambar yang digunakan dalam untuk memperjelas suatu tulisan, memberikanketerangan yang dapat membantu pembaca agar lebih mengerti maksud dari sebuahtulisan. Ilustrasi artikel tidak hanya gambar dengan setting tempat tertentu saja, tetapidapat berupa keterangan-keterangan tambahan suatu data yakni bagan, diagram, tabel dangambar berangkai untuk menerangkan sesuatu yang sistematis.3. Ilustrasi sampul (
cover 
)Ilustrasi yang dapat kita jumpai dalam sampul berbagai media penerbitan, yaknibuku, komik, jurnal ilmiah maupun majalah. Ilustrasi sampul menyajikan gambar yangmerepresentasikan isi yang terkandung dalam buku, komik, jurnal ilmiah maupunmajalah.
 
4. Karikatur
2
Gambar yang berbentuk ilustrasi potret wajah yang diberi muatan lebih sehinggaanatomi wajah tersebut terkesan
distorsif 
karena mengalami deformasi bentuk, namunsecara visual masih dapat dikenali obyek aslinya.5. VignetGambar tangan yang dapat kita jumpai pada karya sastra yakni puisi dan cerpen,gambar ini lebih menonjolkan segi ekspresi dalam bentuk eksplorasi gambar simbol.Vignet juga berfungsi untuk memperindah tampilan dalam cetakan sebuah karya sastra.
Gambar 2.1
Contoh Gambar Vignet(Sumber:www.irancartoon.com)
II.1.1 Perbedaan Kartun, Komik dan Karikatur
AspekKartunKomikKarikaturDefinisi
Ilustrasi yangmenekankan padasuatu momen, yang
Ilustrasi yangberbentuk ceritabergambar dengannarasi yangIlustrasi yangdigunakan sebagaimedia untuk mengungkapkan
2
Kata karikatur berasal dari bahasa Italia
caricature,
yang bersumber dari kata
caricare
yang berartimemberi muatan atau tambahan ekstra bahkan berlebihan (Setiawan, 2002:46).

Activity (92)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
perdanacomputer liked this
Danang Hanjaru liked this
Solihin Suhro liked this
Beta Richa liked this
mukhlish_novandi liked this
tialiany liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->