Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
20Activity
P. 1
UU No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

UU No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Ratings: (0)|Views: 2,034 |Likes:
Published by Madya Indonesia
UU No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
UU No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

More info:

Published by: Madya Indonesia on Mar 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 10. TAHUN 2009......   TENTANGKEPARIWISATAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa keadaan alam, flora, dan fauna, sebagaikarunia Tuhan Yang Maha Esa, serta peninggalanpurbakala, peninggalan sejarah, seni, dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan sumberdaya dan modal pembangunan kepariwisataan untukpeningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyatsebagaimana terkandung dalam Pancasila danPembukaan Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;
 
b. bahwa kebebasan melakukan perjalanan danmemanfaatkan waktu luang dalam wujud berwisatamerupakan bagian dari hak asasi manusia;c. bahwa kepariwisataan merupakan bagian integraldari pembangunan nasional yang dilakukan secarasistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan, danbertanggung jawab dengan tetap memberikanperlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutulingkungan hidup, serta kepentingan nasional;d. bahwa pembangunan kepariwisataan diperlukanuntuk mendorong pemerataan kesempatan berusahadan memperoleh manfaat serta mampu menghadapitantangan perubahan kehidupan lokal, nasional, danglobal;e. bahwa . . .
 
 
- 2 -e. bahwa Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990tentang Kepariwisataan tidak sesuai lagi dengantuntutan dan perkembangan kepariwisataansehingga perlu diganti;f. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, huruf d,dan huruf e perlu membentuk Undang-Undangtentang Kepariwisataan;Mengingat : Pasal 20 dan Pasal 21 Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG KEPARIWISATAAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukanoleh seseorang atau sekelompok orang denganmengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi,pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikandaya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara.2. Wisatawan . . .
 
 
- 3 -2.
 
Wisatawan adalah orang yang melakukan wisata.3.
 
Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisatadan didukung berbagai fasilitas serta layanan yangdisediakan oleh masyarakat, pengusaha, Pemerintah,dan Pemerintah Daerah.4.
 
Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yangterkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensiserta multidisiplin yang muncul sebagai wujudkebutuhan setiap orang dan negara serta interaksiantara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, Pemerintah, Pemerintah Daerah, danpengusaha.5.
 
Daya Tarik Wisata adalah segala sesuatu yangmemiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupakeanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasilbuatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuankunjungan wisatawan.6.
 
Daerah tujuan pariwisata yang selanjutnya disebutDestinasi Pariwisata adalah kawasan geografis yangberada dalam satu atau lebih wilayah administratif  yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitasumum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, sertamasyarakat yang saling terkait dan melengkapiterwujudnya kepariwisataan.7.
 
Usaha Pariwisata adalah usaha yang menyediakanbarang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata.8.
 
Pengusaha Pariwisata adalah orang atau sekelompokorang yang melakukan kegiatan usaha pariwisata.
 
9. Industri . . .

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
D' Ant DeRafter liked this
Deni Setia liked this
Neneng Naryati liked this
Anne Nindyaswari liked this
Julie Dwi Sofika liked this
Ico Yiee liked this
Ico Yiee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->