Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEDUDUKAN HUKUM

KEDUDUKAN HUKUM

Ratings: (0)|Views: 3,243 |Likes:
Published by keykow

More info:

Published by: keykow on Mar 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
A. Kedudukan Hukum (
 Rechtspositie)
Pemerintah
Kenyataan sehari-hari menunjukkan bahwa pemerintah di sampingmelaksanakan aktivitas dalam bidang hukum publik, juga sering terlibat dalamlapangan keperdataan. Dalam pergaulan hukum, pemerintah sering tampildengan
“twee petten”
dengan dua kepala, sebagai wakil dari jabatan (
ambt 
)yang tunduk pada hukum publik dan wakil dari badan hukum
(rechspersoon
)yang tunduk pada hukum privat.Dalam perspektif hukum publik, negara adalah organisasi jabatan.Menurut Logemann (Dalam bentuk kenyataan sosialnya, negara adalahorganisasi yang berkenan dengan berbagai fungsi. Pengertian fungsi adalahlingkungan kerja yang terperinci dalam hubungannya secara keseluruhan.Fungsi-fungsi ini dinamakan jabatan. Negara adalah organisasi jabatan).(Jabatan adalah suatu lembaga dengan lingkup pekerjaan sendiri yang dibentuk untuk waktu lama dan kepadanya diberikan tugas dan wewenang). MenurutBagir Manan, Jabatan adalah lingkungan pekerjaan tetap yang berisi fungsi-fungsi tertentu yang secara keseluruhan mencerminkan tujuan dan tata kerjasuatu organisasi. Jabatan itu bersifat tetap, sementara pemegang jabatan(
ambtsdrager 
) dapat berganti-ganti, sebagai contoh, jabatan presiden, wakil presiden, menteri, gubernur dan lain-lain, relatif bersifat tetap, sementara pemegang jabatan atau pejabatnya sudah berganti-ganti.Hukum private dan bahan hukum publik. Menurut Chidir Ali, ada tigakriteria untuk menentukan status badan hukum publik yaitu (a) dilihat dari pendirinya, badan hukum itu diadakan dengan konstruksi hukum publik yangdidirikan oleh penguasa dengan undang-undang atau peraturan-peraturanlainnya : (b) lingkungan kerjanya, yaitu melaksanakan perbuatan-perbuatan publik, (c) badan hukum itu diberi wewenang publik seperti membuatkeputusan, ketetapan atau peraturan yang mengikat umum.
1.Kedudukan Pemerintah dalam Hukum Publik 
Indroharto menyebutkan bahwa lembaga-lembaga hukum publiitu memiliki kedudukan yang mandiri dalam statusnya sebagai badanhukum (perdata). Lembaga-lembaga hukum publik tersebut merupakan
 
 badan hukum perdata dan melalui organ-organnya (Badan atau JabatanTUN) menurut peraturan perundang-undangan yang bersangkutan dapatmelakukan perbuatan/tindakan hukum perdata.Meskipun organ atau jabatan pemerintahan dapat melakukan perbuatan hukum perdata, mewakili badan hukum induknya, hal yangterpenting dalam konteks hukum administrasi adalah mengetahui organatau jabatan pemerintahan dalam melakukan perbuatan hukum yang bersifat publik. P. Nicolai dan kawan-kawan menyebutkan beberapa ciriatau karakteristik yang terdapat pada jabatan atau organ pemerintahan yaitusebagai berikut.
Organ pemerintahan menjalankan wewenang atas nama dantanggungjawab sendiri, yang dalam pengertian modern, diletakkansebagai pertanggungjawaban politik dan kepegawaian atautanggungjawab pemerintah sendiri di hadapan Hakim. Organ pemerintah adalah pemikul kewajiban tanggungjawab.
Pelaksanaan wewenang dalam rangka menjaga dan mempertahankannorma hukum administrasi, organ pemerintahan dapat bertindasebagai pihak tergugat dalam proses peradilan, yaitu dalam hal adakeberatan, banding, atau perlawanan.
Di samping sebagai pihak tergugat, organ pemerintahan juga dapattampil menjadi pihak yang tidak puas, artinya sebagai penggugat.
Pada prinsipnya organ pemerintahan tidak memiliki harta kekayaansendiri. Organ pemerintahan merupakan bagian (alat) dari badanhukum menurut hukum privat dengan harta kekayaannya. Jabatan bupati atau wali kota adalah organ-organ dari badan umum“kabupaten”. Berdasarkan aturan hukum, badan hukum inilah yangdapat memiliki harta kekayaan, bukan organ pemerintahannya. Olehkarena itu, jika ada putusan hakim yang berupa denda atau uang paksa(dwangsom) yang dibebankan kepada organ pemerintah atau hukumanganti kerugian dari kerusakan, kewajiban membayar dan ganti kerugianitu dibebankan kepada hukum (sebagai pemegang harta kekayaan).
 
Pihak yang menjalankan hak dan kewajiban yang didukung oleh jabatan ialah pejabat. Jabatan adalah lingkungan pekerjaan tetap, sementara pejabat dapat berganti-ganti.Antara jabatan dengan pejabat memiliki hubungan yang erat,namun di antara keduanya sebenarnya memiliki kedudukan hukum yang berbeda atau terpisah dan diatur dengan hukum yang berbeda. Jabatandiatur oleh hukum tata negara dan hukum administrasi, sedangkan pejabatdiatur dan tunduk pada hukum kepegawaian.
2.Macam-macam Jabatan Pemerintahan
Ruang lingkup kegiatan administrasi negara atau pemerintahan itusangat luas dan beragam. Keluasan dan keragaman kegiatan administrasinegara ini sering sejalan dengan dinamika perkembangan masyarakat yangmenuntut pengaturan dan keterlibatan administrasi negara.Berdasarkan kenyataan ini, Indroharto menyebutkan bahwa ukuranuntuk dapat disebut badan atau pejabat TUN merupakan fungsi yangdilaksanakan, bukan nama sehari-hari, bukan pula kedudukan strukturalnyadalam salah satu lingkungan kekuasaan dalam negara. SelanjutnyaIndroharto mengelompokkan organ pemerintahan atau tata usaha negara itudiantaranya :
Instansi-instansi resmi pemerintah yang berada di bawah presidensebagai kepala eksekutif.
Instansi-instansi dalam lingkungan negara diluar lingkungan kekuasaaneksekutif yang berdasarkan peraturan perundang-undanganmelaksanakan urusan pemerintahan.
Badan-badan hukum perdata yang didirikan oleh pemerintah denganmaksud untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.
Instansi-instansi yang merupakan kerja sama antara pihak pemerintahdengan pihak swasta yang melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.
Lembaga-lembaga hukum swasta yang berdasarkan peraturan perundang-undangan dan sistem perizinan melaksanakan tugas pemerintahan.

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dhiina Dharrmita added this note
gak dapat pahala, bagi ilmu pake pamrih
Ali Dahwir liked this
Salim Tambusai liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->