Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BK KARIR

BK KARIR

Ratings: (0)|Views: 788 |Likes:
Published by Daeng Wilmoor

More info:

Published by: Daeng Wilmoor on Mar 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

 
Teori Perkembangan Jabatan Menurut David V. TiedemanDalam teorinya David V. Tiedeman mengemukakan bahwa keputusan untuk memilih pekerjaan, jabatan atau karir tertentu adalah merupakan suatu rentetan akibat dari keputusan-keputusan yang diambil individu pada tahap-tahap kehidupannya dimasa lampau.Penentuan arah pilih pekerjaan, jabatan atau karir bukanlah semata-mata lahir dari hasillamunan, angan-angan atau dari khayalan belaka, tetapi karir sangat erat kaitannya dengan pendidikan1.
 
Pendidikan dan Keputusan Pekerjaana.
 
Periode antisipasiTingkah laku antisipasi itu sendiri bermanfaat dalam analisis tahap-tahap dalam periode ini.Termask yang relevan dalam periode ini dalah terdiri dari tahap-tahap, yaitu:i.
 
Tahap EksplorasiDalam eksplorasi sejumlah alternatif yang berbeda atau kemungkinan tujuan-tujuandipertimbangkan. Berbagai kemungkinan yang akan dicapai digabung-gabungkan dandipertimbangkan untuk menetapkan atau memutuskan suatu pilihan. Sejumlah alternatif tujuandijadikan sebagai suatu lapangan untuk dipilih terutama berhubungan dengan timbulnya pilihan.Apabila pada tahap ini terjadi keragu-raguan, keseganan kepada kesempatan yang ada saat inidan yang akan datang, atau ragu terhadap kemampuan dan minat yang dimilikinya adalahmerupakan suatu hal yang wajar. Pada tahap ini individu mencoba untuk mengadakan pengukuran diri sehubungan dengan berbagai alternatif yang diperkirakan bias dicapai untuk mencapai tujuan. Jadi pada tahap ini hanya baru merupakan penjelajahan untuk mencari danmengumpulkan berbagai data dan informasi.ii.
 
Tahap kristalisasiDengan stabilnya pikiran yaitu dengan terjadinya pengukuran diri dari berbagaikemungkinan, maka terjadilah suatu pola dalam bentuk alternatif dan segala konsekuensinya,disebut denagn istilah kristalisasi. Pertimbangan yang berfaedah, tidak berfaedah, kerugian dannilai dari tiap-tiap alternatif, mengakibatkn timbulnya kristalisasi. Jadi pada tahap ini segalaalternatif kemungkinan pekerjaan yang akan dicapai sudah cukup jelas.iii.
 
Tahap pemilihan
 
Tahap pemilihan (keputusan) dengan stabilnya kristalisasi. Masalah-masalah individu yang berorientasi kepada tujuan yang relevan, yaitu individu memulai mengorganisir dalammelengkapi dan menyesuaikan terhadap berbagai pilihan untuk masa datang. Jadi tahap pilihanatau keputusan akan datamg lebih cepat.iv.
 
Tahap spesifikasi atau klarifikasiMunculnya kesungguhan, ketelitian dan kesempurnaan yang terjadi pada masa mendatangdengan segala tindakan atau perbuatan berorientasi kepada keputusan yang akan diambil.Sehingga menghasilkan tindakan pengambilan keputusan yang terarah. Dengan pengertian linindividu meneliti kesempatan yng luas dan mendalam, sehingga ia menegemukakan sesuatuuntuk mendatang, sehingga menghasilkan potensi tindakan yang nyata dan terarah. b.
 
Periode implementasi dan penyesuaianPeriode implementasi dan penyesuaian ini oleh David V.Tiedeman digolongkan menjadi tigatahap, yaitu:i.
 
Tahap induksiTahap ini terjadi atau dimulai dari pengalaman dan kesimpulan yang teliti. Individumengorganisir lapangan yang datang dari tujuan-tujuan seseorang kedalam interaksi yang berhubungan dengan masyarakat, tetapi kaitannya tidak identik dengan tujuan dan lapangan.Selama tahap ini, sesorang mengutamakan adalah hal-hal yang berkaitan dengan tujuan yangtelah dicapainya. Akhirnya pada tahap ini tujuan dan sejumlah alternatif menjadi atu bagian.Dalam arti lain tujuan individu dan lapangan berasimilasi dalam sekelompok tujuan yang sesuaidengan posisinya sebagai salah satu aspek yang memungkinkan mendorongnya untuk berhasil.ii.
 
Tahap transisiDalam tahap ini, orientasi yang diutamakan adalah disesuaikan kepada penetapan tujuanyang diambilnya. Walaupun telah diperoleh kepercayaan bahwa seseorang akan berhasil dalamindividu yang telah ada, tetapi masih mengalami tahap transisi terhadap berbagai keputusan yangtelah diambilnya yaitu adanya berbagai kemungkinan bahwa individu akan menyimpang arah.iii.
 
Tahap mempertahankanPada tahap ini, individu memelihara terhadap keputusanyang telah diambilnya. Prospek terhadapsegala usahanya telah menuju kepada status dimasa mendatang dan untuk seterusnya akan berkembang menjadi pembinaan karir.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ega Triani liked this
Min Xian Crystal liked this
Alie Wae liked this
fitrah_nabila liked this
fitrah_nabila liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->