Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelebihan Linux

Kelebihan Linux

Ratings: (0)|Views: 934|Likes:
Published by Surya_Andika_4819

More info:

Published by: Surya_Andika_4819 on Mar 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/23/2012

pdf

text

original

 
Kelebihan Linux
1.Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehinggadapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli ataumenggunakan Linux.2.Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistemoperasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker.Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakandan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
1.
Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapatalternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs webOpenSource as Alternativeuntuk memperoleh informasi yang cukupberguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows diLinux.2.Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan,hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus,spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi padaLinux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang manabila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulitmenjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal initidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance /perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.Artikel yang menunjang argumen ini:
o
o
3.
Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasiUNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yangmerupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarangditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombolCtrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsapasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa
 
pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca dieweek.com).
4.
Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telahberusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan denganbaik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perludibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentudengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapatmembaca artikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Lifewith Linux“). Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumenyang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebihlama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikutiperkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulanlalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuatdalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP.Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, danitu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware)baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vistadapat dilihatMicrosoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasiyang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi diWindows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
Kekurangan Linux
1.Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihanatau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2.
Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidakterlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yangdidukung pada Linux, kita dapat melihatnya diLinux-Drivers.org atauLinuxHardware.org.3.Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah diWindows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah
 
bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVDrepository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.4.Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like(seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini.Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yangsuka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
SISTEM OPERASI, PROGRAMBANTU, DAN BAHASA PEMROGRAMANSistem Operasi1.Windows1.Keungulan WindowsSeperti yang telah disebutkan, Windows adalah sistem operasi yang user-friendly.Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukunganhardware yanglengkap, banyaknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform Windows semakinmelengkapi nilai tambahnya.MacOS pernah mengadakan kerjasama dengan virus trojan, Windows XPmemiliki catatan sebagai pelaku pengungkap data, Windows Vista sebagai pemasok POPUP dan Linux yang sangat fanatik input prompt.Gambar :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->