Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 1,139 |Likes:
Published by muhammad aceh

More info:

Published by: muhammad aceh on Mar 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

 
KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN
A. Latar Belakang Masalah
Menurut kodrat serta irodatnya bahwa manusia dilahirkan untuk menjadi pemimpin.Sejak Adam diciptakan sebagai manusia pertama dan diturunkan ke Bumi, Ia ditugasi sebagaiKhalifah fil ardhi. Sebagaimana termaktub dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 30 yang berbunyi : “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat”; “Sesungguhnya Aku akanmengangkat Adam menjadi Khalifah di muka Bumi”.Menurut Bachtiar Surin yang dikutif oleh Maman Ukas bahwa “Perkataan Khalifah berarti penghubung atau pemimpin yang diserahi untuk menyampaikan atau memimpinsesuatu”.
1
 Dari uraian tersebut jelaslah bahwa manusia telah dikaruniai sifat dan sekaligus tugassebagai seorang pemimpin. Pada masa sekarang ini setiap individu sadar akan pentingnyailmu sebagai petunjuk/alat/panduan untuk memimpin umat manusia yang semakin besar  jumlahnya serta komplek persoalannya. Atas dasar kesadaran itulah dan relevan denganupaya proses pembelajaran yang mewajibkan kepada setiap umat manusia untuk mencariilmu. Dengan demikian upaya tersebut tidak lepas dengan pendidikan, dan tujuan pendidikantidak akan tercapai secara optimal tanpa adanya manajemen atau pengelolaan pendidikanyang baik, yang selanjutnya dalam kegiatan manajemen pendidikan diperlukan adanya pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin.
1
Maman Ukas,
Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi
, (Bandung : Ossa Promo, 1999) h. 253.
Komunikasi dalam manajemen pendidikan
1
 
B. Pembatasan Masalah
Dalam penulisan makalah ini, penulis membatasi masalahnya sebagai berikut :a. Hakikat pemimpin b. Tipe-tipe kepemimpinanc. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan.dalam manajemen pendidikan. 
C. Tujuan Penulisan Makalah
Sesuai dengan permasalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penulisanini diarahkan untuk :a. Untuk mengetahui hakikat pemimpin b. Untuk mengetahui tipe-tipe kepemimpinanc. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan dalam manajemen pendidikan.
D. Sistematika Penulisan 
Sebagai langkah akhir dalam penulisan makalah ini, maka klasifikasi sistematikan penulisannya sebagai berikut :Bab I : Pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, pembatasanmasalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.Bab II : Dibahas tentang tinjauan hakikat pemimpin, tipe-tipe kepemimpinan, danfaktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan dalam manajemen pendidikan.
Komunikasi dalam manajemen pendidikan
2
 
Bab III : Merupakan bab terakhir dalam penulisan makalah ini yang berisikantentang kesimpulan.
Komunikasi dalam manajemen pendidikan
3

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yuliza Zubir liked this
sayu22 liked this
Singgih Wibisono liked this
Ali Ridwan liked this
Subyo Leksana liked this
Arwan Wan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->