Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Ratings: (0)|Views: 39,059|Likes:
Published by partin manurung
pengantar hukum administrasi 1
pengantar hukum administrasi 1

More info:

Published by: partin manurung on Mar 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IHUKUM ADMINISTRASI NEGARA1. Pengertian dan istilah
Pengertian dan istilah Hukum Administrasi Negara.Sejarah dari Hukum Administrasi Negara dari Negara Belanda yangdisebut Administratif recht atau Bestuursrecht yang berartiLingkungan Kekuasaan/ Administratif diluar dari legislatif danyudisil. Ada banyak lagi istilah-istilah lain seperti di Perancisdisebut Droit Administrative, di Inggris disebut Administrative Law,di Jerman disebut Verwaltung recht.Di Indonesia banyak istilah untuk mata kuliah ini.
1.
E. Utrecht dalam bukunya yang berjudul Pengantar HukumAdministrasi pada cetakan pertama memakai istilah hukum tatausaha Indonesia, kemudian pada cetakan kedua mennggunakanistilah Hukum tata usaha Negara Indonesia, dan pada cetakanketiga menggunakan istilah Hukum Administrasi NegaraIndonesia.
2.
Wirjono Prajokodikoro, dalam tulisannya di majalah hukum tahun1952, menggunakan istilah “Tata Usaha Pemerintahan”.
3.
Djuial Haesen Koesoemaatmadja dalam bukunya Pokok-pokokHukum Tata Usaha Negara, menggunakan istilah Hukum TataUsaha Negara dengan alasan sesuai dengan Undang-undangPokok Kekuasaan Kehakiman No. 14 tahun 1970.
4.
Prajudi Armosudidjo, dalam prasarannya di Musyawarah NasionalPersahi tahun 1972 di Prapat mengunakan istilah PeradilanAdministrasi Negara.
5.
W.F. Prins dalam bukunya Inhiding in het Administratif recht vanIndonesia, menggunakan istilah, Hukum Tata Usaha NegaraIndonesia.
6.
Rapat Staf Dosen Fakultas Hukum Negeri seluruh Indonesiabulan Maret 1973 di Cirebon, memutuskan sebaiknnya
 
menggunakan istilah Hukum Administrasi Negara dengan alasanHukum Administrasi Negara pengertiannya lebih luas dan sesuaidengan perkembangan pembangunan dan kemajuan NegaraRepublik Indonesia kedepan.
7.
Surat Keputusan Mendikbud tahun 1972, tentang PedomanKurikulum minimal Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta,meggunakan istilah. Hukum Tata Pemerintahan ( HTP ).
8.
Undang-undang Pokok Kekuasaan Kehakiman No. 14 tahun 1970dan TAP MPR No. II/1983 tentang GBHN memakai istilah Hukum Tata Usaha Negara.
9.
Surat Keputusan Mendikbud No. 31 tahu 1983, tentangkurikulum Inti Program Pendidikan Sarjana Hukum menggunakanistilah Hukum Administrasi Negara.Sejarah Hukum Administrasi Negara ( HAN ) atau Hukum TataUsaha Negara (HTUN) atau Hukum Tata Pemerintahan ( HTP ) diNegeri Belanda disatukan dalam Hukum Tata Negara yang disebutStaats en Administratiefrecht. Pada tahun 1946 di UniversitasAmsterdam baru diadakan pemisahan mata kuliah AdministrasiNegara dari mata kuliah Hukum Tata Negara, dan Mr. Vegtingsebagai guru besar yang memberikan mata kuliah HukumAdministrasi Negara. Tahun 1948 Universitas Leiden mengikuti jejak Universitas Amsterdam memisahkan Hukum AdministrasiNegara dari Hukum Tata Negara yang diberikan oleh Kranenburg.Di Indonesia sebelum perang dunia kedua pada Rechtshogeschooldi Jakarta diberikan dalam satu mata kuliah dalam Staats enadministratiefrecht yang diberikan oleh Mr. Logemann sampaitahun 1941. Baru pada tahun 1946 Universitas Indonesia di JakartaHukum Administrasi Negara dan Hukum Tata Negara diberikansecara tersendiri. Hukum Tata Negara diberikan oleh Prof. Resink,sedangkan Hukum Administrasi Negara diberikan oleh Mr. Prins.Berdasarkan uraian-uraian di atas jelaslah bahwa Ilmu Hukum
 
Administrasi Negara adalah ilmu yang sangat luas dan terusberkembang mengikuti tuntutan Negara/masyarakat, sehinggalapangan yang kan digalinyapun sangat luas dan beranekan ragamdan campur tangfan pemerintah dalam kehidupan masyarakat.
2. Definisi Hukum Administrasi Negara
Pada dasarnya definisi Hukum Administrasi Negara sangat sulituntuk dapat memberikan suatu definisi yang dapat diterima olehsemua pihak, mengingat Ilmu Hukum Administrasi Negara sangatluas dan terus berkembang mengikuti arahpengolahan/penyelenggaraan suatu Negara. Namun sebagaipegangan dapat diberikan beberapa definisi sebagai berikut :
1.
Oppen Hein mengatakan “ Hukum Administrasi Negara adalahsebagai suatu gabungan ketentuan-ketentuan yang mengikatbadan-badan yang tinggi maupun rendah apabila badan-badanitu menggunakan wewenagnya yang telah diberikan kepadanyaoleh Hukum Tata Negara.”
2.
 J.H.P. Beltefroid mengatakan Hukum Administrasi Negaraadalah keseluruhan aturan-aturan tentang cara bagaimana alat-alat pemerintahan dan badan-badan kenegaraan dan majelis-majelis pengadilan tata usaha hendak memenuhi tugasnya.”
3.
Logemann mengatakan Hukum Administrasi Negara adalahseperangkat dari norma-norma yang menguji hubungan HukumIstimewa yang diadakan untuk memungkinkan para pejabatadministrasi Negara melakukan tugas mereka yang khusus.”
4.
De La Bascecoir Anan mengatakan “ Hukum Administrasi Negaraadalah himpunan peraturan-peraturan tertentu yang menjadisebab Negara berfungsi/ bereaksi dan peraturan-peraturan itumengatur hubungan-hubungan antara warga Negara denganpemerintah.”
5.
L.J. Van Apeldoorn mengatakan Hukum Administrasi Negaraadalah keseluruhan aturan yang hendaknya diperhatikan oleh

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aris Dwi Suryadi liked this
Ifah Kholifah liked this
Rifan Ipang added this note
SDFG
Citra Larassati liked this
Pipi Eendri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->