Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
205Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAURAN PROMOSI

BAURAN PROMOSI

Ratings: (0)|Views: 13,251 |Likes:
Published by maiamanalo3

More info:

Published by: maiamanalo3 on Mar 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2013

pdf

text

original

 
BAURAN PROMOSI(PROMOTIONAL MIX)
Dalam tulisan kali ini akan sedikit membahas secara ringkas mengenai promosi atau yangsering disingkat dengan promo yang sudah pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan dilakukannya kegiatan promosi perusahaan mengharapkan adanya peningkatanangka penjualan dan keuntungan.Mulai dari tukang sayur, tukang gorengan, tukang bakmi, tukang obat, dll sampai yang levelkakap seperti hipermarket, agen, showroom, factory outlet, departemen store, dsb seringmemberikan promo kepada para pelanggannya untuk mendapatkan loyalitas konsumen yangsudah ada serta mendapatkan konsumen baru.Beberapa contoh-contoh promosi / promo dalam keseharian kita :- Kirim 1 sms dapat 5 sms ke sesama operator- Beli satu bungkus cukuran kumis dapat satu gratis- Beli 3 barang Rp. 10.000,- beli satu barang Rp. 4.000,-- Diskon 70% untuk produk pakaian tertentu di department store- Beli paket fast food di sore hari dapat harga khusus- Pasang iklan di tv dan radio agar banyak orang tahu produk perusahaanA. Arti Definisi / Pengertian PromosiPromosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orangatau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barangatau jasa yang dipasarkannya.B. Tujuan Promosi1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.C. Promotional Mix / Bauran PromosiBauran promosi merupakan gabungan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatuproduk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yangmaksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yangmencakup bauran promosi sebagai berikut :
 
1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.Dinamisasi dunia pemasaran terhadap perkembangan zaman dan pola hidup manusia memangterus bersinergi. Banyak teori-teori dan strategi yang diusung dalam konsep pemasaranterus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Hal inilah yang menjadikan ilmu pemasaran(marketing) begitu menarik untuk selalu diikuti dan dipelajari. Bentuk-bentuk dinamisasipemasaran itu dapat terlihat misalnya pada konsep bauran pemasaran yang dulunya hanya 4P(price, promotion, place and product) kini berkembang menjadi 5P dengan ”P” terakhir adalahpeople. Bukti lain lagi inti pemasaran yang semula berorientasi pada produk (producer),kemudian bergeser menjadi orientasi penjualan (seller), pemasaran (marketer), sepesialis(specialist) dan terakhir berorientasi pada pelayanan (service-provider), (kartajaya,2002:25), bahkan kini sudah berorientasi pada keloyalan (loyalti). Begitu juga denganstrategi bauran promosi, awalanya hanya mengenal empat dimensi yaitu advertising (iklan),personal selling (tatap muka), sales promotion (promosi penjualan) dan publicity (publisitas),realitanya saat ini ditambah lagi 2 dimensi yaitu internet marketing dan direct marketing.Pada kesempatan kali ini fokus akan coba diarahkan pada bagaiman konsep bauran promositadi juga berdinamisasi dengan perkembangan zaman, yang terdiri dari advertising (iklan),personal selling (tatap muka), sales promotion (promosi penjualan), publicity (publisitas),internet marketing dan direct marketing.
Advertising (iklan),
iklan merupakan media promosi yang paling banyak digunakan olehpemasar sebab memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklanuntuk diingat dalam waktu singkat. Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain iklancetak,elektronik, film, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya.
Personal selling (tatap muka),
komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untukmemeprkenalkan suatu produk. Contohnya penjulan dengan jasa sales, penjulan lewat toko,pasar malam, persentasi penjualan.
Sales promotion (promosi penjualan),
adalah bentuk persuasif secara langsung melaluipenggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengansegera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Contohnya dengan adanyaundian berhadiah, diskon, sampel produk,coba gratis, hadiah bagi langganan, pengembalianuang dan sebagainya
Publicity (publisitas),
 yaitu bentuk penyajian, promosi, penyebaran ide, barang dan jasa yangdilakukan oleh pihak atau organisasi lain yang bukan produsen dari produk tersebut (promosisecara cuma-cuma). Contohnya bisnis atau produk yang diiklankan oleh majalah atau televisikarena kelebihannya (semisal wisata kuliner), acara seminar, pidato dan sebagainya.
Internet marketing (pemasaran lewat internet),
berbeda dengan bauran promosi lainnyapada internet marketing terdapat diversifikasi dengan adanya fungsi-fungsi sepertipenerima, adanya informasi dan gambar, berbagai pertanyaan, respon terhadap pertanyaan
 
atau keluhan, dan terakhir mampu melaksankan transaksi pembelian. Banyak perusahaanmempunyai website pribadi, yang dimana website tersebut juga berfungsi untukmempromosikan dan menjual produknya secara online. Dengan adanya internet marketing iniperusahaan dapat melakukan promosi keseluruh dunia dan produk mereka pun dapat dibelioleh setiap orang dimanapun mereka berada. Contohnya adalah toko buku amazon.com.
Direct marketing (pemasaran langsung),
sistem pemasaran yanng bersifat interaktif, yangmemanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang yang terukurdan atau transaksi di sembarang lokasi. Caranya bisa lewat datang langsung ke konsumen,lewat telepon, pos dan sebagainya.Pada implementasinya setiap perusahaan yang ada tidak hanya fokus menggunakan satu ataudua dimensi bauran promosi saja, akan tetapi mereka selalu menggunakan kombinasi darisemua dimensi bauran promosi yang ada. Hal ini mengindikasikan bahwa antara satu dimensibauran promosi dengan yang lainnya saling mendukung dan menyempurnakan. Maka janganheran ketika kita menjumpai fakta bahwa budget perusahaan untuk berpromosi jumlahnyabegitu besar bahkan mencapai milyaran rupiah.
Bauran PemasaranKotler (2000)
mendefinisikan bawa bauran pemasaran adalah
kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran 
. Menurut
Marius P. Angipora (1999)
marketing mix adalah
perangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Menurut
Fandy Tjiptono (2004)
, bauran pemasaran merupakan
seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
Jerome Mc-Carthy (2004)
merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 komponen P (Product,Price, Promotion dan Place) yang antara lain :
1. Produk (Products).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melaluipemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yangberujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensialuntuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkanke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhikebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide
2. Harga (Price).
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga,struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagaikelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorangkonsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkauoleh konsumen.
3. Saluran Distribusi (Place).
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi parapelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang

Activity (205)

You've already reviewed this. Edit your review.
haidarTRV liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Anri Leander liked this
inurlina liked this
Zulhilmi Ilyas liked this
Steffi Tifani liked this
PrillyaRamadhan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->