Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Dasar Manajemen

Konsep Dasar Manajemen

Ratings: (0)|Views: 2,791 |Likes:
Published by nurrahmah_fitri4624

More info:

Published by: nurrahmah_fitri4624 on Mar 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
Konsep Dasar Manajemen
y
 
View 
y
 
cl
i
cks
 Po
st
ed Mar 
ch
24
th,
2008 by niena_fun
y
 
T
uga
s
Ku
l
ia
h
Lainnya Pengan
t
ar manajemenAd.1. Peren
c
anaan (P
l
anning)Se
c
ara
s
eder 
h
ana peren
c
anaan dapa
t
dirumu
sk 
an
s
ebagai penen
t
uan
s
erang
aian
t
inda
an un
t
u
 men
c
apai
s
e
s
ua
t
u
h
a
s
i
l
yang diingin
an.
T
e
t
api bia
s
anya
s
e
c
ara
l
ebi
h
de
t
ai
l
peren
c
anaandirumu
sk 
an
s
ebagai pene
t
apan a
t
au penyu
s
unan
l
ang
a
h-l
ang
a
h
 
s
ebagai jawaban a
t
a
s
  per 
t
anyaan
-
 per 
t
anyaan beri
u
t:
apa yang
h
aru
s
di
c
apai
,
bi
l
amana
h
a
l
 
t
er 
s
ebu
t
 
h
aru
s
di
c
apai
,
 dimana
h
a
l
i
t
u
h
aru
s
di
c
apai
,
bagaimana
h
a
l
i
t
u
h
aru
s
di
c
apai
,
 
s
iapa yang ber 
t
anggung jawab a
t
a
s
  pen
c
apaian
t
ujuan
,
dan mengapa
s
e
s
ua
t
u
h
a
l
 
h
aru
s
di
c
apai.Di da
l
am ba
h
a
s
a Inggri
s
peren
c
anaan (p
l
anning) dirumu
sk 
an
s
ebagai
t
inda
an yang
h
aru
s
 di
l
a
u
an da
l
am menjawab 6 bua
h
per 
t
anyaan yang
l
azim di
ena
l
 
s
ebagai 5 W + 1 H
,
yai
t
u
:
 a.
T
inda
an apa yang
h
aru
s
di
erja
an (WHA
T
) b. Apa
a
h
 
s
ebabnya
t
inda
an i
t
u di
erja
an (WHY)
c
. Dimana
a
h
 
t
inda
an i
t
u a
an di
l
a
u
an (WHERE)d. Bi
l
amana
t
inda
an i
t
u di
erja
an (WHEN)e. Siapa yang a
an mengerja
an
t
inda
an i
t
u (WHO)f. Bagaimana pe
l
a
ks
anaannya (HOW)Dari
s
eren
t
e
t
an per 
t
anyaan
t
er 
s
ebu
t
di a
t
a
s,
dua ma
s
a
l
a
h
po
o
ada
l
a
h
µW
h
a
yangmemper 
s
oa
lk 
an
t
ujuan yang
h
enda
di
c
apai dan µHow
yai
t
u bagaimana me
t
ode a
t
au
c
ara un
t
u
 men
c
 pai
t
ujuan
t
er 
s
ebu
t
. Se
t
e
l
a
h
 
edua per 
t
anyaan ini
t
erjawab
,
ma
a baru
l
a
h
di
t
eru
sk 
an dengan
t
inda
an
-t
inda
an yang
l
ain.
KONSEP DASAR MANAJEMEN 
KONSEP DASAR MANAJEMEN
 A. Pengertian :Dilihat dari asal katanya, kata manajemen atau management dalam Bahasa Inggris berasal dari kataItalia, maneggiare yang kurang lebih berarti menangani atau to handle. Dalam bahasa latin ada katayang punya pengertian hampir sama yakni manus yang artinya tangan atau menangani.Sementara berbicara tentang definisi, layaknya istilah-istilah lain dalam kajian Ilmu Sosial, Manajemen juga memiliki sejumlah definisi yang diberikan para ahli. Disini hanya akan dikemukakan satu definisiyang diungkapkan oleh GR Terry sebagai berikut:
 
Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan: Perencanaan,Pengorganisasian, Penggiatan dan Pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapaisasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumberlainnya.Pengertian lain manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasimelalui serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalianorang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.3 faktor yang terlibat dalam proses penyelesaian:1.Adanya penggunaan sumber daya organisasi (SDM, SDA, SDD, SDI)2.Adanya proses yang bertahap (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian)3.Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaanPeran Manajer Dalam Organisasi: Efektif dan EfisienManajemen diperlukan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Efektif menurutPeter F. Drucker adalah mengerjakan pekerjaan yang benar. Sedangkan Efisien adalah mengerjakanpekerjaan dengan benar.Agar manajemen yang dilakukan mengarah kepada kegiatan bisnis secara efektif dan efisien, makamanajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi fungsinya/dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen(fungsi perencanaan, pengorganisasian pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan).Disamping pengertian dan definisi manajemen yang sudah diuraikan tadi, McFarland, 1979 jugamengemukakan empat pengertian manajemen yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:1.proses-proses pengorganisasian; yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penggiatan danpengevaluasian.2.Kata manajemen juga berarti karir atau jabatan3.Kata manajemen juga dapat berarti kelompok orang yang bertanggungjawab dalam menjalankansebuah organisasi.4.Kata manajemen juga dapat merupakan sebuah ilmu atau seni untuk mengatur orang lainSelanjutnya Harbison dan Myers menggolongkan manajemen itu menjadi tiga tipe, yaitu:1.Patrimonial ManagementTerdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukan yangpenting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.2.Political ManagementSuatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegangoleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partaipolitik tertentu.3.Profesional ManagementKedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akankecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasilyang mereka berikan kepada perusahaan.
 
 B. Fungsi-fungsi Dasar ManajemenPada intinya fungsi-fungsi manajemen meliputi fungsi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Namundalam pelaksanaannya fungsi-fungsi dasar tersebut bisa dikembangkan secara fleksibel sesuaikebutuhan organisasi.Berikut adalah fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Dessler, 1996:1.Planning. Meliputi penentuan tujuan, tindakan, pengembangan aturan dan prosedur-prosedur,pengembangan rencana dan melakukan prediksi.2.Organizing. Meliputi pemberian tugas, bagian-bagian, pendelegasian wewenang, mengkoordinirpekerjaan3.Staffing, meliputi rekruitmen karyawan, pelatihan dan pengembangan4.Leading, mencakup pemberian perintah, menjaga motivasi dan semangat kerja karyawan5.Controlling, menentukan standar, melakukan perbaikan bila diperlukan.Fungsi-fungsi manajemen diperlukan agar keseluruhan sumber daya organisasi dapat dikelola dandipergunakan secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.Kegiatan-kegiatan dalam fungsi Manajemen1. Fungsi Perencanaan (Planning)1.Menetapkan tujuan dan target bisnis2.Merumusakan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut3.Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan4.Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)1.Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yangdiperlukan2.Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab3. Kegiatan penempatan SDM pada posisi yang tepat.3. Fungsi Pengimplementasian (Directing)1.Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenagakerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan2.Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan3. Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.4. Fungsi Pengawasan (Controlling)Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yangtelah ditetapkanMengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukanMelakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dantarget bisnis.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->