Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
113Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Kewarisan Masyarakat Adat Jawa

Sistem Kewarisan Masyarakat Adat Jawa

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 25,482|Likes:
Published by Muhammad Saifudin
Mengetahui sistem kekerabatan dalam hal kewarisan merupakan sesuatu yang sangat urgen. Karena pembagian warisan dalam masyarakat adat sangat bergantung pada sistem kekerabatan ini.
Mengetahui sistem kekerabatan dalam hal kewarisan merupakan sesuatu yang sangat urgen. Karena pembagian warisan dalam masyarakat adat sangat bergantung pada sistem kekerabatan ini.

More info:

Published by: Muhammad Saifudin on Mar 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakanmasyarakat yang bertempat tinggal di pedesaan yang masihmemegang tradisi lokal yang kuat. Setiap anggota masyarakat dipedesaan pada umumnya sangat menghormati adat istiadatyang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun.Bahkan adat istiadat merupakan dasar utama hubungan antarpersonal atau kelompok.
1
Adat-istiadat atau kebiasaan masyarakat tersebutkemudian berkembang menjadi hukum adat dimana harusdipatuhi oleh segenap anggota masyarakat. Hukum adat dalammasyarakat adat, masih dianggap sebagai aturan hidup untukmencapai kedamaian dalam masyarakat.
2
Akan tetapi, sebagaihukum yang hidup
(living law),
hukum adat tidak selamanyamemberi rasa adil kepada masyarakatnya. Hal itu dikarenakan,pemberlakuan hukum adat dipaksakan oleh penguasa adat dankelompok sosialnya.
3
Hukum adat juga tidak bisa dipisahkan dengan agama.Meskipun merupakan hal yang masing-masing berdiri sendiri,hukum adat dan agama yang dalam hal ini adalah hukum Islam,mempunyai hubungan yang sangat erat. Hukum adatberasimilasi dengan hukum Islam atau hukum Islam yangditerapkan dalam masyarakat menjadi hukum adat.
1
Bahreint Sugihen,
Sosiologi Pedesaan (Suatu Pengantar).
 Jakarta: PTRajaGrafindo Persada. 2007. Hal. 26
2
Beni Ahmad Saebani,
Sosiologi Hukum.
Bandung: Pustaka Setia. 2007. Hal.156
3
 
Ibid.
hal. 155
 
Kepentingan sosial akan hukum dipengaruhi oleh ajaranagama yang dianut oleh masyarakat sehingga nilai-nilai yangterkandung dalam ajaran agama diterapkan dalam kehidupanmasyarakat yang kemudian berproses menjadi norma sosialyang mencitrakan moralitas masyarakatnya.
4
Sebagaicontohnya,
slametan
pada adat Jawa banyak dipengaruhi olehIslam dan didasarkan pada Al Qur’an dan Hadits.
5
Hal itu senada dengan teori
receptio in complexu
yangdicetuskan oleh LWC. Van Den Berg. Menurut teori tersebut,hukum pribumi harus mengikuti agama yang dipeluk olehmasyarakat. Oleh karena itu jika memeluk suatu agama, makaharus mengikuti hukum-hukum agama itu dengan sebenarnya.
6 
Dengan demikian, apabila masyarakat memeluk agama Islam,maka hukum-hukum lokal juga harus mengikuti agama Islamyang dipeluk oleh masyarakat.Namun pada perkembangan selanjutnya, teori tersebutberhasil dipatahkan oleh teori
receptie
yang diusung oleh SnouckHurgronje. Teori ini yang oleh Hazairin disebut sebagai ‘teoriiblis’,
7
sangat berlawanan dengan teori sebelumnya, dimanamenurut teori ini, sebenarnya yang berlaku di Indonesia adalahhukum adat asli meskipun ada pengaruh dari hukum Islam.
8 
Lebih lanjut teori ini menyebutkan bahwa hukum Islam barumempunyai kekuatan hukum jika sudah diterima oleh hukumadat dan produk hukum yang keluar berupa hukum adat.
9
 
4
 
Ibid.
hal. 153
5
Mark R. Woodward.
Islam Jawa: Kesalehan Normatif Versus Kebatinan.
 Yogyakarta: LKis. 2004. Hal. 136
6
Soekanto,
Meninjau Hukum Adat Indonesia: Suatu Pengantar UntuMempelajari Hukum Adat.
Cet. 3. Jakarta: Rajawali Pers. 1996. Hal. 53
7
Hazairin,
Hukum Kekeluargaan Nasional.
cet. 2. Jakarta: Tintamas. 1968. Hal.28.
8
Abdul Manan,
 Aneka Masalah Hukum Perdata Islam di Indonesia.
 Jakarta:Kencana. 2006. Hal. 297
9
 
Ibid,
hal. 298
2
 
Isi teori ini sangat menyimpang dari kenyataan yang adadalam masyarakat. Namun, penyimpangan tersebut memangdisengaja dengan tujuan untuk melemahkan pengaruh hukumIslam dan memberlakukan hukum adat secara utuh. Dengandemikian nasionalisme masyarakat Indonesia akan luntur, dansebaliknya kolonialisme akan semakin berkembang. Sehinggatidak heran jika setelah itu banyak teori-teori lain yangmenentang teori
receptie
ini, diantaranya teori
receptie exit,receptie a contrario,
dan teori eksistensi. Terlepas dari berbagai teori tersebut, adat istiadat yangkemudian menjadi hukum adat, bukanlah suatu regulasi yangtertulis seperti halnya undang-undang. Akan tetapi, hukumtersebut tidak pernah tertulis, meskipun memang ada beberapahukum adat yang sudah tertulis
, dan hidup ditengah-tengahmasyarakat sebagai kaidah atau norma.
Sebagai contoh adalahhukum waris adat.Waris yang merupakan sarana untuk melanjutkan suatukepemilikan harta benda, merupakan salah satu bentuk hukumadat yang sampai sekarang masih dipegang teguh, terutamaoleh masyarakat pedesaan. Mereka lebih memilih menyelesaikanperkara waris menggunakan hukum adat daripada hukumkonvensional, karena menganggap hukum waris adat lebih bisamemberikan keadilan bagi ahli waris.Di sinilah yang kemudian menjadi akar masalah. Negaratelah memberikan aturan baku dalam penyelesaian masalahwaris ini. Namun, masyarakat agaknya lebih tertarik kepadahukum adat masing-masing daerah. Memang, hukum adat pada
10
Contohnya adalah hukum Tawan Karang yang diterapkan di KerajaanBuleleng, Bali. Dalam hukum tersebut dengan jelas disebutkan bahwa kapalasing yang terdampar dan masuk wilayah perairan kerajaan Buleleng akanmenjadi hak kerajaan.
11
Soekanto,
Meninjau Hukum Adat Indonesia...
Hal. 61
3

Activity (113)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muchtar Sahromi liked this
Ayu Desinta liked this
Murden Dayen liked this
Dica Bucah liked this
Yusep Hadiansyah liked this
Irma Yuniar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->