Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
88Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah-peran Mahasiswa Dalam Demokrasi-reli

Makalah-peran Mahasiswa Dalam Demokrasi-reli

Ratings: (0)|Views: 4,259 |Likes:
Published by pocidogu

More info:

Published by: pocidogu on Mar 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Gerakan mahasiswa tumbuh subur ketika lembaga-lembaga politik yang adatidak mampu memainkan fungsi dan perannya secara optimal. Partai-partai politik, pihak eksekutif, legislative, yudikatif dan lain-lain di Indonesia belummampu menjalankan tugasnya secara maksimal sehingga proses-proses politik meluber ke jalanan.Pada saat transisi demokrasi yang disertai kemandulan lembaga-lembaga politik yang ada, masyarakat membutuhkan reartikulator aspirasi dan kepentinganmasyarakat. Harapan masyarakat biasanya tertumpu pada lembaga akademis(kampus) yang masih dianggap steril dan obyektif dalam memandang masalah.Harapan masyarakat ini bisa dijawab oleh mahasiswa yang mampu memainkan peran reartikulator aspirasi ini secara optimal ketika gerakannya terorganisir secara rapi dan masif.Mahasiswa merupakan bagian integral dari perguruan tinggi yang dikenalsebagai simbol intelektualitas, maka pengabdian kepada masyarakat sesuaikompetensi intelektualnya merupakan tanggungjawabnya secara moral dan secaraintelektual. Gerakan mahasiswa juga pada hakikatnya adalah gerakan intelektualkarena intelektualitas merupakan ciri khas yang inheren dalam diri mahasiswasebagai kelas menengah terdidik. Oleh karena itu pergerakan mahasiswa dituntutuntuk mampu menunjukkan kadar intelektualnya. Gerakan mahasiswa harusmenjadi gerakan ilmiah yang dibangun diatas basis rasionalitas yang tangguh.Gerakan mahasiswa bukanlah gerakan emosional yang dibangun diatasromantisme sejarah masa lalu sekaligus sarana penyaluran agresi gejolak muda.Partisipasi mahasiswa dalam gerakan merupakan respon spontan atas situasisocial yang tidak sehat, bukan atas ideology tertentu, melainkan atas nilai-nilaiideal.
 
2
 
Gerakan mahasiswa bersifat independen dari kelompok kepentingan tertentu,tetapi tidak menutup kemungkinan ada langkah bersama . ini bisa terjadi lantaransifat gerakan mahasiswa itu sendiri yang merupakan reartikulator aspirasi rakyatdan gerakan moral. Dalam perjuangannya gerakan mahasiswa hari inidituntutuntuk mampu mengembangkan jejaring dengan elemen manapun sebagai bagiandari membangun gerakan yang massif untuk kepentingan masyarakat.
1.2 Tujuan Penulisan
Dari latar belakang di atas tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang lengkap tentang pergerakan mahasiswa dalamdemokrasi.
1.3 Metode Penulisan
Metode penulisan dalam makalah ini adalah dengan menggunakan studi pustaka. Penulis mencari buku-buku yang terkait dengan judul makalah ini danmenambah referensi dengan melakukan pencarian melalui internet demikesempurnaan makalah ini.
 
3
 
BAB IIPEMBAHASANPERAN MAHASISWA DALAM DEMOKRASI
Demokrasi berasal dari kara demos dan kratos/katein yang berarti sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam sejarah panjang pemerintahan Indonesia selalu mengalami pasang surut dalam tatanan demokrasimulai dari pemerintahan orde lama, orde baru, dan kini orde reformasi. Dalam perubahan tatanan demokrasi di Indonesia selalu diwarnai dengan derap perjuangan pelajar dan mahasiswa. Pemuda, pelajar, dan mahasiswa secaranaluri selalu menjadi agen pengontron (agent of control) dan agen perubahan(agent of change) demokrasi yang mewarnai percaturan politik di Indonesia.Karena pentingnya peran mahasiswa dalam mengontrol demokrasi di Indonesia,tidak mengherankan jika pemerintah orde baru berupaya menekan pergerakanmahasiswa yang selalu mengkritisi pemerintah melalui berbagai usaha yang padaintinya membatasi pergerakan mahasiswa dalam bidang politik danmemposisikan pelajar dan mahasiswa duduk manis dalam organisasi intrakampus dengan peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Namun hal itu hanya bertahan dalam era orde baru hingga tahun 1998. Pada bulan mei tahun 1998mahasiswa kembali turun ke jalan menduduki gedung DPR, menggulingkan rezimorde baru dan menggulirkan orde reformasi. Sejak orde reformasi mahasiswakembali bebas mengekspresikan dirinya sebagai agen kontrol dan agen perubahan tatanan demokrasi hingga dihasilkan tatanan politik Indonesia pascareformasi yang lebih demokratis yang diakui oleh dunia internasional.Pemuda secara umum didefinisikan sebagai mahasiswa atau kaum terpelajar yang memiliki potensi besar dalam proses perubahan. Mahasiswa adalah sosok yang suka berkreasi, idealis dan memiliki keberanian serta menjadi inspirator dengan gagasan dan tuntutannya. Namun, format kehidupan mahasiswa saat ini,sedikit banyak telah terpengaruh oleh sistem kehidupan yang berlaku sekarang,yaitu sistem demokrasi kapitalis.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->