Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Degradasi Moral Remaja Merupakan Salah Satu Masalah Sosial Yang Sering Terjadi Di Masyarakat

Degradasi Moral Remaja Merupakan Salah Satu Masalah Sosial Yang Sering Terjadi Di Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 2,802 |Likes:
Published by cong2
a
a

More info:

Published by: cong2 on Mar 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
Degradasi moral remaja
 
merupakan salah satu masalah sosial yangsering terjadi di masyarakat .Terlalu sibuknya pemerintah dengan berbagaimasalah Politik dan Ekonomi yang terjadi dalam negeri membuat pemerintahmengesampingkan masalah degradasi moral remaja yang hanya menjadi bagiankecil dari masalah sosial.Akibat kelalaian dan kurangnya perhatian pemerintahterhadap masalah degradasi moral remaja, sekarang moral remaja mengalamitingkat degradasi yang tinggi.Peningkatan tingkat degradasi moral remajadisebabkan oleh berbagai faktor,seperti pergaulan bebas,proses sosialisasi yangkurang sempurna,pengaruh budaya barat, kurangnya pengawasan dan perhatianorang tua,dan tingkat pendidikan yang rendah.Degradasi moral remaja merupakan suatu keprihatinan yang sangat mendalambagi suatu bangsa. Dimana tulang punggung bangsa rapuh karena termakanoleh hancurnya moral. Sedangkan moral adalah cerminan hidup bagi penegakbangsa. Pemuda adalah harapan bangsa, di pundak merekalah masa depanbangsa dipertaruhkan. Jika pemudanya hancur,maka hancurlah bangsa tersebut.Sering kita terlena akan timbulnya hal-hal kecil yang dapat menyebabkan bangsaini hancur. Keluar masuknya budaya asing pada suatu bangsa menjadikanbudaya sebelumnya ter gantikan,dan terabaikan,sehingga budaya baru itumembuat anak bangsa tidak mau lagi mengenal akan budaya lama danmenjadikan budaya baru sebagai pedoman hidupnya.Di zaman yang serba modern ini,anak-anak semakin lupa terhadap apa yangharus di lakukan sebagai penerus bangsa,kewajiban seorang murid untukbelajar,patuh kepada guru terlebih lagi kepada kedua orang tua kurangdiperhatikan. Pemuda-pemuda di zaman sekarang lebih mendahulukan berhura-hura daripada menjalankan kewajiban. Mereka tidak lagi mempertimbangkanapa yang akan terjadi setelah apa yang mereka lakukan. Padahal,selainmerugikan diri mereka sendiri juga dapat merugikan bangsa tempat dimanamereka tinggali. Hal inilah yang paling ditakuti,dimana moral bangsa terabaikan.Banyak orang tua kurang memperhatikan kehidupan buah hatinya. Mereka
 
cenderung memenuhi kebutuhan fisik saja, sedangkan rohani merekaterabaikan. Para orang tua sering sibuk dengan profesi mereka masing-masing.Sementara sang anak dipercayakan kepada orang yang kurang berwenangterhadap dirinya. Dan itulah yang menyebabkan sang anak hidup dengan jalanmereka sendiri dengan tanpa arah. Mereka tidak menyadari yang merekalakukan adalah awal dari mulai hancurnya bangsa ini.Yang mereka tahuhanyalah mencari kesenangan untuk menghibur hatinya dengan tidakmempedullikan halal haramnya. Sedangkan orang tua mereka tidak mengetehuisama sekali. Jika kebanyakan orang tua demikian,maka nasib bangsa menjaditaruhannya. Jika moral bnagsa telah tercemar maka tiadalah damai untukditempati sebagai sarana kelangsumgan hidup warganya.Dengan demikianperan serta orang tua sangatlah penting dalam pengawasan pertumbuhan moralbangsa melalui generasinya. Lingkungan tempat hidup regenerasi juga sangatmempengaruhi berlangsungnya proses sosialisasi dan interaksi sesama hidupyang kedepannya menentukan.
HANCURNYA MORAL REMAJA
1.Kurangnya perhatian terhadap Degradasi Moral Remaja
Kondisi suatu bangsa dicerminkan oleh keadaan moral para pemudanya. Moralpara pemuda yang hancur tidak mungkin dapat membangun bangsanya.Untuk itu,moral para pemuda sekarang sangatlah perlu untuk dibenahi dandiperbaiki.Terlalu sibuknya pemerintah dengan berbagai masalahEkonomi,Politik dan Sosial,seperti kenaikan BBM,SEMBAKO,MARAKNYAKASUS KORUPSI,KECELAKAAN LALU LINTAS,DAN BENCANAALAM,membuat pemerintah mengesampingkan masalah mengenaidegradasi moral remaja,sehingga moral para remaja mengalami tingkatdegradasi yang tinggi.
 
Era globalisasi telah membuat kehidupan mengalami perubahan yangsignifikan, bahkan terjadi degradasi moral dan sosial budaya yangcenderung kepada pola-pola perilakumenyimpang.Hal ini sebagai dampak pengadopsian budaya luar secara berlebihandan tak terkendali oleh sebagian remaja kita. Persepsi budaya luar ditelanmentah-mentah tanpa mengenal lebih jauh nilai-nilai budaya luar secara arif dan bertanggung jawab. Tak dimungkiri pula, kehadiran teknologi yangserba digital dewasa ini banyak menjebak remaja kita untuk mengikutiperubahan ini. Hal ini perlu didukung dan disikapi positif mengingatkemampuan memahami pengetahuan dan teknologi adalah kebutuhanmasa kini yang tidak bisa terelakkan. Namun, filterisasi atas merebaknyainformasi dan teknologi super canggih melalui berbagai media komunikasiseringkali terlepas dari kontrol kita. Pola perilaku budaya luar (baca:pengaruh era global), sering kali dianggap sebagai simbol kemajuan danmendapat dukungan berarti di kalangan remaja. Kemajuan informasi danteknologi telah membawa ke arah perubahan konsep hidup dan perilakusosial. Pengenalan dan penerimaan informasi dan teknologi tumbuh pesatbahkan menjadi kebutuhan hidup.Kita mesti prihatin, sekaligus menaruh perhatian lebih bila mengamatidan menjumpai sebagian dari remaja kita makin gandrung menikmati danmenghabiskan masa remajanya dengan kegiatan yang kurang berfaedahbahkan sama sekali tak berguna demi masa depannya. Sungguh ironis, kaladaya tarik pendidikan dan pengetahuan yang mestinya wajib didapatkanoleh para remaja, malah justru menjadi momok yang menakutkan danmemicu kebencian.
 Sebab-sebab terjadinya Degradasi moral remaja

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ona Nuliyanti liked this
Fredy Nay liked this
Oki Monita ONit liked this
Mahara Lysna liked this
Vizty Melyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->