Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
20 Bab 18 Pesawat Sederhana

20 Bab 18 Pesawat Sederhana

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,800 |Likes:
Published by Mutiara Fauzia

More info:

Published by: Mutiara Fauzia on Mar 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

 
PESAWAT SEDERHANA
BAB
18
Tentu. Eh, kita kanbisa memakai bidang miring untuk memu-dahkan kita memindah-kan benda ke tempat  yang lebih tinggi. Bidang miring? Apa itu? Asyik. Berarti setelah mempelajaribab ini kita akanmemahami prinsipkerja pesawat  sederhana. Bidang miring termasuk pesawat  sederhana yang memu-dahkan pekerjaan kita. Hari ini kita akanmempelajari pesawat  sederhana,
lho
. Benar, kitaakan belajar tentang tuas, katrol,bidang miring, sertaroda dan poros.Tomi, maukah kamumembantuku mengangkat drum ini? Aku harusmemindahkannya ke tempat  yang lebih tinggi.
 
216
 Ilmu Pengetahuan Alam VIII  Pesawat Sederhana
P
erhatikan gambar di atas! Pada gambar tampak seseorang sedang membuka tutup botol. Untuk membuka tutup botol tersebut, ia menggunakan sebuah alat pembuka tutup botol. Pembukatutup botol termasuk pesawat sederhana yang sering digunakan sehari-hari. Mengapa orang tersebutmenggunakan alat untuk membuka tutup botol? Dapatkah dia dengan mudah membuka tutup botoldengan jarinya? Apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana? Pelajari materi berikut dengansaksama!
Kata kunci:
 pesawat sederhana – tuas – katrol – bidang miring – titik tumpu – kuasa – beban – lengan kuasa – lengan beban – keuntungan mekanis – roda dan poros
Gambar 18.1
Pembuka tutup botol merupakan pesawat sederhana yang sering kita gunakan
A.Pengertian Pesawat Sederhana
Gambar 18.1 di atas memperlihatkan seseorang yang sedang membukatutup botol dengan menggunakan pembuka tutup botol. Pada penjelasan di atasdisebutkan bahwa pembuka tutup botol termasuk pesawat sederhana. Untuk lebihmemahami tentang pesawat sederhana, simaklah percakapan berikut!Untuk melaksanakan program penghijauan, siswa SMP Citra menanambeberapa tanaman di lingkungan sekolah. Setiap kelas menyiapkan alat-alat seperticetok dan gunting rumput. Simaklah percakapan berikut!
Gerbang
Gambar seseorang membuka tutup botol dengan pembuka tutup botol,
focus on pembuka tutup botol
(
mbok modele aja bambang terus, bosengeto loh, ganti liyane sing durung metu, pemerataan bo)
 
   D  o   k .   P  e  n  e  r   b   i   t
 Nina, mengapakamu mencabutirumput menggu-nakan tangan?Sebaiknyakamu gunakan gunting pemo-tong rumput. Iya, ya. Tangankita tidak terasa sakit dan lebihmudah. Lalu apa yang harusaku guna-kan, Budi?
 
217
 Ilmu Pengetahuan Alam VIII  Pesawat Sederhana
Dari percakapan di atas, dapat kita ketahui bahwa Ninamengalami kesulitan saat memotong rumput dengan menggunakantangan. Namun, ketika Nina menggunakan gunting pemotongrumput, pekerjaannya menjadi lebih mudah dilakukan. Pekerjaanyang sulit dilakukan akan lebih ringan dengan menggunakan alatbantu.Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering menggunakanalat bantu untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan. Alat-alat yang digunakan manusia untuk mempermudah dalammelakukan kerja atau usaha disebutpesawat. Sebuah pesawatberfungsi untuk memperbesar gaya atau usaha. Alat pembukatutup botol, gunting rumput, komputer, dan mobil merupakanbeberapa contoh pesawat. Selain digunakan untuk memperbesar gaya, manusia juga menggunakan pesawat untuk mengubah energi, memindahkan energi,memperbesar kecepatan, dan mengubah arah benda.Pesawat ada dua macam, yaitu pesawat sederhana dan pesawat rumit.Pesawat sederhanamerupakan peralatan yang dibuat sangat praktis dan mudahdigunakan. Pembuka tutup botol, gunting, resleting, dan tang merupakan beberapacontoh pesawat sederhana.Pesawat rumitterdiri atas beberapa pesawatsederhana. Contoh pesawat rumit antara lain komputer, mobil, dan sepeda.
B.Jenis-jenis Pesawat Sederhana
Pesawat sederhana ada beberapa jenis. Tuas atau pengungkit, katrol, bidangmiring, serta roda dan poros merupakan beberapa jenis pesawat sederhana yangsering digunakan sehari-hari. Berikut ini akan kita pelajari satu per satu.
1.Tuas atau Pengungkit
Tuas atau pengungkitmerupakan pesawat sederhana yang sudah tidakasing lagi bagi kita. Tuas telah digunakan oleh manusia untuk mempermudahpekerjaannya sejak zaman prasejarah. Tuas biasa digunakan untukmempermudah mengungkit atau memindahkan beban dengan caramemperbesar gaya yang diberikan. Tuas terdiri atas sebuah batang yangberputar pada sebuah titik tetap yang disebuttitik tumpu. Contoh tuas yangpaling sederhana adalah sebuah tongkat. Prinsip kerja tuas dapat kamupahami dengan menyimak contoh berikut.Perhatikan gambar 18.3 di samping! Pada gambar tampakseseorang sedang berusaha mengangkat sebongkah batu besar dengan menggunakan tongkat kayu dan sebuah balok kayu. Orangtersebut meletakkan salah satu ujung tongkat kayu di bawah batukemudian meletakkan balok kayu di bawah tongkat kayu. Tongkatkayu tersebut berfungsi sebagai pengungkit dan balok kayu berfungsisebagai titik tumpu.Orang tersebut kemudian menekan ujung tongkat kayu yangpaling jauh dari batu. Tekanan yang diberikan akan menyebabkantongkat kayu bergerak. Pergerakan ujung tongkat kayu yang ditekanmenyebabkan pergerakan kecil pada ujung tongkat kayu yang dekat
Gambar 18.2
Komputer merupakan pesawatrumit yang mempermudah pekerjaan manusia
PesawatSederhana
Gambar 18.3
Tongkat kayudapat digunakan sebagai tuasuntuk mengangkat batu
Tuas
   D  o   k .   P  e  n  e  r   b   i   t

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Peppy Lisa Nidya added this note
kereennnnnn
Peppy Lisa Nidya added this note
woooo
tantanuin liked this
Dwi Iswara liked this
Peppy Lisa Nidya liked this
Adee Nurhayati liked this
Ramdhan Fahrony liked this
Alya Adani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->