Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
76Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Praktikum Kimia - ESTERIFIKASI

Praktikum Kimia - ESTERIFIKASI

Ratings: (0)|Views: 4,898 |Likes:
Published by Agus Dian Pratama
Praktikum Kimia - ESTERIFIKASI
Praktikum Kimia - ESTERIFIKASI

More info:

Published by: Agus Dian Pratama on Mar 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
ESTERIFIKASI
Tujuan Percobaan
1.Untuk mempengaruhi variable-variabel yang berpengaruh pada percobaan esterifikasi2.Untuk menghitung harga konstanta kecepatan reaksi (k) dan konstanta kesetimbanganreaksi (K)3.Dapat mengetahui peranan reaksi esterifikasi di Industri.
 Manfaat Percobaan
Dengan melakukan percobaan esterifikasi mahasiswa diharapkan dapat1.Mahasiswa dapat mengetahui variable-variable yang berpengaruh pada percobaanesterifikasi2.Mahasiswa mampu menghitung harga konstanta kecepatan reaksi (k) dan konstantakesetimbangan reaksi (K)
 Latar Belakang percobaan
Esterifikasi adalah salah satu jenis reaksi dimana reaksi tersebut untuk menghasilkan ester.Ester merupakan sebuah hidrokarbon yang diturunkan dari asam karboksilat. Sebuah asamkarboksilat mengandung gugus -COOH, dan pada sebuah ester hidrogendi gugus inidigantikan oleh sebuah gugus hidrokarbondari beberapa jenis. Ester dapat dihasilkan dengancara mereaksikan antara sebuah alcohol dengan asam karboksilat yang dapat dituliskansebagai berikutPentingnya kita melaksanakan praktikum esterifikasi didasarkan pada sifat-sifat reaksiesterifikasi yang khas yaitu sifat reaksi yang reversible/dapat balik, bersifat sangat lambat.Hal-hal inilah yang nantinya akan kita jadikan variable percobaan untuk mengetahui bagaimana pembentukan ester yang optimal.Aplikasi pembentukan ester sangatlah banyak di industry. Misalkan dalam proses dasar saat pembuatan plastic, senyawa aroamatik dan lain-lain. Oleh karena itu ita perlu untumempelajari reaksi esterifikasi dalam skala laboratorium dan mengetahui aplikasinya diIndustri.
 
EsterifikasiMacam-macam reaksi esterifikasi yaitu antara lain
Reaksi antara asam karboksilat dengan suatu alcohol
Reaksi antara asil klorida dengan alcohol atau fenol
Reaksi antara suatu anhidrida asam dengan fenolYang nantinya akan kita pelajari adalah reaksi antara asam karboksilat dengan alcohol.Dengan mekanisme reaksi sebagai berikut1.Oksigen karbonik diprotonisasi2.Alkohol nukleofilik menyerang karbon positif 3.Eliminasi air menghasilkan esteVariabel yang berpengaruh adalah1. SuhuHal ini dikarenakan sifat dari reaksi yang eksotermis dan suhu dapat mempengaruhi hargakonstanta kecepatan reaksi2. Perbandingan zat pereaksiDikarenakan sifatnya reversible maka salah satu pereaktan harus dibuat berlebih agar optimaldalam pembentukan produk ester yang ingin dihasilkan3. PencampuranDengan adanya pengadukan saat pencampuran maka molekul-molekul pereaktan dapatmengalami tumbukan yang lebih sering sehingga reaksi dapat berjalan lebih optimal4. KatalisSifat reaksi esterifikasi yang lambat membutuhkan katalis agar berjalan lebih cepat

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kelvin Hendiko liked this
makaqlali liked this
Ariesta Pratiwi liked this
Irwan Nur Rizqi liked this
Sarmedi Sitorus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->