Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
101Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KOMPILASI TEORI BELAJAR

KOMPILASI TEORI BELAJAR

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 4,525 |Likes:
Published by puspacpus

More info:

Published by: puspacpus on Apr 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
c-puspa’s document
TEORI-TEORI BELAJAR
A.TEORI BELAJAR KLASIK 
 Teori belajar klasik didasarkan pada pemikiran para filosifis yangbersifat subyektif:
1.Teori disiplin mental / psikologi fakultas / psikologi unsur
Belajar melalui instropeksi otak mns terdiri atas bagian-bagian yangmemiliki tugas berbeda (Berpikir, meraba, fantasi, perasaan, kehendak) jiwamns terdiri dari unsur-unsur tertentu dan unsur-unsur tersebut disebutdengan daya-daya jiwa. Orang akan dapat belajar jika mentalnya dilatihdengan keras terutama daya nalarnya dan selanjutnya belajar identik denganmengasah otak.Pandangan klasik : Orang pintar adalah orang yang menguasai ilmupasti (logis matematik dan logis bahasa).
2. Teori Humanisme klasik (Maslow)/ Naturalisme (J.J. Rosseou danPestalzzi.)
MaslowIa mengumpulkan biografi orang-orang terkenal dari berbagai bidang.Semua orang yang normal berpotensi untuk menjadi orang hebat.Manusia sebagai satu kepribadian yang utuh jiwa manusia ada tigaaspek, antara lain : Afeksi, Kognitif, Psikomotor.
 J.J. Rosseou dan Pestalzzi Anak pada waktu dilahirkan adalah baik, jika anak itu menjadi rusak itukarena pengaruh dari lingkungan disekitar anak tersebut. Karena pada masaitu moral manusia pada level yang terpuruk.Belajar : Biarlah anak tumbuh kembang secara alamiah, jangan diapa-apakan, freedom to learn : biarlah anak belajar dengan bebas karena orangdapat mengaktualisasi dirinya jika orang tersebut tidak diganggu.
3.Teori Apersepsi dan teori Tabularasa / Impirisme
Otak manusia seperti wadah yang siap mengkopi (Diisi) denganapa saja dan pengetahuan yang telah masuk tersebut disebutApersepsiTeori tabularasa / Empirisme oleh Jhon Lock Anak bagaikankertas kosong yang siap ditulis oleh pendidik dan lingkungan yangmempunyai pengaruh terhadap anak itu nantinya”.
M. David Merril (Kognitif)Pelajaran diklasifikasikan menjadi 4, antara lain :1. Fakta
1
 
c-puspa’s document
2. Konsep3. Prosedur4. PrinsipTingkatan yang paling tinggi adalah menemukan prinsip. Tingkatan yang paling rendah adalah mengingat fakta.Menemukan konsep : Memberikan nama baru untuk barang yangditemukan.
Mengingat prosedur : Langkah-lamgkah melakukan sesuatu,misal : cara merebus mie instant.
Menggunakan prosedur : Melaksanakan perintah dalammengingat prosedur.
Mengingat prinsip : Menulis lagi apa yang telah diperoleh,missal : menulis hokum Gosen, teori Konvergensi.
Menggunakan prinsip : Menggunakan hokum, rumus, dalil untukmenyelesaikan masalah.
Penemu prinsip : Ilmuwan yang berhasil menemukan dalil yangsampai pada hasil yang generalisasi untuk umum.Belajar pemahaman konsep dengan menggunakan dua cara,antara lain :
Pendekatan Deduktif (khusus-umum)
Pendekatan Induktif (umum-khusus)
 Joseph M. Scandura (Teori Belajar Prosedural)
Pengalaman tersusun secara hierarkis.
 Jika mengumpul keatas disebut vertical (vertical dan piramida).
 Jika sejajar maka horizontal
Pengetahuan Deklaratif : Bercerita, harus menggunakan urutansebab akibat, kronologis.Setiap isi pelajaran sebelum diajarkan harus diketahui apakahtermasuk fakta, prinsip, konsep.Algoritmik : segala sesuatu ada prosedurnya.Pengetahuan Prosedural : Jika dipraktekkan oleh siswa dan berhasiltanpamengalami kegagalan.Keterangan intelektual menurut GagneDiskriminasi, konsep, kongkrit, konsep terdefinisi, kaidah atauaturan, aturan tingkat lebih lanjut. Jika mencapai level tertinggi makadikatakan sebagai kesiapan untuk memecahkan suatu masalah.
Lev N. LandaTeori Belajar Pembelajaran
2
 
US UR
makanan
 
anjing berliur 
stimulus netral tidak ada responB
el anjing tidak berliur 
c-puspa’s document
Teori belajar hampir selalu bersifat deskriptif karena selaluberbicara apa yang terjadi jika sesuatu dilakukan. Apabila akan belajardisuatu kelas yang begini maka lakukan hal ini jika ingin hasilnya baik(Prespektif)Heuristik : Siswa menemukan sendiri cara penyelesaian belajar ataumasalah.Algoheuristik : Menemukan sendiri cara penyelesaian dalam suatumasalah dengan procedural srtinya diarahkan oleh guru dalampemecahan suatu masalah.
Charles M. Reigeluth dan Faith S. Stein Tiga aliran utama dalam teori belajar, antara lain :1. Behaviorisme2. Kognitiv3. Naturalisme
B.TEORI BELAJAR BEHAVIOURISTIK 
Menurut teori behavioristik belajar adalah perubahan tingkah lakusebagai hasil dari pengalaman (Gage, Berliner, 1984: 252). Belajar merupakanakibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin, 2000:143).Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkanperubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalahinput yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
1.Teori Belajar Classical Conditioning
 Teori belajar Classical Conditioning (pengkondisian klasik) dikemukakan oleh seorang psikolog Rusia bernama Ivan Pavlov (1849-1936).Pengkondisian klasik adalah tipe pembelajaran dimana suatu organismebelajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimuli. Dalam hal ini stimulinetral diasosiasian dengan stimulus yang bermakna dan menimbulkankapasitas untuk mengeluarkan respon yang sama. Tedapat dua tipe stimulidan dua tipe respon, yaitu:
unconditioned stimulus
(US),
unconditioned response
(UR),
conditioned stimulus
(CS), dan
conditioned response
(CR).Pavlov melakukan penelitian mengenai pengkondisian klasikal denganmenggunakan anjingnya dan diasosiasikan dengan bel.Saat sebelum pengkondisian:
3

Activity (101)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riyanti Azza liked this
Yunita Nita liked this
Rita Patriasih liked this
Aulannisa Leona liked this
Ummu Hanie liked this
Hendry Lukas liked this
Wiyana Yana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->