Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
67Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cuaca Dan Iklim

Cuaca Dan Iklim

Ratings: (0)|Views: 7,088 |Likes:
Published by Agus Dian Pratama

More info:

Published by: Agus Dian Pratama on Apr 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
CUACA DAN IKLIM
Udara merupakan benda yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak dapat dirasakan, dan tidak dapat pula diraba, kecuali jika bergerak sebagai angin. Udara mudah bergerak, dapat ditekan,dapat berkembang, dan dapat pula menghasilkan gelombang yang bertekanan sertamerupakan benda yang transparan dalam beberapa bentuk radiasi.Udara memberi tahanan jika ada benda yang melewatinya. Misalnya, jika suatu meteormasuk ke bagian atsmosfer maka terjadilah pergeseran yang akan menyebabkan panas yangcukup banyak sehingga meteor tersebut hancur sebelum sampai ke permukaan bumi. Tanpaatsmosfer tidak ada kehidupan, tidak ada awan, angin ataupun cuaca. Di samping sangatpenting untuk kehidupan, sebagai media untuk proses cuaca, udara bekerja sebagai selimutyang melindungi bumi terhadap tenaga matahari pada waktu siang hari, serta menghalangihilangnya panas yang berlebihan pada waktu malam hari. Seandainya tidak ada atsmosfer,suhu bumi akan meningkat kira-kira menjadi 93,3°C pada siang hari dan turun menjadiminus 148,9°C pada malam hari. Jadi lapisan udara yang terdiri atas bermacam-macam gassecara menyeluruh menyelimuti bumi dinamakan atsmosfer.
LAPISAN UDARA
Atsmosfer disusun oleh berbagai gas, di antaranya ± 78 % nitrogen (N2), 21% oksigen (O2);0,03 % karbon dioksida (CO2), dan uap air (H2O) yang menempati 99,997 % volumeatsmosfer pada ketinggian sampai 90 km. Gas-gas dalam atsmosfer bercampur denganperbandingan konstan paling sedikit pada ketinggian sampai 50 km. Lapisan-lapisanatsmosfer adalah sebagai berikut.
a.
 
Troposfer
Troposfer merupakan lapisan udara paling bawah yang memiliki ketebalan berbeda-beda.Di khatulistiwa ketebalannya ± 16 km, di daerah sedang 11 km, dan di daerah kutub 8km.Pada lapisan ini terjadi angin, awan, hujan, dan konveksi yang mempunyai kepentinganlangsung bagi manusia dan lingkungannya. Sifat khas troposfer adalah menurunnyatemperatur secara teratur sesuai dengan tinggi tempat mencapai -57°C hingga -62°C.pengaruh terbesar bagi manusia dan kehidupan yang lain berasal dari lapisan troposfer.Pada lapisan itulah cuaca selalu berubah.
b.
 
Stratosfer
Stratosfer adalah lapisan udara di atas troposfer yang menunjukan perubahan temperaturyang kecil ke arah vertikal. Lapisan ini berada pada ketinggian 15 – 55 km danmerupakan daerah konsentrasi ozon dengan konsentrasi terbesar pada ketinggian 22 km.Lapisan ozon berfungsi sebagai proteksi (pelindung) bagi troposfer dan makhluk hidup dipermukaan bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahari. Penipisan lapisan ozon sepertiyang terjadi dewasa ini dapat mengubah iklim dan selanjutnya mempengaruhi kehidupandi permukaan bumi. Antara troposfer dan stratosfer terdapat lapisan peralihan yangdisebut tropopause.
 
 
c.
 
Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan udara di atas stratosfer. Temperatur dilapisan ini mula-mulanaik kemudian turun dan mencapai minimum mendekati lapisan mesopause. Lapisan iniberada pada ketinggian 50 km – 80 km. Pada lapisan ini sebagian meteor terbakar danterurai. Antara stratosfer dan mesosfer terdapat lapisan stratopause.
d.
 
Termosfer
Termosfer adalah lapisan udara di atas mesosfer. Pada lapisan ini temperatur naik lagisampai 1010°C pada ketinggian yang belum pasti. Lapisan bagian bawah dari lapisantermosfer disebut ionosfer. Pada ketinggian 75 – 375 km, gas-gas mengalami ionisasi danlapisan ini juga berperan dalam persebaran gelombang radio. Antara mesosfer dantermosfer terdapat lapisan mesopause.Pada hakikatnya angka-angka di atas tidaklah pasti, tetapi perbedaan susunan unsurpembentuk udara pada lapisan yang berbeda terdapat juga perbedaan suhu dan tekananudara.
CUACA DAN IKLIM
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu daerah yang sempit dalam waktu yang relatif singkat,sedangkan iklim adalah rata-rata kedaan cuaca pada daerah yang lebih luas dan dalam waktuyang cukup lama.Unsur utama cuaca ialah suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembaban udara, angin, dancurah hujan. Selain itu, terdapat unsur cuaca yang lain, seperti intensitas penyinaranmatahari, keadaan awan, embun, dan petir.a.
 
Tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia hidup dalam batas lapisan atsmosfer. Penerapanpengetahuan tentang mikrometeorologi sangat berguna dalam bidang pertanian,hidrologi, kehutanan, dan kesehatan umum.b.
 
Perubahan-perubahan yang sering terjadi pada atsmosfer adalah pada lapisan terendah,misalnya hari-hari tidak berawan dan radiasi surya melalui atsmosfer mengalami sedikitpengurangan kekuatan. Radiasi ini hanya diubah ke dalam panas ketika menyentihpermukaan bumi.Iklim merupakan kelanjutan hasil pencatatan unsur cuaca dari hari ke hari dalam waktu yanglama sehingga merupakan rata-rata dari unsur cuaca.Unsur-unsur iklim sama dengan unsur-unsur cuaca, yaitu suhu udara, radiasi, tekanan udara,kelembaban udara, angin, curah hujan, intensitas penyinaran matahari, keadaan awan,embun, dan petir. Usur-unsur iklim adalah unsur-unsur cuaca yang telah dirata-ratakan dalamwaktu yang lama. Oleh karena itu, unsur iklim bersifat stabil, tidak seperti unsur cuaca yangselalu berubah. Perubahan iklim berlangsung dalam periode yang lama dan meliputi arealyang sangat luas bahkan seluruh permukaan bumi.Beberapa unsur cuaca adalah sebagai berikut. :
 
 
a)
 
Suhu Udara
Permukaan bumi merupakan awal penerima panas matahari. Udara yang dilaluinyahampir tidak menangkap panas tersebut. Lapisan atsmosfer yang paling bawah pertamakali mendapat panas dari permukaan bumi melalui persentuhan (kontak) bumi denganudara. Panas dirambatkan secara berangsur dari lapisan atsmosfer paling bawah kelapisan di atasnya. Itulah sebabnya lapisan atsmosfer paling bawah lebih panas daripadalapisan atsmosfer yang lebih tinggi. Banyaknya panas matahari yang diterima permukaanbumi terutama dipengaruhi oleh
 
lamanya waktu penyinaran matahari
 
sudut datang sinar matahari
 
keadaan awan
 
keadaan permukaan bumiKeempat faktor di atas menyebabkan adanya perbedaan suhu yang diterima olehpermukaan bumi. Makin lama matahari menyinari suatu daerah, makin banyak panasyang diterima di daerah itu. Jika datangnya sinar matahari di suatu daerah lebih tegak,maka panas yang diterima di daerah itu lebih banyak dibanding dengan datangnya sinarmatahari dalam keadaan miring.Keadaan awan juga merupakan salah satu penghalang pancaran matahari. Permukaandaratan lebih cepat menerima panas dan cepat pula melepaskan panas, sedangkanpermukaan lautan lambat menerima panas dan lambat pula melepaskan panas.
b)
 
Radiasi
Matahari sangat penting sebagai sumber energi pada bumi. Pancaran energi yang datangdalam bentuk gelombang elektromagnetik. Besarnya radiasi tergantung pada suhu atautemperatur. Makin tinggi temperatur, makin hebat radiasi dan makin pendek gelombangelektromagnetiknya. Radiasi matahari bergelombang pendek, sedangkan radiasi bumibergelombang panjang karena energi matahari diserap oleh bumi dan diteruskan(dipancarkan) kembali menjadi radiasi yang bergelombang panjang.Secara umum dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan bumi memiliki imbangan antaraenergi yang masuk dan yang keluar. Namu, imbangan tersebut tidak sama dari suatutempat ke tempat yang lain. Hal ini disebabkan adanya pergerakan bumi, kondisi fisik permukaan bumi, dan persebaran awan. Jadi, energi matahari merupakan sumber utamaenergi atsmosfer dan merupakan pengendali terhadap cuaca dan iklim. Pengaruh radiasiterhadap makhluk hidup dan tanaman adalah
 
pada tanaman yang hijau berpengaruh terhadap kecepatan tumbuh
 
kecepatan transpirasi atau ketinggian air mengakibatkan kebutuhan air tanamberkurang
 
pada periode kritis, pertumbuhan tingkat energi yang tinggi dapat menyebabkanpembakaran.

Activity (67)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rony Selaluada added this note
cukup baik dan dapat di pergunakan dan di pelajari bagi pembaca
guntherrem248 liked this
N.V.Y liked this
puisink
Natasya Zekia added this note
lngkap bnget.... mksaih y,,,,,
Majin Buu liked this
Fajar Arfif liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->