Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pusat Peradaban Kuno Di Asia

Pusat Peradaban Kuno Di Asia

Ratings: (0)|Views: 3,501 |Likes:
Published by Agus Dian Pratama

More info:

Published by: Agus Dian Pratama on Apr 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
PUSAT PERADABAN KUNO DI ASIA & AFRIKA
1.
 
PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS
A. Letak Geografis
 
Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung Himalaya
 
Selatan berbatasan dengan Srilanka yang dibatasi oleh Samudera Indonesia
 
Barat berbatasan dengan Pakistan
 
Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh
B. Peradaban sungai Indus (2500 SM)
 
Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah Mohenjodarodan Harappa .
 
Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah bangsa Dravida
 
Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota tua yang dibangun berdasarkan :
 
Perencanaan yang sudah maju
 
Rumah-rumah terbuat dari batu-bata
 
Jalan raya lurus dan lebar
 
Saluran air bagus
 
Terdapat hubungan dagang antara Mohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.Pada abad 16 SM, bangsa Arya (pengembara) datang ke India secara bergelombangdan menetap di dataran rendah Sungai Gangga dan Sungai Yamuna.Akibat kedatangan bangsa Arya maka penduduk asli menjadi golongan manusia yangpaling rendah yaitu kasta Syudra. Pembagian kasta oleh bangsa Arya dimaksudkansupaya tidak terjadi percampuran antara penduduk asli dan bangsa Arya.Kasta dibagi menjadi 4 srata yaitu :1)
 
Kasta Brahmana, para pendeta2)
 
Kasta Ksatrya, Raja dan tentara (Arya)3)
 
Kasta Waisya, pedagang dan penguasa4)
 
Kasta Syudra, buruh dan petaniSelain itu terdapat juga Golongan Paria yaitu golongan tanpa kasta yang sangat hinadan menyedihkan.
C. Konsep Kepercayaan1) Agama Hindu
 
 
Kepercayaan bangsa Arya adalah Hindu
 
Kitab sucinya Weda
 
Dewa Terpenting agama Hindu adalah :
 
Brahma, dewa pencipta alam
 
Wisynu, dewa pemelihara Alam
 
Syiwa, dewa perusak alam
 
Falsafah Hindu yaitu "Uppanisad" pada intinya membahas hubungan antaraBrahman dan Atman. Brahman sumber kesucian dan kebersihan sedangkanAtman adalah manusia
2) Agama Budha
 
Lahirnya agama Budha merupakan reaksi terrhadap agama Hindu, yangdipelopori oleh Sidharta Gautama (566-486 SM), anak Shidodana, RajaKapilawastu Nepal.
 
Agama Budha berkembang pesat pada masa Raja Asyoka (3 SM) hinggamenyebar ke Srilanka, China, Jepang, Thailand,Kamboja dan Indonesia.
D. Kesusastraan
Kesusatraan India yang terkenal adalah kisah Mahabrata dan Ramayana, yang berisitentang perang antara Pandawa dan Kurawa.
2.
 
PERADABAN LEMBAH SUNGAI GANGGA
A.
 
Pusat Peradaban
Lembah Sungai Gangga terletak antara Pegunungan Himalaya dan PegununganWindya-Kedna. Sungai itu bermata air di Pegunungan Himalaya dan mengalirmelalui kota-kota besar seperti Delhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melaluiwilayah Bangladesh dan beruaram di teluk Benggala. Sungai Gangga bertemu dengansungai Kwen Lun. Dengan keadaan alam seperti ini tidak heran bila Lembah SungaiGangga sangat subur.Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa Indo German. Mereka datang dari daerah Kaukasus dan menyebar ke arahtimur. Bangsa Aria memasuki wilayah India antara tahun 2000-1500 SM, melaluicelah Kaiber di pegunungan Himalaya. Mereka adalah bangsa peternak dengankehidupannya terus mengembara. Tetapi setelah berhasil mengalahkan bangsaDravisa di Lembah Sungai Shindu dan menguasai daerah yang subur, merekaakhirnya bercocok tanam dan hidup menetap. Selanjutnya mereka mendudukiLembah Sungai Gangga dan terus mengembangkan kebudayaannya.Pada dasarnya peradaban dan kehidupan bangsa Hindu telah tercantum dalam kitabsuci Weda (Weda berarti pengetahuan), juga dalam kitab Brahmana dari Upanisad.Ketiga kitab itu menjadi dasar kehidupan orang-orang Hindu.
 
Kitab suci Weda merupakan kumpulan dari hasil pemikiran para pendeta(Resi). Pemikiran-pemikiran para pendeta (Resi) itu dibukukan oleh Resi Wiyasa.Empat bagian Kitab Weda
 
 Reg-Weda
, berisi syair-syair pemujaan kepada dewa-dewa.
 
Sama-Weda
, memuat nyanyian-nyanyian yang dipergunakan untuk memujadewa-dewa.
 
Yayur-Weda
, memuat bacaan-bacaan yang diperlukan untuk keselamatan.
 
 Atharwa-Weda
, memuat ilmu sihir untuk menghilangkan marabahaya.Keempat buku itu ditulis pada tahun 550 SM dalam bahasa Sansekerta.Ajaran agama Hindu memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa utama yang dipujadalam agama Hindu adalah Dewa Brahma sebagai pencipta, Dewa Wisnu sebagaipemelihara atau pelindung, Dewa Siwa sebaga pelebur (pembinasa/penghancur). Disamping itu, juga dipuja dewa-dewa seperti Dewi Saraswati (Dewi Kesenian), DewiSri (Dewi Kesuburan), Dewa Baruna (Dewa Laut), Dewa Bayu (Dewa Angin), DewaAgni (Dewa Api), dan lain-lain.Umat Hindu yang ada di India berjiarah ke tempat-tempat suci seperti kota Benares,yaitu sebuah kota yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya Dewa Siwa.Sungai Gangga juga dianggap keramat dan suci oleh umat Hindu. Menurutkepercayaan umat Hindu India, "air Sungai Gangga" dapat menyucikan diri manusiadan menghapus segala dosa.Agama Budha muncul ketika beberapa golongan menolak dan menentang pendapatkaum Brahmana. Golongan ini dipimpin oleh Sidharta Gautama (531 SM).Sidharta Gautama adalah putera mahkota dari kerajaan Kapilawastu (Suku Sakia). Iatermasuk kasta Ksatria. Setelah kurang lebih tujuh tahun mengalami berbagai cobaanberat, penyesalan dan penderitaan, akhirnya ia mendapatkan sinar terang di hatisanubarinya dan menjadilah Sidharta Gautama Sang Budha (artinya Yang Disinari).Pertama kali Sang Budha berkotbah di Taman Rusa (Benares). Agama Budha tidak mengakui kesucian kitab-kitab Weda dan tidak mengakui aturan pembagian kasta didalam masyarakat. Oleh karena itu ajaran agama Budha sangat menarik bagigolongan kasta rendah. Kitab suci agama Budha bernama Tripitaka (Tipitaka).
B.
 
Pemerintahan
Kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330 M) dengan pusatnya dilembah Sungai Gangga. Kerajaan Gupta mencapai masa yang paling gemilang ketikaRaja Samudra Gupta (cucu Candragupta I) berkuasa. Ia menetap di kota Ayodhiasebagai ibu kota kerajaannya.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tisna Pika liked this
Rico Negarawan liked this
Malik Pio liked this
Nazwir Neutron liked this
Dyan Luph Bundha liked this
Mei Laa Niee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->