Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
77Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGINDERAAN JAUH

PENGINDERAAN JAUH

Ratings: (0)|Views: 4,544 |Likes:
Published by Agus Dian Pratama

More info:

Published by: Agus Dian Pratama on Apr 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2013

pdf

text

original

 
PENGINDERAAN JAUH
Penginderaan Jauh (Remote Sensing)
Berdasarkan hasil penelitian para ahli penginderaan jauh selama ini serta adanya kebutuhanbagi pembangunan nasional, maka pemerintah telah memutuskan untuk membangun suatusistem Stasiun Bumi Satelit Penginderaan Jauh yang pelaksanaannya dipercayakan kepadaLAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Sistem yang dibangundisesuaikan dengan perkembangan saat ini, yaitu dapat menerima dan mengolah data dariberbagai satelit yang diorbitkan dari bumi.Melalui pendidikan yang modern, para ahli diharapkan mampu mengolah(menginterpretasi, mengoreksi, dan menyajikan) data dari satelit agar dapat digunakanuntuk membantu pembangunan.Beberapa satelit yang diluncurkan dari bumi oleh beberapa negara maju antara lain:1.
 
LANDSAT milik Amerika Serikat2.
 
SPOT milik Perancis3.
 
ERSI (Earth Resources Satellite) milik Badan Antariksa Eropa (ESA).Banyak kegunaan hasil pemotretan bumi dari satelit merupakan perkembangan daripengukuran permukaan bumi dengan alat ukur tanah yang dikembangkan dengan fotoudara dan kemudian dengan satelit.
PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH
Berikut adalah pengertian Pengindraan jauh menurut beberapa ahli
 
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetiuntuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehinggamenghasilkan informasi yang berguna (Curran, 1985).
 
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu suatu pengukuran atau perolehan data padaobjek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas jauh dari objek yangdiindera (Colwell, 1984). Foto udara, citra satelit, dan citra radar adalah beberapabentuk penginderaan jauh.
 
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu ilmu untuk mendapatkan informasimengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak  jauh (Campbell, 1987). Hal ini biasanya berhubungan dengan pengukuran pantulanatau pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu objek.
 
HASIL TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH
DATA
1.
 
Data penginderaan jauh dapat berupa data digital atau data numerik untuk dianalisis dengan menggunakan komputer2.
 
Selain itu, dapat berupa data visual yang pada umumnya dianalisis secara manual.3.
 
Data visual dibedakan lagi menjadi data citra dan noncitra.4.
 
Data citra merupakan gambaran planimetrik. Data noncitra ialah grafik yangmencerminkan beda suku yang direkam di sepanjang daerah penginderaan5.
 
Di dalam penginderaan jauh yang tidak menggunakan tenaga elektromagnetik,contoh data noncitra antara lain berupa grafik yang menggambarkan gravitasiataupun daya magnetik di sepanjang daerah penginderaan. Jadi, jelaslah bahwacitra dapat dibedakan menjadi citra foto (photographic image) atau foto udara dancitra nonfoto (nonphotographic image).
PENGERTIAN CITRA MENURUT BEBERAPA AHLI
 
Citra merupakan gambaran yang terekam oleh kamera atau sensor lainnya(Hornby).
 
Citra adalah gambaran objek yang dibuahkan oleh pantulan atau pembiasan sinaryang difokuskan dari sebuah lensa atau cermin (Simonett, 1983).
JENIS-JENIS CITRA
 
Citra foto
Citra foto adalah gambaran yang dihasilkan dengan menggunakan sensor kamera.Citra foto dapat dibedakan berdasarkan atas spektrum elektromagnetik, sumbersensor, dan sistem wahana yang digunakan.Berdasarkan sistem wahana yang digunakana. Foto udara adalah foto yang dibuat dari pesawat udara atau balon.b. Foto satelit atau foto orbital adalah foto yang dibuat dari satelit.
 
Citra Non Foto
Citra nonfoto adalah gambaran yang dihasilkan dengan menggunakan sensor bukankamera.
PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH
 
 
BIDANG KEHUTANAN
Bidang kehutanan berkenaan dengan pengelolaan hutan untuk kayu termasuk perencanaanpengambilan hasil kayu, pemantauan penebangan dan penghutanan kembali, pengelolaandan pencacahan margasatwa, inventarisasi dan pemantauan sumber daya hutan, rekreasi,dan pengawasan kebakaran. Kondisi fisik hutan sangat rentan terhadap bahaya kebakaranmaka penggunaan citra inframerah akan sangat membantu dalam penyediaan data daninformasi dalam rangka monitoring perubahan temperatur secara kontinu dengan aspek geografis yang cukup memadai sehingga implementasi di lapangan dapat dilakukan dengansangat mudah dan cepat.
BIDANG PENGGUNAAN LAHAN
Inventarisasi penggunaan lahan penting dilakukan untuk mengetahui apakah pemetaanlahan yang dilakukan oleh aktivitas manusia sesuai dengan potensi ataupun dayadukungnya. Penggunaan lahan yang sesuai memperoleh hasil yang baik, tetapi lambat launhasil yang diperoleh akan menurun sejalan dengan menurunnya potensi dan daya dukunglahan tersebut. Integrasi teknologi penginderaan jauh merupakan salah satu bentuk yangpotensial dalam penyusunan arahan fungsi penggunaan lahan. Dasar penggunaan lahandapat dikembangkan untuk berbagai kepentingan penelitian, perencanaan, danpengembangan wilayah. Contohnya penggunaan lahan untuk usaha pertanian atau budidayapermukiman.
BIDANG PEMBUATAN PETA
Peta citra merupakan citra yang telah bereferensi geografis sehingga dapat dianggapsebagai peta. Informasi spasial yang disajikan dalam peta citra merupakan data raster yangbersumber dari hasil perekaman citra satelit sumber alam secara kontinu. Peta citramemberikan semua informasi yang terekam pada bumi tanpa adanya generalisasi.Peranan peta citra (space map) dimasa mendatang akan menjadi penting sebagai upayauntuk mempercepat ketersediaan dan penentuan kebutuhan peta dasar yang memang belumdapat meliput seluruh wilayah nasional pada skala global dengan informasi terbaru (up todate). Peta citra mempunyai keunggulan informasi terhadap peta biasa. Hal ini disebabkankarena citra merupakan gambaran nyata di permukaan bumi, sedangkan peta biasa dibuatberdasarkan generalisasi dan seleksi bentang alam ataupun buatan manusia. Contohnyapeta dasar dan peta tanah.
BIDANG METEOROLOGI (METEOSAT, TIROS, DAN NOAA)
Manfaat penginderaan jauh di bidang meteorologi adalah sebagai berikut.a.
 
Mengamati iklim suatu daerah melalui pengamatan tingkat perawanan dankandungan air dalam udara.b.
 
Membantu analisis cuaca dan peramalan/prediksi dengan cara menentukandaerah tekanan tinggi dan tekanan rendah serta daerah hujan badai dan siklon.c.
 
Mengamati sistem/pola angin permukaan.d.
 
Melakukan pemodelan meteorologi dan set data klimatologi.

Activity (77)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Niel Hokii liked this
Karsun Ahmad liked this
Kartina Spd liked this
Tajus SabuQi liked this
Ani Es liked this
Yuko Riswandha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->