Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSIKOLINGUISTIK PERKEMBANGAN

PSIKOLINGUISTIK PERKEMBANGAN

Ratings: (0)|Views: 2,706 |Likes:
Published by inas klepon
psikolinguistik perkembangan fonologi, sintaksis, semantik
psikolinguistik perkembangan fonologi, sintaksis, semantik

More info:

Published by: inas klepon on Apr 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

 
 1
PSIKOLINGUISTIK PERKEMBANGAN
Oleh I Nyoman Alit SuwarbawaI. Pendahuluan
Psikolinguistik adalah suatu studi mengenai penggunaan bahasa dan perolehan bahasaoleh manusia. Dari definisi ini terlihat ada dua aspek yang berbeda, yaitu perolehan yangmenyangkut bagaimana seseorang, terutama anak-anak belajar bahasa dan pengunaan yangartinya penggunaan bahasa oleh orang dewasa normal. Levelt juga membagi Psikolinguistik ke dalam tiga bagian.Psikolinguistik umum adalah suatu studi mengenai bagaimana pengamatan atau persepsi orang dewasa bahasa dan bagaimana ia memproduksi bahasa. Mempelajari jugamengenai proses kognitif yang mendasarinya pada waktu seseorang menggunakan bahasa.Psikolinguistik perkembangan yaitu suatu studi psikologi mengenai perolehan bahasa pada anak-anak dan orang dewasa, baik perolehan bahasa pertama maupun bahasa kedua.Psikolinguistik perkembangan membahas persoalan-persoalan yang dialami seorang anak yang harus belajar dua bahasa secara bersamaan atau bagaimana seorang anak belajar bahasa pertama, dan teknik-teknik pengajaran bahasa yang bagaimana yang dapat mengurangiterjadinya interferensi antara dua bahasa pada murid-murid.Psikolinguistik terapan adalah aplikasi dari teori-teori pisikolinguistik dalamkehidupan sehari-hari pada orang dewasa ataupun pada anak-anak. Psikolinguistik terapandibedakan menjadi Applied General Psycholinguistics dengan Applied DevelopmentalPsycholinguistics.G. kempen (1976), Psikolinguistik adalah studi mengenai manusia sebagai pemakai bahasa, yaitu studi mengenai system-sistem yang ada pada manusia yang dapat menjelaskan bagaimana manusia dapat menangkap ide-ide orang lain dan bagaimana ia dapatmengekpresikan ide-idenya sendiri melalui bahasa, baik secara tertulis maupun lisan.Ada dua komponen yang menjadi objek studi psikolinguistik, yaitu manusia dan bahasa. Psikolinguistik lahir dari perkawinan dua disiplin, yaitu psikologi yang membahastingkah laku manusia dan linguistik yang membahas bahasa sebagai suatu sistem pola tingkahlaku. “Perkawinan” itu terjadi sejak timbulnya pemikiran-pemikiran tentang bagaimanakemampuan bahasa itu berkembang atau bagaimana seorang anak belajar bahasa.Mempelajari psikolinguistik perkembangan kita harus mempunyai pengetahuan dasar tentang linguistik yang mencangkup struktur bahasa, misalnya bagaimana tata bahasa itudisusun, tentang makna kata (semantik), pengucapan kata (fonologi) dan lain lain. Oleh
 
 2karena itu penulis mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana perkembangan fonologi, perkembangan sintaksis, dan perkembangan semantik anak.
II. Pembahasan2.1
 
Perkembangan Fonologi
Pada usia 3 hingga 4 bulan bayi mulai memproduksi bunyi-bunyi. Mula-mula iamemproduksi tangisan atau bunyi cooing. Kemudian pada usia antara 5 dan 6 bulan bayi mulai mengoceh. Pada perkembangan fonologi ada yang disebut periode bablling(mengoceh) ia membuat bunyi-bunyi yang makin bertambah variasinya dan makinkompleks kombinasinya. Anak-anak mengkombinasikan vokal dengan konsonanmenjadi suatu sequence silaba, umpamanya ba, ba, ba, ma, ma, ma,. Kemudian adayang disebut uniformitas pada anak-anak dengan berbagai bahasa, dalam hal bunyi- bunyi pertama yang mereka produksi, yaitu konsonan p atau m, vokal belakang amendahului konsonan belakang k dan g serta vokal depan I dan u. Dalam perkembangan fonologi, seorang anak harus mempelajari aturan-aturan fonologi.Disamping itu, mereka juga harus belajar menghubungkan bunyi dengan acuannya.Menghubungkan bunyi dengan acuannya merupakan suatu proses yang kompleks, bukan sekedar nama dari benda-benda.Untuk mengetahui hubungan antara ocehan dengan perolehan sistem bunyi orangdewasa, ada dua pendekatan yang digunakan, yaitu1.
 
Pendekatan berkesinambungan, yaitu pendekatan yang mengatakan bahwa bunyi- bunyi ocehan merupakan pelopor langsung dari tuturan. Pendekatan ini seringdisebut selective reinforcement hypothesis.2.
 
Pendekatan tak berkesinambungan, pendekatan ini menganggap bahwa ocehantidak ada hubungannya langsung dengan perkembangan bicara selanjutnya.Kedua pendekatan di atas mendapat kritik karena tidak dapat menerangkan fakta-fakta secara tuntas. P.S. Dale, 1976 beranggapan bahwa proses fonologi merupakankeluaran dari innatephonological acquisition device yang merefleksikan preferensi produksi si anak. Setelah anak-anak melewati periode mengoceh, mereka mulaimenguasai segmen-segmen fonetik. Cara anak-anak mengasai segmen fonetik adalahdengan menggunakan teori hypothesis-testing atau discovery procedures. Menurutteori ini, anak-anak menguji coba berbagai hypothesis tentang bagaimanamemproduksi bunyi yang betul.
 
 3Pada tahap-tahap permulaan pemerolehan bahasa, biasanya anak-anak memproduksi perkataan orang dewasa yang disederhanakan dengan cara sebagai berikut:(1)
 
Menghilangkan konsonan akhir: blumen→ bu boot bu(2)
 
Mengurangi klompok konsonan menjadi segmen tunggal:Batre bate bring binmilk mik kunci ci(3)
 
Menghilangkan silabe yang tidak diberi tekanan (weak syllable delection):tomato → madokunci ti pita ta pyama → damasemut emutkecepit pitsandal → dalnangis → angistengok → engok capung pungterbang→ bangsekolah→ koah buka kanasi aci banyak anyak (4)
 
Duplikasi silaba yang sederhana (reduplikasi)kitchen kiki pergi gigiaki (kakek) kikinakal kakalMenurut beberapa hipotesis, penyederhanaan ini disebabkan oleh:
 
Memory span yang terbatas,

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rustanto_kino liked this
Rustanto_kino liked this
Nur Wulansari liked this
Aiesha Azalea liked this
Wany Ramsey liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->