Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
109Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Pneumotoraks Dan Hemotoraks

Askep Pneumotoraks Dan Hemotoraks

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 4,353 |Likes:
Published by ianzkate
Pneumotoraks Dan Hemotoraks
Pneumotoraks Dan Hemotoraks

More info:

Published by: ianzkate on Apr 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2013

pdf

text

original

 
 
askep Pneumotoraks dan Hemotoraks.
 MAKALAH
disusun untuk memenuhi tugas mata ajaran KMB I
olehPaian TuaTingkat 2
PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SANTO BORROMEUS2009
 
Pengertian
Pneumotoraks adalah pengumpulan udara didalam ruang potensial antara pleura visceral danparietal (Arif Mansjoer dkk, 2000).Pneumotoraks adalah keluarnya udara dari paru yang cidera, ke dalam ruang pleura seringdiakibatkan karena robeknya pleura ( Suzanne C. Smeltzer, 2001).Pneumotoraks adalah adanya udara dalam rongga pleura akibat robeknya pleura. (SylviaPrince,patofisiologi Konsep Klinis;800)Pneumotoraks adalah adanya udara di dalam rongga pleura. (http://proximo-allturorial.blogspot.com/2008/08 pneumotoraks.html)Pneumotoraks adalah adanya udara yang trperangkap di rongga pleura.(http://duniakoas.blogspot.com)Pneumotoraks adalah adanya udara dalam rongga pleura.Jadi, pneumotoraks adalah adanya udara dalam rongga pleura.Pneumotoraks dibagi menjadi 2 berdasarkan cara terjadinya:a.
 
Pneumotoraks Traumatik yang disebabkan oleh trauma benda tajam/ tumpul.b.
 
Pneumotoraks spontan yang terjadi secara spontan pada orang sehat yang sebelumnya tidak didapattanda-tanda penyakit paru/sluran pernafasan sebagai dasarnya.
Anatomi dan Fisiologi
Paru.
Paru-paru adalah salah satu organ system pernafasan yang berada di dalam kantong yang dibentukoleh pleura parietalis dan viseralis. Kedua paru-paru sangat lunak, elastic dan berada dalam rongga toraks,sifatnya ringan terapung di dalam air. Paru-Paru berwarna keabu-abuan dan berbintik-bintik akibat partikel-partikel debu yang masuk dimakan oleh fagosit.
To
raks.
Kerangka rongga thorax, meruncing pada bagian atas dan berbentuk kerucut terdiri dari sternum, 12vertebra thoracalis, 10 pasang iga yang berakhir di anterior dalam segmen tulang rawan dan 2 pasang yangmelayang. Kartilago dari 6 iga memisahkan articulasio dari sternum, kartilago ketujuh sampai sepuluh
 
berfungsi membentuk tepi kostal sebelum menyambung pada tepi bawah sternu. Perluasan rongga pleura diatas klavicula dan di atas organ dalam abdomen penting untuk dievaluasi pada luka tusuk.Musculus pectoralis mayor dan minor merupakan muskulus utama dinding anterior thorax. Muskuluslatisimus dorsi, trapezius, rhomboideus, dan muskulus gelang bahu lainnya membentuk lapisan muskulusposterior dinding posterior thorax. Tepi bawah muskulus pectoralis mayor membentuk lipatan/plika aksilarisposterior.Dada berisi organ vital paru dan jantung, pernafasan berlangsung dengan bantuan gerak dinding dada.Inspirasi terjadi karena kontraksi otot pernafasan yaitu muskulus interkostalis dan diafragma, yangmenyebabkan rongga dada membesar sehingga udara akan terhisap melalui trakea dan bronkus.
Pleura.
Bagian terluar dari paru-paru dikelilingi oleh membrane halus, licin, yaitu pleura, yang juga meluasuntuk membungkus dinding interior toraks dan permukaan superior diafragma. Pleura parietalis melapisitoraks, dan pleura viseralis melapisi paru-paru. Antar kedua pleura ini terdapat ruang, yang disebut spasiumpleura, yang mengandung sejumlah kecil cairan yang melicinkan permukaan dan memungkinkan keduanyabergeser dengan bebas selama ventilasi.Ruang interkostal. Pleura parietalis hampir semua merupakan lapisan dalam, diikuti oleh tiga lapismuskulus-muskulus yang mengangkat iga selama respirasi tenang/normal. Vena, arteri nervus dari tiaprongga interkostal berada di belakang tepi bawah iga. Karena jarum torakosentetis atau klein yangdigunakan untuk masuk ke pleura harus dipasang melewati bagian atas iga yang lebih bawah dari selaiga yang dipilih.Diafragma. Bagian muskular perifer berasal dari bagian bawah iga keenam dan kartilagokosta, darivertebra lumbalis, dan dari lengkung lumbokostal; bagian muskular melengkung membentuk tendosentral. Nervis frenikus mempersarafi motorik, interkostal bahwa mempersarafi sensorik. Diafragmayang naik setinggi putung susu, turut berperan sekitar 75% dari ventilasi paru-paru selama respirasibiasa/tenang.Ada tiga jalan masuknya udara ke dalam rongga pleura, yaitu1) Perforasi pleura viseralis dan masuknya udara dan dalam paru.2) Penetrasi dinding dada (dalam kasus yang lebih jarang perforasi esofagus atau abdomen) danpleura parietal, sehingga udara dan luar tubuh masuk dalam rongga pleura.3) Pembentukan gas dalam rongga pleura oleh mikroorganisme pembentuk gas misalnya padaempiema.

Activity (109)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rhyzal Mubaroq liked this
rahayumarta liked this
didi liked this
Ignasius Gokil liked this
Fitri Fauziyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->