Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pertimbangan Perubahan Peraturan Pengadaan Barang Jasa

Pertimbangan Perubahan Peraturan Pengadaan Barang Jasa

Ratings: (0)|Views: 197 |Likes:
Published by ariejatmiko

More info:

Published by: ariejatmiko on Apr 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2011

pdf

text

original

 
[PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH]
 
 Arie Mulyo Jatmiko
|
Manajemen Keuangan Pemerintahan
 1
PERTIMBANGAN PERUBAHAN-PERUBAHANPERATURAN PELAKSANAAN PENGADAANBARANG DAN JASA PEMERINTAH
1.
 
PENDAHULUAN
Pengertian Pengadaan Barang/Jasa menurut Pasal 1 angka (1) KeputusanPresiden RI No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan PengadaanBarang/Jasa Pemerintah adalah kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayaidengan APBN/APBD, baik yang dilaksanakan dengan swakelola maupun olehpenyedia barang/jasa. Pengadaan swakelola dilaksanakan oleh penyedia barang/jasasendiri, sedangkan pelayanan pihak ketiga yaitu pemasok, pemborong, dankonsultan.Sebagaimana diketahui, kegiatan pengadaan barang/jasa merupakan salahsatu bentuk pelaksanaan anggaran yang awalnya diatur dalam Keputusan Presiden RINo. 80 Tahun 2003 tanggal 3 Nopember 2003 tentang Pedoman PelaksanaanPengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Dalam perkembangannya, peraturan ini telahmengalami beberapa kali perubahan dan terakhir diatur dengan Peraturan PresidenRI No. 95 Tahun 2007 tanggal 23 Oktober 2007 tentang Perubahan Ketujuh atasKeputusan Presiden RI No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan PengadaanBarang/Jasa Pemerintah.Tujuan penulisan paper ini adalah memaparkan mengenai pertimbangan-pertimbangan yang mendasari beberapa kali perubahan peraturan mengenaipedoman pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.
2
.
 
PERTIMBANGAN PERUBAHAN - PERUBAHAN PERATURAN PELAKSANAANPENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH
Keputusan Presiden RI No. 80 Tahun 2003 tanggal 3 Nopember 2003 tentangPedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah mengalamibeberapa kali perubahan sebagai berikut :
PerubahankePeraturan Presiden Tanggal
1
 
No. 61 Tahun 2004 5 Agustus 2004
2
No. 32 Tahun 2005 20 April 2005
3
No. 70 Tahun 2005 15 Nopember 2005
4
No. 8 Tahun 2006 20 Maret 2006
5
No. 79 Tahun 2006 8 September 2006
6
No. 85 Tahun 2006 6 Oktober 2006
7
No. 95 Tahun 2007 23 Oktober 2007
 
[PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH]
 
 Arie Mulyo Jatmiko
|
Manajemen Keuangan Pemerintahan
 2
1.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.61
Tahun
2004
 
a.
 
pengakhiran tugas dan pembubaran badan khusus yang dibentuk untukpenyehatan perbankan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undangNomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah denganUndang-undang Nomor 10 Tahun 1998 harus diselesaikan dengan cepat;b.
 
upaya percepatan pengembalian kekayaan negara dan menunjang perbaikankondisi ekonomi nasional, dengan segera menetapkan konsultan penilaimelalui penunjukan langsung dengan tetap mengacu pada kaidah-kaidahyang berlaku dalam pedoman pelaksanaan pengadaan barang/jasaPemerintah.
2
.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.3
2
Tahun
2005
 
a.
 
mendesaknya waktu pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Daerah di tahun2005 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentangPemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian KepalaDaerah dan Wakil Kepala Daerah, sehingga perlu diadakan pengadaan danpendistribusian surat suara, kartu pemilih serta perlengkapan pelaksanaanpemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara cepat dengan tetapmengutamakan aspek kualitas, keamanan dan tepat waktu;b.
 
dalam rangka percepatan pengadaan dan pendistribusian perlengkapanpemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dengan segeramenetapkan penyedia barang/jasa melalui penunjukan langsung dengantetap mengacu kepada kaidah-kaidah yang berlaku dalam pedomanpelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah.
3.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.7
0
Tahun
2005
 
Memperlancar pelaksanaan tugas Badan Pelaksana Rehabilitasi dan RekonstruksiWilayah dan Kehidupan Masyarakat Provinsi NAD dan Kepulauan Nias ProvinsiSumatera Utara, khususnya dalam melaksanakan kegiatan pengadaanbarang/jasa untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Provinsi NAD dan KepulauanNias Provinsi Sumatera Utara (sebagaimana ditetapkan dalam PeraturanPemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2005tentang Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan MasyarakatProvinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan Kepuluan Nias Provinsi SumateraUtara).Melalui penyesuaian Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan JasaPemerintah sesuai kondisi yang ada, diharapkan pelaksanaannya dapat dilakukandengan cepat, efektif dan efisien dengan tetap berpegang pada prinsippersaingan sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihakserta akuntabel.
4
.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.8
Tahun
200
6
 
a.
 
dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang KeuanganNegara dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang PerbendaharaanNegara, beberapa ketentuan dan istilah di dalam Pedoman Pelaksanaan
 
[PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH]
 
 Arie Mulyo Jatmiko
|
Manajemen Keuangan Pemerintahan
 3
Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah perlu diubah agar selaras dengankedua undang-undang dimaksud;b.
 
peningkatkan transparansi dan kompetisi dalam pengadaan barang/jasapemerintah serta untuk mewujudkan efisiensi dan efektifitas pengelolaankeuangan negara, melalui penyempurnaan terhadap ketentuan mengenaitata cara pengumuman dalam rangka pengadaan barang/jasa pemerintah;c.
 
perolehan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan sertifikasi bagi PejabatPembuat Komitmen dan panitia/pejabat pengadaan dalam rangkameningkatkan kompetensi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintahmelalui pengaturan kembali batas waktu kewajiban syarat sertifikasi bagiPejabat Pembuat Komitmen dan panitia/pejabat pengadaan dalampengadaan barang/jasa pemerintah.
5
.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.79
Tahun
200
6
 
Percepatan pengadaan perumahan bagi masyarakat Provinsi Nanggroe AcehDarussalam (NAD) dan masyarakat Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara yangterkena bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami oleh BadanPelaksana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan MasyarakatProvinsi NAD dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara, melalui penyesuaianPedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah agar pelaksanaannyadapat dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien dengan tetap berpegang padaprinsip persaingan sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagisemua pihak serta akuntabel.
6.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.8
5
Tahun
200
6
 
a.
 
mendesaknya waktu pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil KepalaDaerah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2006 sesuai denganUndang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh danPeraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, PengesahanPengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,sehingga perlu dilakukan pengadaan kartu tanda penduduk, pengadaan danpendistribusian surat suara, kartu pemilih, serta perlengkapan pelaksanaanpemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara cepat dengan tetapmengutamakan aspek kualitas, keamanan dan tepat waktu;b.
 
percepatan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemilihan KepalaDaerah dan Wakil Kepala Daerah, dengan segera menetapkan penyediabarang/jasa melalui penunjukan langsung dengan tetap mengacu padakaidah-kaidah yang berlaku dalam pedoman pelaksanaan pengadaanbarang/jasa Pemerintah.
7.
 
Pertimbangan-pertimbangan ditetapkannya Perpres RI No
.9
5
Tahun
200
7
 
a.
 
dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pengadaanobat dan alat kesehatan yang perlu didukung dengan jaminan, ketersediaanobat generik dan alat kesehatan;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->