Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
amandemen UUD 1945

amandemen UUD 1945

Ratings: (0)|Views: 3,345 |Likes:
Published by c9education
amandemen I. II, III, dan IV
amandemen I. II, III, dan IV

More info:

Published by: c9education on Apr 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
Agustus 2002 Page 1 of 24
CETRO – New Constitution Program
MATRIKSUUD 1945 dan Hasil Amandemen UUD Pertama, Kedua, Ketiga dan KeempatUUD 1945UUD 1945 Amandemen I Amandemen II Amandemen III Amandemen IVBAB IBENTUK DAN KEDAULATAN
 
Pasal 1
(1) Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yangberbentuk Republik.(2) Kedaulatan adalah di tangan rakyat, dandilakukan sepenuhnya oleh MajelisPermusyawaratan Rakyat.
Pasal 1
(2) Kedaulatan berada di tangan rakyatdan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.(3) Negara Indonesia adalah negarahukum.
BAB IIMAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT
 
Pasal 2
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atasanggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat,ditambah dengan utusan-utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan, menurut aturanyang ditetapkan dengan undang-undang.(2) Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidangsedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukotanegara.(3) Segala putusan Majelis PermusyawaratanRakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.
Pasal 2
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyatterdiri atas anggota Dewan PerwakilanRakyat dan anggota Dewan PerwakilanDaerah yang dipilih melalui pemilihanumum dan diatur lebih lanjut denganundang-undang.
Pasal 3
Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkanUndang-Undang Dasar dan garis-garis besardaripada haluan negara.
Pasal 3
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyatberwenang mengubah dan menetapkanUndang-Undang Dasar.(3) Majelis Permusyawaratan Rakyatmelantik Presiden dan/atau WakilPresiden.(4) Majelis Permusyawaratan Rakyathanya dapat memberhentikan Presidendan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut Undang-UndangDasar.
BAB IIIKEKUASAAN PEMERINTAHAN NEGARA
 
Pasal 4
(1) Presiden Republik Indonesia memegangkekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.(2) Dalam melakukan kewajibannya Presidendibantu oleh satu orang Wakil Presiden.
 
Agustus 2002 Page 2 of 24
CETRO – New Constitution Program
UUD 1945 Amandemen I Amandemen II Amandemen III Amandemen IVPasal 5
(1) Presiden memegang kekuasaan membentukundang-undang dengan persetujuan DewanPerwakilan Rakyat.(2) Presiden menetapkan peraturan pemerintahuntuk menjalankan undang-undang sebagaimanamestinya.
Pasal 5
(1) Presiden berhak mengajukanrancangan undang-undang kepadaDewan Perwakilan Rakyat.
Pasal 6
(1) Presiden ialah orang Indonesia asli.(2) Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh MajelisPermusyawaratan Rakyat dengan suara yangterbanyak.
Pasal 6
(1) Calon Presiden dan calon WakilPresiden harus warga negara Indonesiasejak kelahirannya dan tidak pernahmenerima kewarganegaraan lain karenakehendaknya sendiri, tidak pernahmengkhianati negara, serta mampusecara rohani dan jasmani untukmelaksanakan tugas dan kewajibansebagai Presiden dan Wakil Presiden.(2) Syarat-syarat untuk menjadiPresiden dan Wakil Presiden diatur lebihlanjut dengan undang-undang
Pasal 6A
(1) Presiden dan Wakil Presiden dipilihdalam satu pasangan secara langsungoleh rakyat.(2) Pasangan calon Presiden dan WakilPresiden diusulkan oleh partai politikatau gabungan partai politik pesertapemilihan umum sebelum pelaksanaanpemilihan umum.(3) Pasangan calon Presiden dan WakilPresiden yang mendapatkan suara lebihdari lima puluh persen dari jumlahsuara dalam pemilihan umum dengansedikitnya dua puluh persen suara disetiap provinsi yang tersebar di lebihdari setengah jumlah provinsi diIndonesia, dilantik menjadi Presidendan Wakil Presiden.(5) Tata cara pelaksanaan pemilihanPresiden dan Wakil Presiden lebih lanjutdiatur dalam undang-undang.
Pasal 6A
(4) Dalam hal tidak ada pasangan calonPresiden dan Wakil Presiden terpilih,dua pasangan calon yang memperolehsuara terbanyak pertama dan keduadalam pemilihan umum dipilih olehrakyat secara langsung dan pasanganyang memperoleh suara rakyatterbanyak dilantik sebagai Presiden danWakil Presiden.
Pasal 7
Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dansesudahnya dapat dipilih kembali.
Pasal 7
Presiden dan Wakil Presidenmemegang jabatan selama limatahun, dan sesudahnya dapat dipilihkembali dalam jabatan yang sama,hanya untuk satu kali masa jabatan.
 
Agustus 2002 Page 3 of 24
CETRO – New Constitution Program
UUD 1945 Amandemen I Amandemen II Amandemen III Amandemen IVPasal 7A
Presiden dan/atau Wakil Presiden dapatdiberhentikan dalam masa jabatannyaoleh Majelis Permusyawaratan Rakyatatas usul Dewan Perwakilan Rakyat,baik apabila terbukti telah melakukanpelanggaran hukum berupapengkhianatan terhadap negara,korupsi, penyuapan, tindak pidanaberat lainnya, atau perbuatan tercelamaupun apabila terbukti tidak lagimemenuhi syarat sebagai Presidendan/atau Wakil Presiden.
Pasal 7B
(1) Usul pemberhentian Presidendan/atau Wakil Presiden dapat diajukanoleh Dewan Perwakilan Rakyat kepadaMajelis Permusyawaratan Rakyat hanyadengan terlebih dahulu mengajukanpermintaan kepada MahkamahKonstitusi untuk memeriksa, mengadili,dan memutus pendapat DewanPerwakilan Rakyat bahwa Presidendan/atau Wakil Presiden telahmelakukan pelanggaran hukum berupapengkhianatan terhadap negara,korupsi, penyuapan, tindak pidanaberat lainnya, atau perbuatan tercela;dan/atau pendapat bahwa Presidendan/atau Wakil Presiden tidak lagimemenuhi syarat sebagai Presidendan/atau Wakil Presiden.(2) Pendapat Dewan Perwakilan Rakyatbahwa Presiden dan/atau WakilPresiden telah melakukan pelanggaranhukum tersebut ataupun telah tidak lagimemenuhi syarat sebagai Prersidendan/atau Wakil Presiden adalah dalamrangka pelaksanaan fungsi pengawasanDewan Perwakilan Rakyat.(3) Pengajuan perminataan DewanPerwakilan Rakyat kepada MahkamahKonstitusi hanya dapat dilakukandengan dukungan sekurang-kurangnya2/3 dari jumlah anggota DewanPerwakilan Rakyat yang hadir dalamsidang paripurna yang dihadiri olehsekurang-kurangnya 2/3 dari jumlahangggota Dewan Perwakilan Rakyat.(4) Mahkamah Konstitusi wajibmemeriksa, mengadili, dan memutus

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurul Aini added this note
thank's for sharing =)
Rian liked this
RiQka Yulia liked this
Fika Utami liked this
Budi Syarifuddin liked this
Agni Aurisa liked this
Riani Sandi liked this
Rifany Hijriani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->