Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Mengatur Proses Belajar Dan Pembelajaran

Bagaimana Mengatur Proses Belajar Dan Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 997|Likes:
Published by Kang Aden
cara mengatur proses pembelajaran di kelas
cara mengatur proses pembelajaran di kelas

More info:

Published by: Kang Aden on Apr 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2012

pdf

text

original

 
BAGAIMANA MENGATUR PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN-
 
Bagaimana seharusnya guru bersikap d dalam kelas
-
 
Bagaimana guru memakai bicara/suaranya di kelas
-
 
Bagaimana guru menilai setiap bagian dari pelajaran
-
 
Bagaimana susunan kursi yang terbaik dalam kelas
-
 
P
engelompokan siswa seperti apa yang dapat guru pakai
-
 
Bagaimana guru mengevaluasi sukses atau gagal pelajaran yang diajarkannya
Bagaimana seharusnya guru bersikap di kelas
S
eperti yang kita lihat komentar tentang pakaian guru (halaman 3).
P
enampilan gurumemegang peranan yang besar dalam mengatur lingkungan kelasnya. Dan ini bukan cumapenampilan saja. Tujuan guru bergerak, bagaimana dia berdiri, bagaimana menunjukkan melaluisikap-semuanya ini mempunyai peranan tersendiri dalam efektivitas pengaturan dalam kelas.
S
emua guru, suka semua orang, mempunyai karakter fisik dan kebiasaan masing-masing, danmereka akan terlihat dalam kelas. Tapi ada sejumlah persoalan untuk dipertimbangkan yang tidakhanya istimewa dan mengarahkan secara langsung persepsi siswa tentang kita.Kedekatan guru harus dipertimbangkan seberapa dekat mereka menginginkan siswa untukbekerjasama. Beberapa siswa membencinya jika jarak antara mereka dan guru terlalu kecil/dekat.Berikutnya, dengan kata lain, jarak merupakan sebuah tanda dari kedinginan. Guru harus sadar akankedekatannya dan mengira-ngira apa reaksi siswa yang akan terjadi di dalam kelas, mereka harusmenulisnya dalam catatan.Kepantasan ditentukan seberapa dekatnya kamu bekerja bersama siswa merupakan sebuahpersoalan dari kepantasan. Jadi hal tersebut merupakan cara utama bagaimana guru duduk atauberdiri di dalam kelas. Banyak guru membuat suatu atmosfer pertemanan secara berlebihan denganmerundukkan badan ketika mereka bekerja dengan siswa secara berduaan. Cara ini, mereka beradapada tingkat yang sama seperti layaknya siswa yang duduk. Bagaimanapun juga, beberapa siswamenemukan hal tersebut sebagai kebiasaan yang mengkhawatirkan. Beberapa guru terlihat senangduduk di lantai, dan pada waktu tertentu hal tersebut terlihat pantas. Tapi dilain hal, ini membuatsituasi dimana mengganggu konsentrasi siswa.
S
emua letak posisi guru-duduk disamping meja, berdiri disamping podium, berdiri diataspodium dll.-membuat suatu pernyataan tentang sosok guru. Hal ini penting, sebelum,mempertimbangkan akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan sikap sehingga kita bisa bersikap padasuatu cara yang pantas kepada siswa dan hubungan yang terjalin dengannya. Jika kita inginmengatur kelas secara efektif, suatu hubungan adalah sangat penting.
P
ergerakan beberapa guru cenderung membuang-buang banyak waktu belajar dalam satutempat-di depan kelas,salah satu contohnya, atau di samping, atau di tengah.
P
embuangan waktuyang sangat penting yaitu berjalan dari satu sisi ke sisi lain, melangkah maju dan mundur, berjalandiantara tempat duduk. Meskipun ini terulang pada beberapa tingkatan suatu persoalan daripilihan pribadi, hal tersebut bermanfaat mengingat bahwa guru yang tidak bergerak dapat membuatsiswa jenuh.
S
aat guru yang bergerak secara konstan bisa merubah siswanya menjadi penontonpertandingan tenis, kepala mereka bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya sampai mereka letih.
 
S
ebagian besar kesuksesan guru bergerak berkeliling ruang kelas untuk beberapa tujuan.
P
ada tujuan tersebut mereka bisa menguasai/mengetahui ketertarikan siswanya (Jika merekamemandu kegiatan) atau belajar lebih dekat dengan kelompok kecil (Ketika mereka mencobamembantu pasangan atau kelompok)
S
eberapa banyak guru bergerak berkeliling dalam ruang kelas. Kemudian, akan tergantungpada cara/gaya masing-masing. Dimana dia merasa nyaman untuk mengatur kelas, bagaimana diamerasa mudah dalam mengatur kelas secara efektif dan apakah dia ingin bekerja pada kelompokkecil.Hubungan:lebih banyak apa yang telah dibicarakan tentang masalah hubungan. Bagaimanaguru dapat membuat suatu hubungan dengan siswa?
S
eberapa dekat suatu hubungandiperbolehkan?Agar mengatur kelas sukses, guru harus menjadi sadar apa yang dilakukan siswa, dan, segalakemungkinan, bagaimana perasaan mereka. Ini maksudnya memperhatikan dan mendengarkansecara seksama saat pembelajaran. Hal tersebut dilakukan untuk bisa berpindah berkeliling kelas,memperoleh tingkat pendekatan yang benar. Hal tersebut maksudnya membuat kontak matadengan siswa (asalkan bahwa ini bukan secara budaya yang tidak pantas, mendengarkan apa yangdikatakannya dan merespon secara pantas.Hal tersebut banyak membantu siswa untuk belajar bahasa dalam pengaturan ruang kelastanpa kotak dengan mereka.
S
ebenarnya kontak bermacam-macam yaitu dari guru ke guru dan darikelas ke kelas (siswa ke siswa).
P
endekatan guru secara fisik dan pribadi dalam kelas merupakan satu aspek yangdipertimbangkan dalam mengatur kelas. Lainnya adalah suara sebagai salah satu alat utama guru.
Bagaimana seharusnya guru menggunakan suaranya di dalam kelas
Tentu saja instrumen yang paling penting guru adalah suara. Bagaimana kita berbicara danseperti apa suara kita mempunyai pengaruh dalam kelas.
S
aat mempertimbangkan menggunakansuara dalam mengatur pembelajaran, ada 3 persoalan yang harus dipikirkan : kemampuan untukdidengar;secara jelas; suara guru harus terdengar. Mereka harus yakin bahwa siswa yang berada dibelakang kelas bisa mendengar sama baiknya dengan yang berada di depan. Tapi kemampuandidengar tidak dapat dipisahkan dari kualitas suara, teriakan tidak diperbolehkan.Guru tidak harus berteriak agar bisa didengar. Faktanya, hampir di semua kelas, berbahayakalau suara guru terlalau nyaring. Guru yang baik mencoba menjadikannya seimbang antarakemampuan untuk didengar dan volume secara benar.Variasi sangat penting bagi guru untuk menvariasikan kualitas suara mereka-dan volumebicara mereka-tergantung dari tipe pelajaran dan tipe kegiatan. Jadi, bermacam-macam suara yangkamu gunakan untuk memberi instruksi dan perkenalan kegiatan baru akan berbeda pada suara yangpantas digunakan untuk percakapan atau bertukar informasi secara resmi.Dalam satu situasi khusus, guru sering menggunakan suara yang sangat nyaring dan inidilakukan ketika mereka menginginkan siswa untuk diam atau berhenti untuk melakukan sesuatu(liat bagian berikutnya). Tapi hal tersebut merupakan point yang bermanfaat bahwa berbicarasecara pelan sering dijadikan sebagai cara yang efektif untuk memperoleh perhatian siswa, ketika
 
mereka melihat kamu berbicara, dia akan berhenti dan mendengarkan kalau-kalau apa yang kamukatakan sesuatu yang penting dan menarik. Bagaimanapun, bagi guru yang tidak pernah menaikkannada bicaranya, sekali-sekali memberikan kata seru dapat membuat efek dramatik yang berlebihandan hal tersebut kadang menjadi bermanfaat.
P
ercakapan:sama halnya dengan penyanyi opera, guru harus memelihara suaranya. Haltersebut penting karena mereka bernafas secara baik dari diafragma jadi mereka tidak menegangkanpangkal tenggorokan. Hal tersebut penting bahwa mereka menvariasikan suara mereka seluruhnyasetiap hari. Menghindari teriakan jika memungkinkan, jadi mereka bisa menghemat energi vokalnya.Menghemat suara merupakan satu hal yang perlu guru ingat ketika merencanakan setiap hari dalamseminggu kerja.
Bagaimana guru menilai setiap bagian dari pelajaran
Jika, seperti apa yang kita katakan pada chapter 1, guru perlu memberikan variasi kemudian secara jelas dia akan memasukkan bagian yang berbeda dalam pelajarannya.Ketika dia tiba di ruang kelasguru perlu memulai menghentikan pelajaran. Kalau memungkinkandan pantas. Dia perlu mengatakan kepada siswa apa yang akan mereka lakukan, atau, dengan jenispelajaran yang berbeda, perlu didiskusikan kepada mereka, apa yang mereka harapkan untukdicapai.Guru tidak selalu menjelaskan secara tepat apa yang mereka lakukan. Bagaimanapun, karenamereka kadang ingin mempertahankan bagian kejutan. Tapi meskipun demikian, memulai pelajaransecara jelas diperlukan sebagai permainan, sering dimulai dengan membuka horden, atauberkunjung ke dokter dimulai ketika bertanya padamu, sekarang, apa yang menjadipermasalahannya? Atau bagaimana saya bisa membantu anda?Ketika aktivitas berakhir dan atau yang lain adalah tentang pemulaian, hal tersebut membantu jikaguru membuat ini jelas melalui cara kebiasaan mereka dan sesuatu yang mereka katakan. Haltersebut membantu siswa jika mereka mengetahui secara jelas akhir dari sesuatu dan permulaan apayang akan datang. Acapkali guru perlu menfokuskan kembali perhatian siswa, mengarahkannya padabeberapa petunjuk baru.Aagar setiap perubahan arahan menjadi efektif, pertama guru perlu memperoleh perhatian siswa.Hal ini kadang menjadi sulit, khususnya ketika guru mencoba menarik sebuah aktivitas berbicara kedalam sebuah kesimpulan, atau ketika siswa kerja dalam sebuah kelompok. Beberapa gurumenepuk tangannya untuk memperoleh perhatian siswa. Beberapa berbicara secara nyaring,berkata seperti, Terima kasihsekarang bisakah saya memperoleh perhatiankalian?atauOKterima kasihayo, mukanya menghadap ke depan semuanya! Metode lain adalahuntuk guru angkat tangannya. Ketika seorang siswa melihat ini, dia mengangkat tangannya secarasingkat untuk membalas sebagai indikasi bahwa mereka sekarang akan tenang dan menunggu bagianselanjutnya.Akhirnya, ketika kegiatan atau pelajaran selesai, hal tersebut membantu jika guru bisa menyediakanbeberapa jenis penutupan-rangkuman dari apa yang terjadi, kemungkinan-kemungkinan, atauprediksi dari apa yang akan dilakukan pada pelajaran selanjutnya. Kadang-kadang, guru menemukansendiri suatu masalah ketika bel berbunyi, tapi ini ketidakberuntungan, karenanya meninggalkanmasalah yang tak terselesaikan di kemudian hari, dan sebuah pengertian yang tak lengkap. Haltersebut lebih baik kalau pelajaran ditutup secara sukses.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->