Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
164Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah karbohidrat

makalah karbohidrat

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 13,787 |Likes:
Published by sitiraudoh
karbohidrat
karbohidrat

More info:

Published by: sitiraudoh on Apr 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
Makalah Pratikum Hari, tanggal : Sabtu, 12 Desember 2009Biokimia Umum Waktu : 11.00-14.00 WIBPJP : Waras Nurcholis, M.SiAsisten :
Agus
 
ENZIM
 
Kelompok 5
Siti Raudoh C34080088Hana Nurulita P. C340800Aulia Hayati C340800Rico Alwinsyah C340800
DEPARTEMEN TEKNOLOGI HASIL PERAIRANFAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTANINSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2009
 
BAB IPENDAHULUANI.1 Latar Belakang
arbohidrat merupakan salah satu makromolekul penting yang dibutuhkanoleh manusia.
erbohidrat dalam bentuk gula dan pati melambangkan bagian utamakalori total yang dikonsumsi manusia dan kebanyakan hewan.
arbohidrat jugamerupakan pusat metabolisme tanaman hijau dan organisme fotosintetik lainnya yangmenggunakan energi cahaya untuk melakukan sintesa karbohidrat dari CO
2
dan H
2
O(Lehninger 1982). Zat gizi ini banyak dimiliki dalam beberapa jenis bahan makanansebagai komponen utamanya. Oleh karena itu, bukan hal yang sulit untuk dapatmenemukan bahan menu utama setiap hidangan ini.
arbohidrat dapat diperoleh dari banyak jenis pangan, misalnya serealia, umbi-umbian, buah, dll. Di Indonesia, padimerupakan sumber karbohidrat yang dijadikan sebagai makanan pokok yang masih belum tergantikan. Hal itulah yang mendasari pentingnya pengetahuan mengenaikarbohidrat yang sangat kompleks ini.
I.2 Perumusan Masalah
Dari persoalan di atas, rumusan masalahnya adalah:1.
 
Apa karbohidrat itu?2.
 
Apa macam karbohidrat?3.
 
Apa kegunaan karbohidrat?
I.3 Tujuan
T
ujuan dari penulisan makalah ini adalah:1. Mengetahui apa yang disebut dengan karbohidrat2. Mengetahui macam-macam karbohidrat3. Mengetahui berbagai kegunaan dari karbohidrat
 
 IIPEMBAHASANII. 1 Karbohidrat
arbohidrat berasal dari kata karbon dan hidrat sehingga disebut hidrat darikarbon.
arbohidrat memiliki rumus umum C
n
(H
2
O)
m
yang pada umumnya harga n =harga m.
arbohidrat merupakan kelompok besar senyawa polihidroksildehida dan polihidroksiketon atau senyawa-senyawa yang dapat dihidrolisis menjadi polihidroksialdehida atau polihidroksiketon (Wahyudi,dkk., 2003:94).
arbohidratterususun atas dua sampai delapan monosakarida yang dikenal sebagai oligosakarida.
arbohidrat memiliki rumus struktur dari Fisher dan Haworth. Struktur Fisher merupakan struktur rantai terbuka sedangkan struktur Haworth merupakan struktur tertutup (siklik). Misalnya untuk glukosa yang memiliki rumus molekul C
6
H
12
O
6.
 
arbohidrat terdapat dalam berbagai golongan. Berdasarkan jumlah unitmonosakarida penyusunnya, terdapat tiga kelompok penting yaitu
 
monosakarida,oligosakarida, dan polisakarida
.
Monosakarida merupakan karbohidrat sederhanaterdiri atas satu unit polihidroksi aldehida atau keton. Monosakarida adalah riboseyang tidak dapat dihidrolisis dan tidak kehilangan sifat gulanya. Contoh darimonosakarida adalah ribosa, arabinosa, fruktosa, glukosa, dan lainnya. Golonganmonosakarida ini biasanya dikelompokkan dalam triosa, tetrafosfat, pentosaheksosa,dan heptosa. Oligosakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas rantai pendek unit monosakaridayang digabungkan bersama-sama oleh ikatan kovalen dan biladihidrolisis menghasilkan beberapa monosakarida. Contohnya adalah raffinosa yangdihidrolisis menghasilkan glukosa, fruktosa, galaktosa, sukrosa, dan sebagainya.
ebanyakan oligisakarida yang mempunyai tiga atau lebih unit monosakarida tidak terdapat secara bebas, tetapi digabungkan sebagai rantai samping polipeptidapadaglikoprotein dan proteoglikan (Lehninger 1982).
elompok karbohidrat yang terakhir adalah polisakarida yang merupakan polimer monosakarida yang memiliki bobotmolekul yang tinggi. Bila dihidrolisis akan menghasilkan lebih dari sepuluhmonosakarida. Contohnya adalah amilum, dekstrin, glikogen, selulosa dan lainnya.

Activity (164)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dian Gita Sari liked this
Dian Makatita liked this
Anissa Wijayati liked this
roniirama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->