Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
41Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pondasi Bored Pile

Pondasi Bored Pile

Ratings: (0)|Views: 5,041|Likes:
Published by Phesek_machoo

More info:

Published by: Phesek_machoo on Apr 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/17/2013

pdf

text

original

 
PONDASI BORED PILE
 Seiring perkembangan jaman, pembangunan di Indonesia telah menyebar, tidak hanya terpusat dikota-kota besar saja, tapi telah merambah ke daerah-daerah, di seluruh pelosok tanah air.Dalam pembangunan tersebut banyak bangunan besar seperti gedung, jembatan, menara dan bangunan lain didirikan. Untuk menahan beban bangunan yang berat tersebut tentunyadiperlukan pondasi yang kokoh.Apabila kondisi tanah di permukaan tidak mampu menahan bangunan tersebut, maka beban bangunan harus diteruskan ke lapisan tanah keras di bawahnya. Untuk itu sering dipakaikonstruksi pondasi dalam berupa tiang pancang atau bored pile.Pondasi tiang pancang sering dipakai pada lahan yang masih luas dan kosong, dimana getaranyang ditimbulkan pada saat aktifitas pemancangan berlangsung tidak mengganggu lingkungansekitarnya, Namun jika bangunan tersebut didirikan di lokasi yang telah padat penduduknya,maka getaran yang ditimbulkan akan menimbulkan masalah karena sangat mengganggu dandapat merusak bangunan di sekitarnya. Dalam hal ini pemakaian pondasi bored pile merupakan pilihan pondasi yang tepat.Pada proyek besar dimana sarana transportasinya mendukung, dalam pembuatan bored pilesering digunakan alat berat berupa crane. Namun untuk proyek kecil apalagi jika saranatransportasinya kurang mendukung, penggunaan crane sering mengalami kesulitan karena untuk mobilisasinya dibutuhkan pendanaan yang cukup besar, sehingga biaya proyek menjadi tidak ekonomis lagi.
Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, kami dariPT HYONJI DAYA MANUNGGAL memperkenalkan pembuatan bored pile dengan memakai peralatan bor mini yang sangatringkas dan mudah mobilisasi maupun pengoperasiannya.
 
Peralatan ini mempunyai keunggulan sebagai berikut :
 1.
 
ingkas dan praktis sehingga mudah dan murah dalam mobilisasinya.2.
 
Mudah dioperasionalkan pada medan-medan yang sulit seperti :- Daerah rawa-rawa- Di atas sungai dan laut.- Daerah yang berbukit atau pegunungan.3.
 
Tidak menimbulkan getaran. Hal ini sangat penting, terutama untuk pembuatan pondasidi daerah perkotaan yang bangunannya cukup rapat dan tidak memungkinkan dipakainyatiang pancang.
emampuan mesin ini secara umum adalah sebagai berikut :
 1.
 
Dapat melakukan pengeboran mulai dari diameter 30 cm sampai dengan 100 cm
 
2.
 
Kedalam pengeboran dapat mencapai 30 meter atau bahkan lebih (sesuai kondisi tanahdan kedalaman tanah keras di daerah tersebut).3.
 
Dapat dioperasionalkan dengan dua cara, baik sistem wash boring maupun dry drillingtergantung kedalaman air tanah di daerah tersebut. Kedalaman pengeboran dapatmencapai 30 meter atau bahkan lebih (sesuai kondisi tanah dan kedalaman tanah keras didaerah tersebut).4.
 
Kapasitas pengeboran per unit mesin bor, jam kerja normal (8 jam kerja) dapatmenyelesaikan pekerjaan pengeboran dan pengecoran dalam ukuran volume betonsebanyak 2-5 M3 dengan sistem wash boring dan 1-3 M3 dengan sistem dry drilling.5.
 
Kecepatan pelaksanaan pekerjaan tergantung pada faktor-faktor sebagai berikut :- Kondisi lapisan tanah setempat- Lokasi kerja- Kelancaran pasokan material- Cuaca dll.
SPESIFI
ASI TE
NIS ALAT BOR :
 
a. Rangka Mesin
 
y
 
angka mesin ini mempunyai lebar 1,20 meter dengan panjang 3,00 meter terbuat dari besi kanal UNP yang berfungsi sebagai dudukan winch dan diesel penggerak.
y
 
Menara bor yang ditempatkan pada ujung rangka, terbuat dari pipa besi galvanis ber-diameter 3-4 inch dengan ketebalan medium SII, berfungsi sebagai line / pengarah gear  box terutama untuk pelurus vertikal pada saat pengeboran. Panjang menara bor ini bervariasi antara 6 sampai 9 meter tergantung kondisi lapangan. Kadang menara bor dipotong pendek apabila harus dioperasikan di dalam ruangan yang tingginya terbatas.Menara bor ini berfungsi juga sebagai penahan kerangka tulangan bored pile saat akandimasukkan ke lubang bor. Kerangka tulangan bored pile yang dapat ditarik panjangmaksimumnya 12 meter.
b. Penggerak Bor
 
otasi pengeboran digerakkan oleh elektromotor kapasitas 7,50 HP dengan kecepatanrotasi 1.500 rpm.
otasi ini diperlambat dengan speed reducer dengan ratio 1 : 40sehingga diperoleh out put 90 kgm pada 37,50 rpm.Sumber listrik penggerak elektro diperoleh dari pembangkit listrik tenaga diesel berkapasitas 10 sampai dengan 15 KVA.
c. Pipa Bor / Rod
 Pipa /
od bor terbuat dari pipa besi galvanis / baja diameter 2,50 ´ dengan ketebalanmedium SII, yang mempunyai kekuatan moment torsi > 90 kgm.
d. Mata bor
 
 
J
enis mata bor yang dipakai disesuaikan dengan kondisi tanah yang dibor. Ada 2 jenismata bor yang sering dipakai, antara lain :
Cross bit 
 Digunakan pada pengeboran dengan sistem wash boring, disini air berfungsi sebagaimedia pengangkut / pendorong tanah hasil pengeboran.
 Bor Spiral 
 Digunakan pada saat pengeboran dengan sistem dry drilling
e.
atrol / Diesel Winch
 Diesel winch yang dipakai, dilengkapi dengan tambang baja (wire rope) yang mempunyaikekuatan angkat 2 ton dengan kecepatan 8 meter / per menit.
f. Pompa
 Pompa hanya digunakan pada sistem wash boring. Dalam hal ini sering dipakai pompasentrifugal yang berdiameter isap 3 dan mempunyai tekanan 1,1 kg/cm2 yangdihubungkan ke stang bor menggunakan selang tekan berdiameter 2.
g. Corong Cor
 Corong cor digunakan sebagai penampung adukan beton yang akan dimasukkan kedalam pipa tremi. Corong cor ini terbuat dari plat besi tebal 3 mm dan ber diameter 60cm. Penyambungan corong cor dengan pipa tremie memakai sistem drat.
h. Pipa Tremi
 Pipa tremi sebagai penghantar adukan beton terbuat dari pipa galvanis berdiameter 6 ´dengan ketebalan medium SII, panjang setiap pipa 2 meter yang disambung dengansistem drat
i. Alat Bantu
 Alat bantu yang sering diperlukan dalam pekerjaan pengeboran antara lain :- Kunci pipa dan kunci rantai- Kunci pas dan kunci inggris- Cangkul, linggis, ember - Travo las, gerinda potong- Gegep dll.
 j. Roller / Perakit Baja Tulangan :
 
oller adalah alat untuk menggulung tulangan spiral jarak / sengkang spiral. Biasanyayang digunakan untuk spiral adalah tulangan polos karena baja tulangan ini memiliki sifatelastis. Diameter roller dibuat lebih kecil dari diameter bored pile sehingga didapatselimut / penutup beton yang tebalnya sekitar 5 ± 7,5 cm. Untuk pemotongan dan

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
agha1307 liked this
Lathief Muhyie liked this
Saliman Raharjo liked this
mahardiantoo liked this
mahardiantoo liked this
Yunus Hariadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->