Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
79Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH SYARAF

MAKALAH SYARAF

Ratings: (0)|Views: 2,910 |Likes:
Published by hunaepi

More info:

Published by: hunaepi on Apr 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

 
Program Studi Pendidikan SainsPascasarjana Universitas Surabaya
Makalah SISTEM SARAF Page 1
 
PENDAHULUANA.
 
Latar belakang
Sistem saraf analog dengan jaringan telepon, persambungan saraf yang rumit samaseperti sistem kabel, dan otak berfungsi sebagai stasiun kontrol pusat yang begitu kompleks.Dengan mempelajari struktur dan fungsinya, maka banyak hal yang dapat kita pelajarimengenaimekanisme sistem saraf. Dasar fungsional sistem saraf adalah kombinasi sinyal listrik dankimiawi yang membuat sel-sel saraf atau neuron mampu berkomunikasi satu sama lain.Sistem saraf merupakan jaringan kerja pensinyalan dengan cabang-cabang yangmembawa informasi secara lansung ke dan dari target khusus. Saraf dihususkan untuk trasmisiinplus dengan cepat secepat 150 m/detik (lebih dari 330 mil per jam). Akibatnya informasi dapatmerambat dari otak manusia ke lengan atau sebaliknya hanya dalam tempo beberapa milidetik.Secara umum sistem saraf mempunyai tiga fungsi yang saling tumpang tindih :
input sensoris
,
integraasi 
dan
output motoris
.
 Input 
adalah penghantaran atau konduksi sinyal darireseptor sensoris, misalnya sel-sel pendeteksi cahaya pada mata, ke pusat integrasi.
 I 
ntegrasi 
 adalah proses penerjemahan informasi yang berasal dari stimulasi reseptor sensoris olehlingkungan, kemudian dihubungkan dengan respon tubuh yang sesuai. Sebagian besar integrasidilakukan dalam Sistem Saraf Pusat (SSP) atau
Ce
ntral N 
e
rvous
 
Syst 
em
(
C
NS
), yaitu otak dansumsum tulang belakang. Sedangkan
autput 
 
motoris
adalah penghantaran sinyal dari pusatintegrasi yaitu SSP ke sel-sel efektor, sel-sel otot atau sel-sel kelenjar yang mengaktualisasikanrespon tubuh terhadap stimulus tersebut. Sinyal tersebut dihantarkan oleh saraf (nerve), berkasmirip tali yang berasal dari penjuluran neuron yang terbungkus dengan ketat dalam jaringan ikat(Campbell, 2004).Manusia dapat merespon atau merasakan panas yang di timbulkan api, manusia dapatmerasakan dingin, manusia dapat berfikir, manusia dapat mengingat sesuatu yang pernah dialamidll. Hal ini sangat terkait dengan kinerja dari saraf.
 
Program Studi Pendidikan SainsPascasarjana Universitas Surabaya
Makalah SISTEM SARAF Page 2
 
TI
NJAUAN PUS
T
AKA1.
 
Definisi Saraf 
Sel saraf, atau neuron, adalah satuan anatomis dan fungsional independent dengan cirimorfologis majemuk. Mereka berperan pada penerimaan, penghantaran dan pemrosesanrangsang; pencetus aktivitas sel tertentu; dan pelepas neurotransmitter dan molekul-molekul penyampai informasi lainnya.Saraf merupakan Susunan saraf manusia merupakan bagian tubuh yang palingkompleks dan dibentuk oleh lebih dari 100 juta sel saraf (neuron), dan didukung oleh sel-selglia yang jumlahnya lebih banyak. Rata-rata setiap neuron memiliki sekurang-kurangnyaseribu hubungan dengan neuron lain, membentuk suatu system komunikasi yang kompleks. Neuron mengadakan komunikasi yang cepat antara kelompok-kelompok sel yang diatur secara serial, sehingga memungkinkan penghantaran informasi yang cepat melewati jarak yang jauh.
2
.
 
Struktur dan Sistem Kerja Saraf 
Sebuah neuron mempunyai badan sel (cell body) atau perikarion, yang relative besar yang mengandung nucleus dan berbagai ragam organel seluler lainnya. Merupakan pusattrofik untuk seluruh sel saraf dan juga peka terhadap rangsang. Neuron memiliki penjuluranmirip serat yang disebut prosesus, sehingga sel mampu mencapai jarak yang jauhuntukmenghantarkan pesan. Ada dua jenis penjuluran neural yang umum: dendrit, yangmerupakan juluran-juluran panjang dikhususkan untuk menerima stimulus dari lingkungan,dari sel apitelial sensoris, atau dari neuron lain dan kemudian mengirimkan sinyal dariujungnya ke seluruh bagian lain neuron; dan akson, yang merupakan juluran tunggal yangdikhususkan untuk membangkitkan atau menghantar implus saraf ke sel lain melalui ujungneuron. Akson juga dapat menerima informasi dari neuron lain; informasi ini terutamamengubah penghantaran potensial aksi ke neurom lain. Bagian distal akson umumnya bercabang dan membentuk cabang-cabang terminal. Setiap cabang ini berakhir pada sel berikutnya berupa pelebaran yang disebut pentol akhir (bouton), yang membentuk struktur yang disebut sinaps. Sinaps meneruskan informasi kepada sel berikut dalamsirkuit.
 
Program Studi Pendidikan SainsPascasarjana Universitas Surabaya
Makala
h
 ¡ ¢ ¡ £ 
M SA
R
 AF Pa
 g
¤ 
3
 
 Neuron dan
 j
u
l
urannya mempunya
i
ben
t
uk dan ukuran yang sanga
t
berfar 
i
as
i
 
B
erdasarkan ukuran dan ben
t
uk 
 j
u
l
urannya neuron dapa
t
d
i
 bag
i
men
 j
ad
i:
neuronmu
lti
 po
l
ar,yang mem
ili
i
 
l
eb
i
dar 
i
2
 j
u
l
uran, sa
t
u ada
l
ah akson dan
l
a
i
nnya ada
l
ah dendr 
it
e
;
neuron b
i
 po
l
ar, dengan sa
t
u akson dan sa
t
u dendr 
it
e
;
dan neuron pseudoun
i
 po
l
ar, yang mem
ili
i
sa
t
u
 j
u
l
uran deka
t
per 
i
kar 
i
on yang bercabang men
 j
ad
i
2 cabang. Ju
l
uran
it
u berben
t
uk huruf T,dengan sa
t
u cabang me
l
uas ke u
 j
ung per 
i
fer dan sa
t
u
l
ag
i
kea rah susunan saraf pusa
t
. Padaneuron pseudoun
i
 po
l
ar, rangsangan yang d
i
amb
il
o
l
eh dendr 
it
 
l
ansung menu
 j
u akson
t
erm
i
na
l
 
t
anpa me
l
ewa
ti
per 
i
kar 
i
o.D
i
 bawa
i
n
i
merupakan gambar ben
t
uk dar 
i
se
l
saraf a
t
au neuron adapun gambar sebga
i
ber 
i
ku
t;
 
Sumber Biology LivingSumber Campbell reece mitchell,

Activity (79)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Meilano Setiawan liked this
Maria Meryanti liked this
Ady Yoko liked this
Anggie Nancy liked this
Anggie Nancy liked this
Lili Alipah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->