Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
119Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Interpersonal

Komunikasi Interpersonal

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 5,942 |Likes:
Published by faqihbeih
tugas kuliahq
tugas kuliahq

More info:

Published by: faqihbeih on Apr 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
Komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal
menunjuk kepadakomunikasidenganoranglain. Komunikasi jenis ini dibagi lagi menjadikomunikasi diadik,komunikasi publik, dankomunikasi kelompok-kecil.ModelJendela Joharimemusatkan pada keseimbangan komunikasiinterpersonal.Komunikasi interpersonal termasuk:
parafraseMemiliki komunikasi interpersonal yang baik mendukung proses-proses seperti:
pemecahan konflikKomunikasi interpersonal merupakan subyek dari beberapa disiplin dalambidangpsikologi, terutamaanalisis transaksional. Komunikasi ini dapat dihalangi olehgangguan komunikasiatauolehkesombongan,sifat malu, dll.
Komunikasi
Komunikasi
adalah suatuprosespenyampaianinformasi(pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi salingmempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasidilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapatdimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidakadabahasaverbalyang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi denganbahasanonverbal.
Sejarah komunikasi
Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis.Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan untuk reproduksi. Seiring dengan evolusikehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut
 
berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawinpadaikan. Pada binatang, komunikasi juga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan, biasanya dengansikap menyerang. Munurut sejarah evolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu munculnya "otakreptil" menjadi penting karena otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap kejadian didunia luar yang kita kenal sebagaiemosi.Pada manusia modern, otak reptil ini masih terdapatpadasistem limbikotak manusia, dan hanya dilapisi oleh otak lain "tingkat tinggi".Manusiaberkomunikasi untuk membagipengetahuandanpengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasukbahasa sinyal, bicara,tulisan,gerakan, danpenyiaran. Komunikasi dapat berupainteraktif, transaktif, bertujuan, atautak bertujuan. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompokorangdapat dipahami olehpihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapatditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.Walaupun komunikasi sudah dipelajari sejak lama dan termasuk “barang antik”, topik ini menjadipenting khususnya pada abad 20 karena pertumbuhan komunikasi digambarkan sebagai“penemuan yang revolusioner”, hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang pesatseperti radio. Televisi, telepon, satelit dan jaringan komuter seiring dengan industiralisasi bidangusaha yang besar dan politik yang mendunia. Komunikasi dalam tingkat akademi mungkin telahmemiliki departemen sendiri dimana komunikasi dibagi-bagi menjadi komunikasi masa,komunikasi bagi pembawa acara, humas dan lainnya, namun subyeknya akan tetap. Pekerjaandalam komunikasi mencerminkan keberagaman komunikasi itu sendiri.
Komponen komunikasi
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung denganbaik. MenurutLaswellkomponen-komponen komunikasi adalah:
Pengirim atau komunikator (
sender 
) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihaklain.
Pesan (
message
) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihakkepada pihak lain.
Saluran (
channel 
) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalamkomunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getarannada/suara.
Penerima atau komunikate (
receiver 
) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
Umpan balik (
feedback 
) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yangdisampaikannya.
Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akandijalankan ("Protokol")
 
Proses komunikasi
Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.
1.
Komunikator (
sender 
) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan oranglain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikanitu bisa berupa informasi dalam bentukbahasaataupun lewat simbol-simbol yang bisadimengerti kedua pihak.
2.
Pesan (
message
) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluranbaik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsungmelaluitelepon,surat, e-mail,atau media lainnya. media (channel) alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan
1.
Komunikan (
receiver 
) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkanisi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
2.
Komunikan (
receiver 
) memberikan umpan balik (
feedback 
) atau tanggapan ataspesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yangdimaksud oleh si pengirim.
Teknologi komunikasi
Dalam telekomunikasi, komunikasi radio dua-arah melewati Atlantik pertama terjadi pada 25 Juli1920.Dengan berkembangnya teknologi, protokol komunikasi juga turut berkembang, contohnya,Thomas Edison telah menemukan bahwa "halo" merupakan kata sambutan yang paling tidakberambiguasi melalui suara dari kejauhan; kata sambutan lain seperti
hail 
dapat mudah hilangatau terganggu dalam transmisi.
Batasan dalam komunikasi
Batasan dalam komunikasi termasuk:1.Bahasa2.Penundaan waktu3.Politik

Activity (119)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
83114 liked this
Ca Mi Phang liked this
Jauza Nurrianti liked this
wana_omar liked this
Alex Rahma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->