Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEMBELAJARAN KOOPERATIF

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 2,284|Likes:
Published by CANDERA

More info:

Published by: CANDERA on Apr 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/11/2012

pdf

text

original

 
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
 
A.KARAKTERISTIK 
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknyatiga tujuan penting pembelajaran, yaitu
hasil belajar akademik,
 penerimaan terhadap keragaman, dan
 pengembangan keterampilan sosial (Ibrahim, dkk, 2000:7).Menurut Slavin (1997), pembelajaran kooperatif, merupakan model pembelajarandengan siswa bekerja dalam kelompok yang memiliki kemampuan heterogen.Pembelajaran kooperatif atau cooperative learning mengacu pada model pengajaran, siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar (Nur dan Wikandari, 2000:25).Eggen dan Kauchak (1993: 319) mendefinisikan pembelajaran kooperatif sebagaisekumpulan strategi mengajar yang digunakan guru agar siswa saling membantudalam mempelajari sesuatu.Pembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian, tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar mahasiswa,membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkankemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat saling ketergantungan positif di antara mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap mahasiswa mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses.Aktivitas belajar berpusat pada mahasiswa dalam bentuk diskusi, mengerjakan tugas bersama, saling membantu dan saling mendukung dalam memecahkan masalah.Melalui interaksi belajar yang efektif mahasiswa lebih termotivasi, percaya diri,mampu menggunakan strategi berpikir tingkat tinggi, serta mampu membangunhubungan interpersonal. Model pembelajaran kooperatif memungkinkan semuamahasiswa dapat menguasai materi pada tingkat penguasaan yang relatif sama atausejajar.Ada 4 macam model pembelajaran kooperatif yang dikemukakan oleh Arends(2001), yaitu;
 
(1)Student Teams Achievement Division (STAD),
Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, STAD juga merupakansuatu metode pembelajaran kooperatif yang efektif.Lima komponen utama pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu:
1. Pengajaran
Tujuan utama dari pengajaran ini adalah guru menyajikan materi pelajaran sesuaidengan yang direncanakan. Setiap awal dalam pembelajaran kooperatif tipe STADselalu dimulai dengan penyajian kelas.Penyajian tersebut mencakup pembukaan, pengembangan dan latihan terbimbing dari keseluruhan pelajaran dengan penekanandalam penyajian materi pelajaran.a)Pembukaan
Menyampaikan pada siswa apa yang hendak mereka pelajari dan mengapahal itu penting. Timbulkan rasa ingin tahu siswa dengan demonstrasi yangmenimbulkan teka-teki, masalah kehidupan nyata, atau cara lain.
Guru dapat menyuruh siswa bekerja dalam kelompok untuk menemukankonsep atau merangsang keinginan mereka pada pelajaran tersebut.
Ulangi secara singkat ketrampilan atau informasi yang merupakan syaratmutlak. b) Pengembangan
Kembangkan materi pembelajaran sesuai dengan apa yang akan dipelajarisiswa dalam kelompok.
Pembelajaran kooperatif menekankan, bahwa belajar adalah memahamimakna bukan hapalan.
Mengontrol pemahaman siswa sesering mungkin dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.
Memberi penjelasan mengapa jawaban pertanyaan tersebut benar atau salah.
Beralih pada konsep yang lain jika siswa telah memahami pokok masalahnya.c) Latihan Terbimbing
Menyuruh semua siswa mengerjakan soal atas pertanyaan yang diberikan.
 
Memanggil siswa secara acak untuk menjawab atau menyelesaikan soal. Halini bertujuan supaya semua siswa selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin.
Pemberian tugas kelas tidak boleh menyita waktu yang terlalu lama.Sebaiknya siswa mengerjakan satu atau dua masalah (soal) dan langsungdiberikan umpan balik.
2. Belajar Kelompok 
Selama belajar kelompok, tugas anggota kelompok adalah menguasai materi yangdiberikan guru dan membantu teman satu kelompok untuk menguasai materi tersebut.Siswa diberi lembar kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih ketrampilan yangsedang diajarkan untuk mengevaluasi diri mereka dan teman satu kelompok.Pada saat pertama kali guru menggunakan pembelajaran kooperatif, guru juga perlu memberikan bantuan dengan cara menjelaskan perintah, mereview konsep ataumenjawab pertanyaan.Selanjutnya langkah-langkah yang dilakukan guru sebagai berikut :1)Mintalah anggota kelompok memindahkan meja / bangku mereka bersama-sama dan pindah kemeja kelompok.2)Berilah waktu lebih kurang 10 menit untuk memilih nama kelompok.3)Bagikan lembar kegiatan siswa.4)Serahkan pada siswa untuk bekerja sama dalam pasangan, bertiga atau satukelompok utuh, tergantung pada tujuan yang sedang dipelajari. Jika merekamengerjakan soal, masing-masing siswa harus mengerjakan soal sendiri dankemudian dicocokkan dengan temannya. Jika salah satu tidak dapatmengerjakan suatu pertanyaan, teman satu kelompok bertanggung jawabmenjelaskannya. Jika siswa mengerjakan dengan jawaban pendek, makamereka lebih sering bertanya dan kemudian antara teman saling bergantianmemegang lembar kegiatan dan berusaha menjawab pertanyaan itu.5)Tekankan pada siswa bahwa mereka belum selesai belajar sampai merekayakin teman-teman satu kelompok dapat mencapai nilai sampai 100 pada kuis.Pastikan siswa mengerti bahwa lembar kegiatan tersebut untuk belajar tidak hanya untuk diisi dan diserahkan. Jadi penting bagi siswa mempunyai lembar kegiatan untuk mengecek diri mereka dan teman-teman sekelompok mereka pada saat mereka belajar. Ingatkan siswa jika mereka mempunyai pertanyaan,mereka seharusnya menanyakan teman sekelompoknya sebelum bertanyaguru.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rosykren liked this
Wan Yogaswara liked this
sitisyahrabannun liked this
ruqhy TRAPSILO liked this
Uba Sayyaf liked this
Ina Presiden liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->