Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pembelajaran

pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 795 |Likes:
Published by CANDERA

More info:

Published by: CANDERA on Apr 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
PEMBELAJARANA. Pengertian Pembelajaran
Belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksiterhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatutujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, danmemahami sesuatu yang dipelajari.Sedangkan mengajar sendiri memiliki pengertian :
1.
Upaya guru untuk “membangkitkanyang berarti menyebabkan ataumendorong seseorang (siswa) belajar. (Rochman Nata Wijaya,1992)
2.
Menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjdinya proses belajar.(Hasibuan J.J,1992)3.Suatu usaha untuk membuat siswa belajar, yaitu usaha untuk terjadinya perubahan tingkah laku. (Gagne)Dan Pembelajaran yang diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal darikata dasar “ajar” yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui(diturut) ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an menjadi “pembelajaran”,yang berarti proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar. (KBBI)Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desaininstruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar (Dimyati & Mudjiono dalam Sagala, 2005)Dalam pembelajaran guru harus memahami materi pelajaran yang diajarkansebagai suatu pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa danmemahami barbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswauntuk belajar dengan perencaan pengajaran yang matang oleh guru. Oleh sebab itudiperlukan adanya teori pembelajaran yang akan menjelaskan asas-asas untuk merancang pembelajaran yang efektif dikelas (Bruner dalam Sagala, 2005)Pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis melalui tahaprancangan, pelaksanaan dan evaluasi (Knirk & Gustafson dalam Sagala, 2005).Dalam hal ini pembelajaran tidak terjadi seketika, melainkan sudah melalui tahapan perancangan pembelajaran.
 
Proses pembelajaran aktivitasnya dalam bentuk interaksi belajar mengajar dalam suasana interaksi edukatif, yaitu interaksi yang sadar akan tujuan, artinyainteraksi yang telah dicanangkan untuk suatu tujuan tertentu setidaknya adalah pencapaian tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan padasatuan pelajaran. Kegaitan pembelajaran yang diprogramkan guru merupakankegiatan integralistik antara pendidikan dengan peserta didik. Kegiatan pembelajaransecara metodologis berakar dari pihak pendidik yaitu guru, dan kegiatan belajasecara pedagogis berakar dari pihak peseta didik.Pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalamsuatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan, pelaksanaan, dan evaluasidalam konteks kegiatan belajar mengajar (Knirk & Gustafson dalam Sagala, 2005)Dalam proses, pembelajaran dikembangkan melalui pola pembelajaran yangmenggambarkan kedudukan serta peran pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.Pembelajaran (pengajaran) adalah upaya untuk membelajarkan siswa (Degengdalam Uno, 2006).Secara implisit dalam pengajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan,mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan.Pemilihan, penetapan dan pengembangan metode ini didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada. Dalam hal ini istilah pembelajaran memiliki hakikat perencanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa.Oleh karena itu pembelajaran memusatkan perhatian pada bagaimanamembelajarkan siswa” bukan pada “apa yang dipelajari siswa”.Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk merancangnya agar rencana pembelajaran yang disusun benar-benar dapat memenuhiharapan dan tujuan pembelajaran.Pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu yang menaruh perhatian pada perbaikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teori pembelajaran (Degeng,1989; Reigeluth, 1983).Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasildari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Surya,2004)
 
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dansumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yangdiberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu pesertadidik agar dapat belajar dengan baik. (Wikipedia.com)Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang miripdengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), jugadapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek  psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran jugamenyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.Instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang,disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Gagne dan Briggs (1979:3)Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dansumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (UU No. 20/2003, Bab I Pasal Ayat20)Istilah “pembelajaran” sama dengan “instruction atau “pengajaran”.Pengajaran mempunyai arti cara mengajar atau mengajarkan. (Purwadinata, 1967, hal22). Dengan demikian pengajaran diartikan sama dengan perbuatan belajar (olehsiswa) dan Mengajar (oleh guru). Kegiatan belajar mengajar adalah satu kesatuan daridua kegiatan yang searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan primer, sedangkanmengajar adalah kegiatan sekunder yang dimaksudkan agar terjadi kegiatan secaraoptimal.Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran adalah usaha sadar dariguru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada dirisiswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baruyang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurkholismath liked this
Ching Suit Li liked this
Rikko Anggara liked this
Susi Best Plen liked this
Novia Supit liked this
Iman Franza liked this
ubed_hebat liked this
Dicky Nasution liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->