Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No.40 Tahun 2009

UU No.40 Tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 1,896|Likes:
Published by Tuyul_Nakal_4246
UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan
UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan

More info:

Published by: Tuyul_Nakal_4246 on Apr 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
UNDANG – UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 40 TAHUN 20092009  TENTANGKEPEMUDAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesiasejak perintisan pergerakan kebangsaan Indonesia,pemuda berperan aktif sebagai ujung tombak dalammengantarkan bangsa dan negara Indonesia yangmerdeka, bersatu, dan berdaulat;b. bahwa dalam pembaruan dan pembangunan bangsa,pemuda mempunyai fungsi dan peran yang sangatstrategis sehingga perlu dikembangkan potensi danperannya melalui penyadaran, pemberdayaan, danpengembangan sebagai bagian dari pembangunannasional;c. bahwa untuk mewujudkan tujuan pembangunannasional, diperlukan pemuda yang berakhlak mulia,sehat, tangguh, cerdas, mandiri, dan profesional;d. bahwa untuk membangun pemuda, diperlukanpelayanan kepemudaan dalam dimensi pembangunandi segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, danhuruf d, perlu membentuk Undang-Undang tentangKepemudaan;Mengingat: . . .
 
 
- 2 -Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 27, Pasal 28C, dan Pasal31 ayat (1), ayat (4), dan ayat (5) Undang-Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG KEPEMUDAAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pemuda adalah warga negara Indonesia yangmemasuki periode penting pertumbuhan danperkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai30 (tiga puluh) tahun.2.
 
Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitandengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter,kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda.3.
 
Pembangunan kepemudaan adalah prosesmemfasilitasi segala hal yang berkaitan dengankepemudaan.4.
 
Pelayanan kepemudaan adalah penyadaran,pemberdayaan, dan pengembangan kepemimpinan,kewirausahaan, serta kepeloporan pemuda.5.
 
Penyadaran pemuda adalah kegiatan yangdiarahkan untuk memahami dan menyikapiperubahan lingkungan.6. Pemberdayaan . . .
 
 
- 3 -6.
 
Pemberdayaan pemuda adalah kegiatanmembangkitkan potensi dan peran aktif pemuda.7.
 
Pengembangan kepemimpinan pemuda adalahkegiatan mengembangkan potensi keteladanan,keberpengaruhan, serta penggerakan pemuda.8.
 
Pengembangan kewirausahaan pemuda adalahkegiatan mengembangkan potensi keterampilamdan kemandirian berusaha.9.
 
Pengembangan kepeloporan pemuda adalahkegiatan mengembangkan potensi dalam merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan,dan memberikan jalan keluar atas pelbagaimasalah.10.
 
Kemitraan adalah kerja sama untuk membangunpotensi pemuda dengan prinsip salingmembutuhkan, saling memperkuat, dan salingmenguntungkan.11.
 
Organisasi kepemudaan adalah wadahpengembangan potensi pemuda.12.
 
Penghargaan adalah pengakuan atas prestasidan/atau jasa di bidang kepemudaan yangdiwujudkan dalam bentuk materiel dan/ataunonmateriel.13.
 
Masyarakat adalah warga negara Indonesia yangmempunyai perhatian dan peranan dalam bidangkepemudaan.14.
 
Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah,adalah Presiden Republik Indonesia yang memegangkekuasaan pemerintahan negara RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.15. Pemerintah . . .

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Salman Al Farisi liked this
Suro MuTe liked this
fita_2504 liked this
royuusetya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->