Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
133Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PERPUSTAKAAN

MAKALAH PERPUSTAKAAN

Ratings: (0)|Views: 33,627|Likes:
Published by Khusnayain

More info:

Published by: Khusnayain on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG
Pada zaman ini yaitu era globalisasi memungkinkan banyaknya akses untuk mencari informasi dari segala penjuru dunia salah satunya adalah melalui perpustakaan yang sudah banyak didirikan. Dengan adanya perpustakaan kita jugadapat mencari, mengolah ataupun menyimpan data atau yang dikenal dengan perpustakaan digital.Dalam dunia pendidikan khususnya, perpustakaan dijadikan sebagai saranainformasi yang diperlukan sebagai sumber belajar maupun laboratorium belajar yang memungkinkan para tenaga pendidik dan peserta pendidik meningkatkankualitasnya. Namun hal yang paling utama dalam mengoptimalkan fungsi perpustakaan adalah minat baca yang harus dimiliki seseorang dan jugamanajemen perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca. Namun pada kenyataannya tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan perpustakaan sekolah dengan baik. Masih banyak kendala yang dihadapi olehsekolah, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan para pengelola perpustakaan tentang masalah manajemen perpustakaan. Buku-buku tentang perpustakaan sekolah yang beredar kebanyakan membahas hal-hal teknis tentang penyelenggaraan perpustakaan dan bukan manajemen dari perpustakaan itusendiri.Kemudian apabila kita memasuki suatu perpustakaan sekolah, yang kita lihat pertama adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara rapih di rak  buku, rak majalah, maupun rak-rak bahan pustaka lain. Bahan-bahan pustakatersebut diatur menurut suatu sistem tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang diperlukan.
B.RUMUSAN MASALAH
Dari pernyataan diatas maka timbul permasalahan atau pertanyaan mengapa perpustakaan belum bisa menjadi fungsi (sebagai media informasi) yangsebenarnya? Mengapa koleksi buku diperpustakaan masih banyak kekurangandalam artian tidak memenuhi tuntutan siswa/mahasiswa?
1
 
Kedua permasalahan ini yang sering menyebabkan konsumen atau pengguna perpustakaan lari kepada media atau perpustakaan lain untuk mendapatkaninformasi yang mereka inginkan.
C.TUJUAN
Tujuan penulis menulis judul ini adalah :
 Pertama;
menambah wawasantentang manajemen perpustakaan, sehingga bila suatu saat nanti penulis dipercayamengelola perpustakaan penulis bisa melakukan pengembangan diperpustakaantersebut.
 Kedua;
sebagai pemenuhan tugas akhir matakuliah ManajemenPerpustakaan.
2
 
BAB IIPEMBAHASANA.PENGERTIAN1.Perpustakaan
Secara tradisional arti dari perpustakaan adalah sebuah koleksi buku danmajalah. Walaupun dapat juga diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangannamun lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dandioperasikan oleh sebuah kota atau institusi yang dimanfaatkan olehmasyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.Dalam undang undang perpustakaan disebutkan, bahwa Perpustakaanadalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karyarekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.Perpustakaan menurut Wafford ( 1961 : 1 ) adalah perpustakaan sebagaisalah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengeloladanmemberikan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakattertentu maupun masyarakat umum.Menurut Sulitio Basuki, perpustakaan adalah ruangan atau bagian sebuahruangan gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku danterbitan lainnya menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca.
2.Manajemen Perpustakaan
Manajemen perpustakaan sekolah pada dasarnya adalah prosesmengoptimalkan kontribusi manusia, material, anggaran untuk mencapaitujuan perpustakaan. Kemudian dalam pengeratian lain disebutkan bahwamanajemen perpustakaan adalah proses pengelolaan perpustakaan dengan didasarkan pada prinsip-prinsip dan teori-teori manajemen.Pada hakekataya manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapat tujuan,melalui kerja orang-orang lain. Secara lebih terperinci dapat dinyatakan, bahwa manajemen meliputi perancangan dan sifat-sifat usaha kelompok dalamrangka untuk mencapai tujuan, tetapi dengan penggunaan modal berupa,waktu, uang, material dan juga hambatan yang dijumpai, seminim mungkin.Dengan kata lain konsep dasar manajemen adalah perencanaan,
3

Activity (133)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hery NGgamber added this note|
Like, sangat membantu saya dalam perkulliahan....
Dinar liked this
Hery NGgamber liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Shafar Khan liked this
israfiladam liked this
Adi Setiawan liked this
Nia Nuraisah liked this
Isti Q liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->