Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Beberapa Definisi Reality Show

Beberapa Definisi Reality Show

Ratings: (0)|Views: 3,213 |Likes:
Published by cyn_12

More info:

Published by: cyn_12 on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2013

pdf

text

original

 
Reality show
Beberapa Definisi reality show:Reality show adalah suatu acara yang menampilkan realties kehidupan seseorang yang bukan selebriti (orang awam), lalu disiarkan melalui jaringan TV, sehingga bisadilihat masyarakat. Reality show tak sekedar mengekspose kehidupan orang, tetapi juga ajang kompetisi, bahkan menjahili orang. (Widyaningrum dan Christiastuti,Agustus, 2004)Reality show secara istilah bebarti pertunjukan yang asli (real), tidak direkayasa, dantidak dibuat-buat. Kejadiannya diambil dari keseharian, kehidupan masyarakat apaadanya, yaitu realita dari masyarakat ( Motulz Media Center, Mei, 2005)Dalam penyajiannya acara reality show terbagi menjadi 3 jenis, yaituDocusoap ( documenter dan soap opera) yaitu gabungan rekaman asli dan plot. Disini penonton dan kamera menjadi pengamat pasif dalam mengikuti orang-orang yangsedang menjalani kegiatan sehari-hari mereka, baik yang professional maupun pribadi. Dalam hal ini produser menciptakan plot sehingga enak ditonton oleh pemirsa. Para kru dalam proses editing menggabungkan setiap kejadian sesuaidengan yang mereka inginkan sehingga akhirnya terbentuk cerita berdurasi 30 menittiap episode. Contohnya: MTV’s Real World The Temptation Island, dllHidden Camera yaitu sebuah kamera tersembunyi merekam orang-orang dalam situasiyang sudah di-set. Contohnya: spontan, ngacir, dllReality game show yaitu sejumlah kontestan yang direkam secara intensif dalam suatulingkungan khusus guna bersaing memperebutkan hadiah. Fokus dari acara ini parakontestan menjalani kontes dengan tipu muslihat sampai reaksi yang menang dankalah. Contohnya: Survivot, Penghuni terakhir, American idol, dll. (Harmandini,September, 2005).
Acara-acara reality show di Trans tv
Jika Aku Menjadi ( Sabtu 17.30, Minggu 17.30)
J-A-M adalah program majalah berita, yang menyuguhkaninformasi langsung seputar kehidupan kalangan kelas bawah(pemulung, nelayan, buruh panggul pasar, kuli panggul pelabuhan, petani penggarap, penangkap kalong, buruh pemetik  jamur, tukang kayu, tukang ojek sepeda, dll.).Informasi dalam J-A-M ditujukan untuk memberi pemahaman, empati atausimpati pada masyarakat bawah. Tidak dengan cara karitas atau membagi-bagiuang/barang/renovasi rumah (seperti program di stasiun-stasiun TV lain), tetapidengan menampilkan keseharian mereka di rumah, di lingkungan sekitar, ditempat kerja, dan sebagainya.
Acara reality show ini menggunakan pendekatan sosial dan informasi.
 
Termehek – mehek (sabtu 18.15, minggu 18.15)
Sebuah Drama Reality, pencarian yang akan mempertemukanclient dengan orang yang sangat ingin ditemuinya (target)karena sebuah alas an khusus, dimana client tidak tahukeberadaan sang target sekarang (lost contact)..Setelah berhasil melakukan pencarian, host kemudian akan mempertemukanclient dengan sang target. Konflik akan terjadi pada saat proses pertemuan clientdengan target. Program akan diperkuat dengan testimony dari client, target, dan bahkan host. Melalui testimony, penonton dapat melihat dan merasakan apa yangsedang dirasakan oleh client, target, dan host.
Acara reality show ini menggunakan pendekatan drama dan hiburan.
Orang ketiga ( Senin, selasa, rabu, kamis, jumat 16.30)
Program orang ketiga ini adalah sebuah tayangan yang memilikikonsep untuk membantu pihak-pihak yang memiliki permasalahan dalam sebuah hubungan (relationship), namun benang merah dari program ini adalah kita melibatkan orangketiga yang memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang sedangmengalami masalah.Jadi posisi orang ketiga disini adalah sebagai pemberi/pencari informasi. Program juga lebih menekankan pengintaian dan pencarian
Acara reality show ini menggunakan pendekatan drama dan hiburan.
Jail ( Jumat 14.30)
Program ini adalah sebuah comedy reality show berdurasi 30menit yang menangkap kelucuan suatu situasi. Setiap episodeakan menampilkan beberapa ide jahil yang telah dipersiapkanuntuk menjahili orang dan tempat secara acak. Tim produksiakan berkeliling ke berbagai lokasi untuk mencari korban yangakan dijahili.Content dari acara ini berupa practical joke yang sifatnyasituasional (dengan mempermainkan emosi “korban”) atau joke yangmenggunakan properti untuk mengerjai dan menjebak “korban“ ke dalam situasikomedi yang mengundang tawa pemirsa.
Acara reality show ini menggunakan pendekatan hiburan.
 
Religi ( Senin 21.00, rabu 20.30)
Drama reality yang sarat dengan siraman rohani. Mengangkatkisah anak manusia yang berupaya / berusaha untuk mengajak orang terdekat (Orang tua, anak,sahabat, dll ) untuk kembali ke jalan yang benar.Program ini tidak menggunakan host. Disamping keberadaanTim Trans TV, akan ada seorang konselor dan motivator (Ustadz,Psikolog, dll) bagi pelapor untuk mencari solusi yang terbaik. Pelapor adalah orang terdekatdengan Target.Di akhir cerita usaha menyadarkan Target tidak selalu harus berhasil. Kameraakan selalu mengikuti Pelapor dalam usahanya menyadarkan Target (No- HiddenCamera)
Acara reality show ini menggunakan pendekatan agama dan drama.
Hidup ini Indah ( Sabtu 12.00)
Program ini menyajikan lika liku perjalanan seorang pengusahasejak mulai merintis usahanya hingga mencapai kesuksesan.
Acara reality show ini menggunakan pendekatan drama.
Makin Gaya
 
(Sabtu 15.00)
Merupakan program reality show dimana seseorang yang biasasaja akan menjadi luar biasa dengan di – make over. Pada program reality show Makin Gaya ini, Target
 
yang akan di makeover , “di culik” oleh host kemudian di make over di salon. Halyang menarik target penonton program ini adalah drama realityshow baru yang ringan, lucu, dan menghibur 
Reality show ini menggunakan pendekatan drama dan hiburan
LOE BOLEH GILA ! ( Minggu 15.00)
adalah program reality show terbaru yang mengangkat kisah orang-orang yangselalu ada pada rutinitas yang sama, ingin lepas dari segala tekanan danrutinitasnya dengan cara mewujudkan impian gila mereka selama sehari.
Acara realtiy show ini menggunakan pendekatan sosial dan hiburan.
Bosan jadi pegawai ( Minggu 12.00)

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
maaf sebelumnya. saya mau menanyakan. apakah " CATATAN SI OLGA " juga termasuk dalam reality show?? terimakasih :)
Joe Bladis liked this
Datika Harliana liked this
Rina Yuli Arti liked this
Silvia Arvie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->