Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
teori_karburator

teori_karburator

Ratings: (0)|Views: 750|Likes:
Published by goj4ck

More info:

Published by: goj4ck on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2010

pdf

text

original

 
Teori Karburator Sepeda Motor
Oleh: Heru HerlambangMXRider Community, Knowledge Development Dept
Konstruksi karburator sepeda motor terlihat lebih complex, namun dengan sedikit teori, andadapat mengatur/menyetel motor anda untuk mendapatkan kecepatan maksimum. Semua tipekarburator bekerja dibawah prinsip dasar tekanan atmosfeer. Tekanan atmosfer adalahsebuah gaya yg besar dimana gaya tersebut menggunakan tekanan terhadap sesuatu. Ada perbedaan yg tipis antara tekanan biasa dengan tekanan atmosfer namun secara umum bisa dikatakan nilainya 15 pounds per square inch(PSI). Dengan berbedanya tekanan atmosfer didalam mesin dan karburator, kita dapat merubah tekanan dan membuat bahan bakar sertaudara mengalir kedalamnya.Tekanan atmosfer akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan yg lebih rendah.Sebagaimana yg terjadi pada piston di motor 2 tak yang bergerak naik (atau piston yg bergerak turun pada mesin 4 tak), sebuah tekanan yang lebih rendah terbentuk dalamcrankcase (ruang bakar mesin) atau diatas kepala piston dalam motor 4 tak. Tekanan renda ini juga menyebabkan sebuah tekanan yang rendah di dalam karburator. Selama tekanan diluar mesin dan karburator lebih tinggi. Maka udara akan segera masuk/tertekan kedalamkarburator dan mesin hingga tekanan didalamnya seimbang. Pergerakan udara melaluikarburator akan mengangkat bahan bakar dan campurannya dengan udara dalam hal initerjadi pengabutan.Didalam karburator ada yg namanya venturi,
gambar 1
. venturi adalah pembatas didalamkarburator yang bekerja menekan aliran udara agar bergerak cepat masuk kedalam ruang bakar. Sebuah muara sungai yang tiba-tiba menyempit dapat di gunakan sebagai ilustrasitentang apa yang terjadi di dalam karburator. Air sungai yang mengalir deras hinggamendekati tepi muara yang sempit dan akan semakin cepat jika lebar sungai semakinmenyempit. Hal yang sama seperti itulah yang terjadi di dalam karburator. Aliran udara ygmengalir deras akan menyebabkan tekanan atmosfer turun didalam karburator. Semakin cepatudara bergerak, semakin rendah tekanan didalam carburator.
Gambar 1
 
Umumnya perangkat karburator sepeda motor diatur oleh Posisi Bukaan Katub Gas/BBMdan bukan oleh kecepatan kerja mesin (RPM). Ada 5 sistem pengukur utama didalamkarburator umumnya. Perangkat pengukur ini saling berhubungan satu dengan lainnya, antaralain:
 
Perangkat Pilot
 
Katub skep gas/bensin
 
 Needle jet dan jet needle
 
Main jet
 
Perangkat chokeRangkaian/perangkan Pilot memiliki 2 komponen pengatur penyesuaian,
gambar 2
. skrup pilot udara dan Pilot jet. Skrup udara bisa juga diletakan dekat sisi belakang karburator ataudekat sisi depan karburator. Jika skrup terletak dekat sisi belakang, skrup ini akan mengatur  banyaknya udara yang masuk kedalam rangkaian karburator. Jika skrup di putar masuk kedalam, hal ini akan mengurangi jumlah volume udara dan menjadikan campuran kaya. Namun jika di putar kebalikannya (keluar) maka hal ini akan membukan lintasan lebih banyak dan membiarkan udara yg banyak masuk ke dalam karburator yang mana hasilnyaadalah campuran menjadi miskin. Dan jika skrup posisinya terletak disisi depan karburator,hal ini mengatur aliran BBM. Campurannya akan semakin kurus jika skrup diputar masuk dan campuran kaya jika diputar keluar.
 Jika skrup udara harus di putar lebih dari 2 kali  putaran keluar untuk mendapatkan langsam yang bagus/ideal, selanjutnya yang diperlukan adalah ukuran pilot jet yg lebih kecil .
 
Gambar 2
 
Pilot jet adalah sebuah komponen yang mensuplai sebagian besar BBM pada saat bukaan gasyang kecil. Komponen ini memiliki lubang kecil yang di dalamnya berfungsi membatasialiran BBM ke karburator.
Kedua bagian dari skrup pilot udara dan pilot jetberpengaruh pada proses pengabutan mulai dari idle/langsam hingga ¼ bukaan skepgas.
 
Selongsong katub skep mempengaruhi pengabutan antara 1/8 hingga ½ bukaan katubskep
. Katub ini khususnya mempengaruhi pengabutan antara 1/8 dan ¼ bukaan dan berpengaruh kecil hingga ½ bukaan. Selongsong katub ini memiliki berragam ukuran danmasing-masing ukuran dibedakan oleh besarnya irisan/coakan di sisi belakannya.
Gambar 3
.semakin besar irisan, semakin miskin campurannya (selama volume udara lebih banyak yangmasuk) dan kebalikannya selama sudut irisan nya lebih kecil maka campurannya pasti kaya.Katup skep memiliki angka-angka yang tertera pada slongsongnya yang menyatakan besarnya sudut irisan. Jika di selongsongnya tertera angka 3 hal ini berarti irisan/potongannyasebesar 3.0mm, sementara jika tertera angka 1 pada slongsongannya berarti memiliki ukuran1.0mm yang mana berarti juga campuran lebih kaya dari ukuran 3).
Gambar 3
Jet needle (jarum skep) dan needle jet mempengaruhi pengabutan dari ¼ hingga ¾ bukaan.Jet needle adalah sebuah batang penyadap/penyumbat yang panjang yang berfungsimengontrol besaran bbm yang dapat di tarik kedalam venturi karburator. Semakin tipis batangnya, semakin kaya campurannya. Semakin tebal batangnya maka semakin miskincampurannya selama batang itu menghalangi aliran bbm yang banyak kedalam venturi makadikatakan miskin. Batang/jarum-jarum itu di buat sangat presisi agar memberikan perbedaancampuran di setiap perbedaan bukaan gas. Jet needle memiliki potongan-potonganalur/berlekuk-lekuk hingga bagian atasnya. Ada klip/penyekat yang berada di sela-sela alur itu dan menahan jarum skep terlepas dan bergerak dari selonsong skep. Posisi klip dapat diatur sesuai kerja mesin apakah dibuat campuran kaya atau miskin.
Gambar 4.
Jika inginBBM miskin maka klip penahan harus di letakkan lebih tinggi posisinya. Cara ini akanmembuat letak jarum semakin turun ke bawah mendekati pucuk jarum skep danmenyebabkan suply BBM menjadi minim untuk mengalir keruang bakar. Jika klip diletakkan semakin ke bawah, dan jarum skep terangkat ke atas, maka hasilnya adalah suplyBBM akan bertambah banyak atau campurannya kaya.Jarum skep (needle jet) adalah media/tempat di mana jet needle bergerak didalamnya. Semuanya tergantung pada diameter dalam needle jet, maka akan berpengaruh pula pada jet needle. Needle jet/jarum skep dan jet needle bekerja sama untuk mengatur aliran BBM antara jarak 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->