Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Batak Toba

Batak Toba

Ratings: (0)|Views: 3,185 |Likes:
Published by merlitanuryowanda

More info:

Published by: merlitanuryowanda on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Batak Toba adalah sub atau bagian dari suku bangsa Batak yang wilayahnyameliputi Balige, Porsea, Parsoburan, Laguboti, Ajibata, Uluan, Borbor, Lumban Julu, dansekitarnya. Jumlah populasi batak Toba di sumatera Utara berkisar 2 juta jiwa. Semuawilayah tersebut mempunyai banyak desa yang merupakan penduduk asli Batak Toba.Seperti Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige Kabupaten Tapanuli utara. Kebanyakandari beberapa Desa yang ada di Sumatera Utara mempunya cara hidup yang sama.Perbedaannya hanya terdapat pada lokasinya. Apabila desa itu terletak dengan ibukotamaka pengaruh modern mulai masuk ke dalam budaya tersebut. Begitu juga sebaliknya,apabila desa tersebut terletak cukup jauh dari ibukota maka cara hidup mereka pun masihsangat sederhana. Ini juga merupakan keanekaragaman yang dimiliki suku Batak toba.Desa Lumban Gaol dimana desa tersebut dekat dengan ibukota kecamatan Balige dengan jarak 3km dan desa itu telah terpengaruh dari perkembangan teknologi modern. Di manadesa telah terjangkau oleh sistem jaringan komunikasi.Tujuan pembahasan ini yaitu agar kita bisa mengetahui sampai sejauh mana sikapkonsumtif setiap indvidu terhadap isi dan kelengkapan rumah tangga tradisional yangmereka miliki untuk mengetahui kebutuhan hidupnya. Dari sini kita pun bisamengnungkap alat-alat apa saja yang mereka butuhkan di kehidupan kedepannya. Setelahdiketahuinya semua data kemudian diperlukan sebagai bahan perencanaan kebijakan pengembangan dan pembinaan kebudayaan nasional sekaligus ditujukan pada usaha pelestarian nilai-nilai dan gagasan yang selama ini tumbuh dan berkembang di desatersebut. Nilai-nilai dan gagasan tersebut dikenalkan kembali pada masyarakat khususnyagenerasi muda agar ada pedomannya karena belum berkembangnya kebudayaan nasionalsecara sempurna, sedang pengaruh kebudayaan asing semakin deras arusnya akibat perkembangan sains dan teknologi modern.
 
DEMOGRAFI
Letak pusat daerah kebudayaan
Desa Lumban Gaol terletak  pada dataran rendah. Yakni di pinggiran Danau Toba dengan panoramanya yang begitu Indah. Didalamnya dijumpai berbagai jenisikan, baik yang besar maupun yangkecil. Kampung-kampung (huta) didesa ini terletak di tengah-tengah areal persawahan yang luas dan subur. Pada setiaphuta selalu ada paritnya yang pada umumnya tidak begitu tinggi yaitu kurang dari 1meter di atasnya ditanami tanaman antara lain : hariara, jabi-jabi, bintatar, sotul,mangga, nangka, dan juga bambu berduri yang berfungsi sebagai pagar ataupun pohon pelindung untuk binatang ataupun terhadap tiupan angin yang kencang.
Batas-batas Geografis
Desa Lumban Gaol dengan luas arealnya kira-kira 246 Ha, yang terdiri daerahdesa 100 Ha, sawah 60 Ha, pekarangan 20 Ha, tegalan 66 Ha. Sawah di desa ini diairioleh sungai sibitara, yang berasal dari desa Sibitara di Padumaan yang berada sebelahselatan desa Lumban Gaol. Dengan kata lain terletak di sebelah Utara Balige di pinggiran Danau Toba berjarak ± 3 km dari kota Balige. Dengan batas-batasnyasebagai berikut : di sebelah Utara dibatasi oleh Danau Toba, di sebelah Selatan DesaBaruara dan Huta Bulu, di sebelah Timur Desa Lumban Pea dan di sebelah BaratDesa Sariburaja.
Jumlah Penduduk dan Jenis Kelamin
Menurut data-data penduduk yang ada di Kantor Kepala Desa Huta Gaol, jumlah penduduk desa tersebut adalah 1.119 orang yang terdiri dari 251 keluarga, laki-laki berjumalh 497 orang dan perempuan 622 orang. Ditinjau dari segi pendidikan, tidak sekolah berjumlah 357 orang, tidak tamat SD 136 orang, tamat SD 105 orang, tamat
 
SLTP 215 orang, tamat SLTA 10 orang, tamat akademi 10 orang dan tamat uniersitas2 orang. Bila ditinjau dari segi umur, 1-5 tahun laki-laki, berjumlah 86 orang, perempuan 115 orang, umur 6-12 tahun laki-laki 136 orang, perempuan 157 orang.Umur 13-17 tahun laki-laki 89 orang dan perempuan 121 orang. Umur 56 tahun keatas laki-laki 77 orang, perempuan 98 orang.
Keadaan alam
Di desa ini turun hujan tidak merata sepanjang tahun, disebabkan karena daerahini pada umumnya mengenal dua musim yaitu musim penghujan dari bulan Oktober hingga bulan Maret, sedangkan musim kemarau dari bulan Maret hingga Oktober.Keadaan geografis serta jatuhnya hujan tersebut sangat mempengaruhi sistem pertanian yang dilakukan oleh penduduk. Pada musim penghujan petani sudah mulaiturun ke sawah untuk mengerjakan sawahnya dan nantinya pada musim kemaraumereka telah panen.
Sejarah keberadaan masyarakat
Untuk mengetahui sejak kapan manusia yang mendiami tanah batak, memang belum dapat ditentukan secara pasti, tapi berdasarkan penelitian para ahli, makadiketahui bahwa Tanah Batak telah didiami oleh manusia sejak zaman prasejarah.Zaman prasejarah batak adalah lebih bertitik tolak pada situasi dan sistem berpikir mereka yang masih berbau mythos, legenda-legenda dan pewarisan sejarah kehidupanmereka umumnya direkam dalam dongeng yang dituangkan secara lisan.Adapun tonggak sejarah Batak adalah dimulai dengan mythos di Pasir Buhit,yakni nenek moyang yang pertama yang berasal dari gunung Pusuk Buhit. Kemudiankedatangan nenekmoyang dari pegunungan Burma ke tanah Batak. Kemudiandilanjutkan lagi dengan zaman penyebaran suku Batak, kedatangan orang-orangEropa maupun Asia dan Timur Tengah bergabung secara khusus yakni pada zaman penjajahan Eropa maupun Asia. Dengan zaman kemerdekaan Republik Indonesiasekarang ini. Dimana setiap periode pembabakan sejarah Batak ini, tentunyamempunya akibat-akibat tersendiri kepada suku Batak dan mempunyai pengaruhlangsung ke dalam sistem sosial, ekonomi, budaya, politik dan teknologinya

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dirja Syahputra liked this
Vivie CuTez liked this
Orion Sihombing liked this
Luffy Cool liked this
Nanda Zulfa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->